10 Cara Perawatan Mata Secara Tradisional atau Alami serta Bahan Yang Dibutuhkan

10 Cara Perawatan Mata Secara Tradisional atau Alami serta Bahan Yang Dibutuhkan

Anda mengalami masalah pada kesehatan mata? Sudah sering menggunakan obat kimia? Apakah anda ingin mencoba penyembuhan dengan cara dan bahan-bahan yang alami? Jika ya, tidaklah sulit jika anda ingin melakukan perawatan mata secara alami atau tradisional. Penjelasan artikel dari mediavoria.com tentang 10 cara perawatan mata secara tradisional atau alami serta bahan yang dibutuhkan dibawah ini akan membantu anda. Silahkan simak baik-baik.

Cara Perawatan Mata Secara Tradisional atau Alami


1. Perbanyak Makan Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran seperti ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi risiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata. Konsumsi buah-buahan seperti cherry, buah berry karena dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.

2. Mentimun

Mentimun ini banyak mengandung zat halitosis yang akan memberikan kesejukan pada mata dan kulit sekitar area mata. Selain itu kandungan asam malonat dalam mentimun dapat menurunkan gula, sehingga mencegah penumpukan gula yang dapat menjadi lemak pada bawah mata. Selain itu juga mentimun dapat mengencangkan kulit sekitar area mata. Hal inilah yang menjadikan mentimun banyak dicari untuk mengatasi kantung mata. Untuk merilekskan mata, cuci bersih mentimun. Irislah tipis sehingga berbentuk lingkaran. Tempelkan irisan mentimun pada kedua mata yang terpejam, Biarkan selama 30 menit. Lakukan hal ini seminggu 3 kali.

3. Kentang

Kandungan natrium pada kentang dapat meningkatkan pH yang asam dalam tubuh sehingga elastisitas kulit kantung mata dapat terus terjaga. Peremajaan pada kulit kantung mata ini akan menyamarkan kantung mata yang hitam. Kandungan Iain seperti vitamin B1 dan kadar air yang tinggi, menjadikan kentang dapat memberikan kesejukan pada kulit sekitar mata. Caranya seperti kita memakai mentimun. Iris kentang membentuk lingkaran, tempelkan pada mata.

4. Teh Hijau

Antioksidan yang dikandungnya dapat memberikan keremajaan pada sel kulit. Dalam pemakaiannya, teh hijau dapat dibuat menjadi minuman dahulu. Kemudian bekas teh ditiriskan untuk sementara. Setelah itu baru tirisan teh sisa untuk membuat minuman tadi bisa dioleskan pada kulit sekitar area mata. Hal ini harus dilakukan secara rutin 2-3 kali sehari dengan menempelkan teh pada kulit mata dan bisa dibilas setelah 10-20 menit.

5. Wortel

Wortel banyak mengandung betakaroten yang sangat menunjang kesehatan mata. Selain bisa dimakan secara langsung (untuk sayuran/jus), wortel juga bisa dijadikan masker mata. Kandungan vitamin A dan C pada wortel akan membantu memudarkan warna hitam pada kantung kulit mata. Wortel dapat dipotong kecil-kecil atau bulat-bulat agar mudah ditempelkan pada kulit sekitar area mata. Cara menggunakan wortel ini sama seperti menggunakan teh hijau. Penggunaan yang rutin akan memberi warna hitam pada kantung mata yang samar.

6. Air Mawar

Tuangkan air mawar pada kapas, lalu kompreskan pacla kedua mata. Biarkan beberapa menit sambil berbaring. Air mawar bisa mengurangi mata Ielah dan meringankan ketegangan.

7. Air Es

Suhu dingin pada air es mampu mengurangi peradangan dan mampu mengurangi ketegangan pada mata. Caranya, ambil air yang telah didinginkan, tuang ke kapas atau selembar kain, kompreskan pada mata.

8. Daun Sirih/Bunga Krisan

Rebus 4 lembar daun sirih atau 2 bunga krisan ke dalam 2 gelas air. Gunakan panci nonlogam. Setelah mendidih, tunggu hingga hangat, saring. Tuang ke wadah kecil untuk membersihkan mata.

9. Apel

Gunakan jus apel untuk memijat kulit area mata. Jus apel berfungsi untuk mencerahkan kulit dan mengelupaskan sel-sel kulit mati.

10. Madu

Oleskan madu di bawah mata yang ‘berkantung’ hingga kering, lalu bilas dengan air. Bisa juga dengan menambahkan isi kapsul vitamin E, yang mengandung antioksidan dan memiliki efek anti radang sehingga bisa menghambat proses penuaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel