10 Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat, Lebat, Hitam, dan Berkilau

10 Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat, Lebat, Hitam, dan Berkilau

Rambut merupakan bagian penting dari penampilan. Istilahnya rambutmu adalah mahkotamu. Rambut yang sehat, lebat, hitam, berkilau merupakan idaman setiap wanita. Dengan pemilihan gaya potong rambut, atau gaya model rambut, akan menambah nilai kecantikan seseorang.

Perawatan rambut sama pentingnya dengan perawatan kecantikan wajah. Keindahan kesehatan rambut dapat mencerminkan kesehatan seseorang. Bila rambut tampak kusam, tidak bercahaya, berwarna kemerahan, serta ujungnya bercabang, sebagai tanda kualitas kesehatan rambut kurang baik. Penyebab hal ini antara Iain pola makan yang kurang baik (tidak memenuhi standar gizi), ketidakseimbangan hormon, dan cara perawatan rambut yang kurang tepat.

Rambut bisa tumbuh akibatnya setiap saat selalu saja ada penambahan panjang rambut. Kecepatan pertumbuhan rambut yang normal 0.2-0.3 mm/hari.

Pertumbuhan rambut mengalami beberapa tahap antara lain tahap pertumbuhan dengan masa kurang lebih 1000 hari, tahap istirahat kurang lebih beberapa bulan dan tahap kerontokan yang membutuhkan waktu 100 hari. Waktu hidup setiap rambut di kepala bisa mencapai 2,5 tahun. Kerontokan rambut sebanyak 40-100 helai/ hari masih tergolong normal. Apabila kerontokan sudah lebih dari 100 helai/hari, perlu dilakukan penanganan yang lebih serius.

1. Fungsi Rambut


Rambut mempunyai beberapa fungsi, antara lain:
  • Sebagai pelindung kulit secara keseluruhan Sebagi pelindung kulit dan tulang kepala dari benturan •Menyaring dan menjaga keringat agar tidak langsung bercucuran membasahi tubuh
  • Menjaga agar kulit kepala tidak langsung terkena paparan sinar matahari
  • Melindungi dari cuaca yang trlalu panas atau terlalu dingin.

2. Warna Rambut


Warna rambut dipengaruhi oleh pigmen yaitu melanin (hitam kecokelatan) dan pigmen merah. Jumlah dan ukuran granule pigmen menentukan warna rambut seseorang. Ketika usia beranjak tua, rambut akan memutih dan timbul uban. Hal ini disebabkan rambut telah mulai kekurangan pigmen.

3. Jenis-Jenis Rambut


Ada 3 jenis rambut:

a. Berminyak

Jenis rambut ini mempunyai kelenjar minyak yang bekerja secara berlebihan sehingga rambut tampak selalu berminyak.

b. Normal

Jenis rambut ini memiliki kelenjar minyak yang memproduksi minyak secara cukup. Rambut ini tidak cepat terlihat kotor dan kempes (tidak mengembang) sehingga perawatannya lebih mudah.

c. Kering

Jenis rambut ini terlihat mengembang sekali, kering, dan mudah rapuh. Hal ini disebabkan kandungan minyak pada kelenjar lemaknya sedikit. Jumlah kandungan minyak disebabkan oleh kelenjar minyaknya yang kurang aktif. Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan pemijatan pada kulit kepala.

4. Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat, Lebat, Hitam, dan Berkilau


Ada 10 perawatan rambut sehari-hari dan dapat dilakukan di rumah. Dengan perawatan yang memadai, niscaya tubuh akan lebih sehat, termasuk rambut. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh rambut yang sehat:

a. Makan Makanan yang Bergizi Seimbang

Makanan yang sehat dapat membantu rambut tetap kuat dan mengkilap, dan mencegah rambut rontok, makanan dapat diperoleh dari beberapa sumber seperti: protein yang cukup, buah-buahan, sayuran mentah, biji-bijian, kacang-kacangan, serta omega 3 asam lemak yang dapat ditemukan pada ikan salmon atau minyak biji rami dan produk susu, dan jangan lupa banyak minum air putih.

b. Mencuci Rambut Minimal 2 Kali Seminggu

Mencuci rambut minimal 2X seminggu adalah perawatan dasar untuk rambut sehat. Kalau aktivitas kita berlebih. Kamu perlu mencuci rambutmu lebih sering. Tapi jangan terlalu sering, karena keseringan mencuci rambut bisa menghilangkan kelembapan alami rambut.

c. Gunakan Produk yang Alami

Seperti shikakai (acacia concinna), lemon, minyak kelapa dan lain-Iain, bila rambut kita kering bilas dengan jus lemon agar rambut kembali bersinar. Campur cuka sari apel dengan air untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau. Oleskan madu pada kulit kepala untuk memecahkan masalah rambut yang kusut dan keriting. Campurkan madu dalam dua pot krim segar untuk menciptakan produk alami yang sangat baik untuk rambut kering.

d. Gunakan Shampo yang ‘Ringan’ dan Disesuaikan dengan Jenis Rambut

Penggunaan shampo yang alami, ringan dengan kondisioner yang mengandung bahan seperti keratin, rosemary, protein nabati dan ekstrak rumput laut. Hal ini penting mencuci rambut karena keramas akan membantu menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, minyak rambut, sisa-sisa produk rambut yang Anda gunakan. Gunakan kondisioner setelah keramas, ini akan melembapkan rambut, memberikan perlindungan ekstra, membuat rambut Iebih bersinar dan berkilau dan rambut Iebih mudah untuk disisir.

e. Gunakan Sisir yang Giginya Jarang

Gunakan sisir bergigi jarang bila rambut masih dalam keadaan basah, pakailah sikat atau sisir yang halus, jangan menggunakan sisir yang tajam yang dapat merusak rambut dan kulit kepala. Untuk rambut yang rapuh hindari menyikat atau menyisir rambut dalam keadaan basah, tunggu sampai sepenuhnya kering karena akan mudah rusak dan rontok.

f. Sering Menyikat Kulit Kepala/Menyisir Jika Rambut Berketombe

Biasakan menyikat rambut setiap hari minimal 3-4 kali secara teratur untuk menstimulasi kulit kepala. Cara ini untuk merangsang minyak alami sehingga dapat menghilangkan jaringan kulit kepala yang mati.Tips ini sangat penting bagi penderita ketombe yang parah (ekstrem), menyikat kulit kepala secara teratur akan mengurangi dan menghilangkan ketombe.

g. Ketika Menggunakan Hair Dryer, Gunakan yang Panasnya Minimal

Keringkan rambut dengan panas minimal karena panas yang ekstrem akan merusak rambut

h. Hindari Bahan Kimia

Obat keriting, pelurus ataupun pewarna rambut hampir pasti mengandung bahan kimia yang bisa menjadikan rambut rusak bila tidak dirawat dengan baik.

i. Lakukan Pemijatan di Kepala/Creambath

Pemijatan tidak perlu dilakukan setiap hari. Usahakan seminggu sekali melakukan pemijatan dan memberikan krim nutrisi bagi kulit kepala sehingga kulit kepala lebih sehat, akar rambut lebih kuat, rambut pun menjadi sehat dan berkilau.

j. Potong Ujung Rambut

Kalau kita berniat memanjangkan rambut, jangan lupa untuk selalu memotong ujung rambut sebulan sekali. Memotong ujungnya bisa mencegah rambut bercabang dan merangsang pertumbuhan rambut kembali.

Itulah tips merawat rambut agar tetap sehat, lebat, hitam, dan berkilau yang bisa mediavoria.com sampaikan. Silahkan anda coba praktekkan sendiri apa yang telah disampaikan diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel