11 Masalah Pada Rambut dan Penanganannya Secara Alami

11 Masalah Pada Rambut dan Penanganannya Secara Alami

Rambut sering mengalami masalah juga, seperti halnya kulit. Beberapa masalah pada rambut, antara lain:

Masalah Pada Rambut dan Penanganannya


1. Ketombe


Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala akan terasa sangat gatal. Kondisi kulit kepala yang lembap dan berminyak cenderung memunculkan ketombe. Kelembapan dan minyak berlebih menyebabkan kulit meradang yang akhirnya dapat membentuk sisik atau ketombe. Untuk mengatasi masalah ketombe, gunakan jeruk nipis gosokan pada bagian kulit kepala sebagai pengganti shampo. Tips Iain bisa menggunakan cara campur cuka dengan air dalam takaran yang sama dan oleskan pada kulit kepala dengan kapas sebelum keramas. Atau bisa juga dengan menggunakan lumatan Iidah buaya atau mengkudu (pilih salah satu), oleskan pada kulit kepala dan diamkan 15 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu 3 kali hingga rasa gatal/ketombe menghilang.

2. Kerontokan Rambut/Kebotakan


Rambut rontok disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan asam folat, faktor usia, faktor genetik, perubahan hormon, stres, tidak lancarnya sirkulasi darah di kulit kepala, ketombe yang parah, serta kekurangan zat besi. Cara mencegah kerontokan rambut antara Iain dengan:
  • Tambah konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C, dan E sehingga memperkuat akar rambut.
  • Minum jus selada dan bayam setiap hari.
Bagaimana dengan kebotakan? Kebotakan terjadi bila folikel di kulit kepala sudah mati dan dalam waktu lama tidak menghasilkan rambut baru. Faktor yang sering memengaruhi botak/tidaknya seseorang adalah faktor keturunan. Laki-laki cenderung menerima faktor keturunan untuk botak daripada wanita. Hal ini karena dipengaruhi oleh hormon testosteron pada tubuh pria. Selain keturunan, faktor infeksi kulit kepala, intake makanan yang tidak seimbang, sirkulasi darah di kepala yang sedikit, atau reaksi dari obat-obatan (radiasi) juga bisa menyebabkan kebotakan.

Bagaimana Mengatasi Kebotakan dengan Cara Alami?

  • Balurkan beberapa tetes minyak zaitun/minyak kelapa/minyak urang-aring/minyak ginko biloba/ biji kemiri yang dibakar Ialu dihaluskan, ke seluruh kulit kepala. Pijit kulit kepala secara perlahan dan menyeluruh. Diamkan hingga semalaman. Basuhlah dengan air/lakukan keramas di pagi harinya.
  • Memakai ’masker kepala’ dengan bahan dasar (pilih salah satu): santan/kuning telur/teh hijau/kulit apel yang dihaluskan/Iidah buaya. Balurkan salah satu bahan di atas hingga merata di seluruh kulit kepala. Bungkus dengan handuk, diamkan 15-20 menit. Bersihkan/keramas dengan sampo mild hingga sisa 'masker’ tak tersisa. Lakukan hal ini 3-4 kali seminggu.

Beberapa Resep Mengatasi Kebotakan


Resep 1

Bahan:

  • Daun waru 30 helai
  • Daun randu 20 helai
  • Minyak jarak 2 sendok makan
  • Jeruk nipis 1 butir (ambil airnya)
Caranya:
  • Daun waru dan daun randu ditumbuk hingga halus, dicampur dengan minyak jarak dan air jeruk nipis. Saring airnya dengan sehelai kain. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijit. Tutup dengan handuk biarkan semalaman. Esok harinya, keramas seperti biasanya. Lakukan seminggu 3 kali.

Resep 2


Bahan:
  • Lidah buaya yang telah dikupas kulutnya 40 gram
  • Daun mangkokan 20 gram
  • Daun waru muda 20 gram
  • Minyak kemiri 50cc
Caranya:
  • Haluskan lidah buaya, daun mangkokan dan daun waru, tuangkan minyak kemiri. Oleskan pada kulit kepala, diamkan beberapa saat, dan keramas seperti biasa. Daun Mangkokan

3. Rambut Patah


Rambut patah berbeda dengan rambut rontok, jika rambut rontok itu merupakan rambut yang terlepas dari pangkal akarnya, sedangkan rambut patah adaIah rambut yang rapuh dan patah di bagian batang rambut, dan untuk cara mengobatinya pun tentu berbeda. Untuk menghadapi rambut yang seperti ini maka kita harus memperhatikan perlakuan terhadap rambut, mungkin kita terlalu kasar melakukan perlakuan pada rambut, seperti seringnya melakukan kegiatan mencatok (catokan), terlalu sering melakukan hair dryer, atau menyisir dengan terlalu keras. Untuk mengatasinya kita bisa memperbanyak konsumsi makanan seperti kacang almond, polong-polongan, kacang tanah, gandum, telur, susu, keju dan daging merah, beberapa makanan ini mampu memperkuat batang rambut.

Selain dari dalam, kita bisa menangani rambut patah dan bercabang dengan bahan alami. Caranya: siapkan seiris buah pepaya, lumatkan. Campur dengan 2 sendok makan yoghurt tawar. Setelah menjadi pasta, balurkan ke seluruh rambut hingga permukaan kulit. Tutup dengan shower cap, tunggu hingga kering. Bilas dengan air hingga bersih.

4. Rambut Bercabang


Rambut bercabang disebabkan terlalu gersang atau keringnya rambut, ini bisa terjadi oleh beberapa faktor seperti salah menggunakan shampo, penggunaan hair dryer atau juga penggunaan curling iron. Untuk masalah yang satu ini cara mengatasinya dengan melakukan gunting pada bagian yang telah bercabang sebagai awal penataan kembali, dan hindari kontak sinar matahari langsung secara berlebihan dan gunakan pelembap rambut setelah keramas dan sebelum melakukan hair dryer.

Secara alami pun bisa dilakukan, untuk menangani masalah rambut patah dan bercabang. Caranya: buatlah campuran minyak alami yang terdiri dari Minyak Zaitun, Minyak Kelapa, Minyak Almond. Balurkan dari pangkal rambut hingga ke ujung rambut setiap malam. Bersihkan dengan cara keramas seperti biasanya, pada pagi harinya.

5. Rambut Terlalu Kering, Kaku/Sulit Di Atur


Memiliki rambut yang sulit diatur memang sangat menyebalkan, untuk menata rambut saja kita memerlukan waktu yang cukup lama, padahal kadang kala kita sering terpepet waktu dan tidak memiliki waktu banyak untuk menata rambut dengan waktu lama. Untuk mengatasinya, gunakan kondisioner setelah keramas sehingga memudahkan penataan rambut yang sulit diatur. Alternatif lain jika rambut sulit ditata, bisa menggunakan gaya rambut dengan gaya penipisan sehingga rambut dapat terlihat tidak kaku.

Beberapa Tips Agar Rambut Mudah Ditata

  • Menggunakan minyak zaitun/minyak kelapa (pilih salah satu). Ambil beberapa sendok makan minyak zaitun/minyak kelapa di sebuah cawan kecil, kemudian di tim. Setelah hangat, angkat. Oleskan pada seluruh rambut serta kulit kepala. Biarkan 3O menit. Keramas dengan shampo mild seperti biasanya.
  • Menggunakan masker pelembap, dengan bahan dasar campuran 1 butir telur ayam kampung, 2 sendok teh cuka apel, 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan kulit kepala. Diamkan beberapa saat, keramas seperti biasa.
  • Menggunakan masker pisang, dengan bahan dasar campuran dari 1 buah pisang ambon matang yang sudah dihaluskan, 1 butir ayam kampung, 3 sendok makan madu (sebagai pelembap alami rambut), 3 sendok makan susu cair (sebagai penguat folikel rambut), 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga menyatu. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan 30 menit. satelah itu bisa keramas seperti biasanya.

6. Rambut Terlalu Berminyak/Lepek


Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih menyebabkan rambut tampak berminyak dan lepek (kempes dan tampak ‘basah’). Untuk menanganinya, gunakanlah shampo yang mild dan tidak mengandung kondisioner. Setelah keramas jangan memakai kondisioner. Perawatan secara alami bisa dilakukan, dengan cara: menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker rambut setiap satu minggu sekali. Sebelum dibilas, diamkan selama 3O menit kemudian bilas dengan shampo mild. Selain menggunakan air perasan jeruk nipis, bisa juga menggunakan sari apel atau juga dengan air teh yang telah didiamkan semalam.

7. Rambut Kusam


Rambut kusam merupakan salah satu tanda bahwa rambut tidak sehat. Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan yang kaya akan protein seperti daging tanpa lemak, daging unggas, berbagai jenis ikan serta kacang-kacangan. Cara mudah untuk menanganinya adalah ambil putih telur dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan shampo. Telur bisa membuat rambut tampak bersinar. Selain menggunakan putih telur, kita bisa juga menggunakan minyak zaitun/ yoghurt tawar (pilih salah satu). Oleskan minyak zaitun/ yoghurt tawar pada helai demi helai rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat, keramaslah seperti biasanya.

8. Uban Terlalu Dini


Uban biasanya muncul karena faktor usia, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh faktor luar seperti polusi Iingkungan dan pemakaian produk kimia yang keras. Untuk menghindari timbulnya uban yang terlalu dini, oleskan pada kulit kepala campuran minyak kelapa dan perasan lemon atau bisa dengan menggunakan campuran putih telur, air sedikit dan garam. Pijat selama minimal 15 menit setiap harinya.

Tips Penghitam Rambut


Resep 1

Bahan:

  • Daun pandan 7 helai
  • Mengkudu yang telah masak 3 buah
Caranya:
  • Rebus daun pandan yang telah dipotong-potong ke dalam 1 liter air, diamkan semalam.
  • Pagi harinya, peras 3 buah mengkudu dan ambil airnya. Campurkan air rebusan daun pandan dengan air perasan mengkudu. Gunakan air tersebut untuk keramas. Lakukan seminggu 3 kali.
Resep 2

Sangrai 15 biji kemiri hingga mengeluarkan minyak. Oleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama 3O menit. Selanjutnya keramas seperti biasanya.

Resep 3

Ambil beberapa helai daun selederi, tumbuk, peras. Tampung airnya ke dalam wadah dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, setelah keramas, oleskan air perasan selederi tersebut ke seluruh permukaan kepala dan diamkan selama 15 menit. Bilas kembali dengan air sampai bersih

Resep 4

Cuci bersih 10 batang kangkung. Potong kecil-kecil dan remas-remaslah dengan air hingga hancur dan berlendir. Oleskan pada rambut dan kulit kepala, pakailah topi plastik atau handuk untuk membebatnya. Diamkan selama 60 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu 2 kali.

9. Rambut Susah Tumbuh


Rambut susah tumbuh karena kurangnya asupan vitamin B. Untuk menghindari hal ini, tingkatkan makanan yang banyak mengandung vitamin B misalnya telur, susu, berbagai jenis ikan, kacang-kacangan serta biji-bijian.

Beberapa Tips Membuat Rambut Mudah Tumbuh

  • Memakai masker 1 jenis bahan ini: kuning telur/ teh hijau/santan. Gunakan masker salah satu bahan di atas, balut kepala dengan handuk dan diamkan beberapa saat (20-30 menit), lalu keramas seperti biasanya.
  • Memakai masker 1 jenis bahan ini: peterseli/ selederi/daun waru. Potong kecil-kecil salah satu daun di atas. Tambahkan air dan remas-remas. Saring airnya memakai kain kasa. Air hasil remasan itu dibalurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Balut dengan handuk dan biarkan beberapa saat. Bilas dengan air.
  • Memakai minyak kemiri. Ambil 6 butir kemiri, tumbuk halus dan tambahkan air secukupnya. Masak sampai mengeluarkan minyak. Gosok kulit kepala dengan minyak kemiri. Diamkan sebentar. Keramas seperti biasanya. Lakukan seminggu 3 kali.
  • Memakai masker campuran yang terdiri dari bahan: minyak jarak 2 sendok makan, vitamin A 1 ampul, kuning telur dari sebutir telur. Campur semua bahan. Lumurkan masker tersebut hingga membasahi rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat, Ialu keramas seperti biasanya.

10. Eksim Kulit Kepala


Penyakit ini berbentuk kerak kekuning-kuningan dan dalam keadaan basah/kering. Biasanya penyakit ini disertai rasa gatal dan kerontokan rambut. Kerak-kerak ini dapat menyerang kulit kepala. alis dan belakang daun telinga. Penyakit ini disebabkan oleh alergi makanan yang berlemak, produksi minyak yang terlalu berlebihan dan tekanan psikis (stres). Selain itu, penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri.

Salah satu cara tradisional untuk mengatasinya adaIah dengan menggunakan daun kecubung yang ditumbuk halus, ditambah dengan minyak kelapa. Kemudian dipanggang di atas api. Dalam keadaan hangat, balurkan di area yang terkena eksim.

11. Kutu Rambut


Kutu rambut merupakan serangga yang menghisap darah di kulit kepala dan meletakkan telurnya pada rambut. Kutu rambut menyukai rambut yang kotor. Kutu ini mudah berpindah dari satu orang ke orang yang lain. Cara mengatasi kutu rambut yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya yaitu balurkan minyak kelapa dari pangkal sampai ujung rambut. Kemudian tutup menggunakan penutup rambut atau shower cup. Diamkan selama kurang Iebih 6 jam, bisa dilakukan pada pagi maupun malam hari. Namun sebaiknya lakukan pada malam hari sebelum tidur agar tidak menganggu aktivitas. Langkah terakhir yakni bersihkan rambut Anda dengan keramas seperti biasa menggunakan shampo.

Tips Menguatkan Rambut dengan Cara Ratus Rambut


Ratus untuk rambut dilakukan dengan cara ‘mengasapi’ rambut dengan bahan alami. Bahan bisa dipersiapkan sendiri atau dengan cara membeli ramuan yang sudah jadi. Ratus berguna untuk menguatkan akar rambut, mengharumkan, membuat rambut bercahaya, serta mengatasi problem rambut kasar dan kering. Ratus yang biasanya dilakukan di salon, bisa dilakukan di rumah dengan cara menyediakan bahan-bahan:
  • Menyan madu
  • Kayu cendana
  • Kayu Mesoyi
  • Akar kelembak
  • Gula jawa Klebet
  • Pucuk dan kayu ganti
Semua bahan di taruh di wadah khusus dan dibakar. Asapnya diarahkan ke rambut sehingga semua area kepala dan rambut terkena asapnya secara bergantian.

Nah itulah beberapa tips tentang masalah pada rambut dan penanganannya secara alami yang bisa mediavoria.com paparkan. Semoga informasi diatas berguna bagi anda, khususnya anda yang sedang mempunyai masalah seputar rambut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel