Menu Pada Microsoft Word dan Fungsinya Terlengkap

Beranda / Pendidikan / Menu Pada Microsoft Word dan Fungsinya Terlengkap

Baru pertama kali menggunakan Microsoft Word? Masih bingung dengan semua menu yang ada di dalamnya? Tidak perlu khawatir, anda bisa mempelajari apa saja daftar menu pada Microsoft Word dan fungsinya.

Meskipun ada banyak sekali menunya, namun sebenarnya Microsoft Word itu cukup mudah anda pelajari. Semua itu karena tidak semua menu tersebut akan selalu anda butuhkan.

Menu Pada Microsoft Word dan Fungsinya

Lalu apa sajakah menu yang paling sering anda akses dan gunakan di dalam Microsoft Word itu? Dan apa saja fungsi dari menu tersebut?

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih detail mengenai menu pada Microsoft Word dan fungsinya, anda bisa pelajari semua hal tersebut di dalam artikel ini.

Beragam Fitur Penting di Dalam Menu File Microsoft Word

Seperti yang sudah disebutkan, memang tidak semua menu pada Microsoft Word itu anda butuhkan. Jadi meskipun jumlahnya ada banyak, anda tidak perlu memahami satu per satu fungsinya.

Salah satu menu yang cukup penting di dalam Microsoft Word itu adalah menu File. Anda bisa menemukan menu tersebut di bagian pojok kiri atas saat membuka aplikasi.

Lalu apa sajakah fitur yang bisa anda temukan di dalam menu File tersebut? Berikut ini adalah beberapa fiturnya:

  • Fitur untuk membuat lembar kerja baru

Di dalam menu File, fitur pertama yang bisa anda gunakan adalah fitur untuk membuat lembar kerja baru. Fitur tersebut bisa anda akses dengan menekan tombol New.

Ketika anda menekan tombol New, maka anda akan masuk ke halaman pengaturan untuk membuka dokumen baru.

Di dalam pengaturan tersebut, anda bisa menentukan jenis kertas, jenis template ketikan yang ingin anda gunakan, dan masih banyak lagi.

  • Fitur untuk membuka file dokumen

Selain bisa memulai membuka halaman baru, di dalam menu File di Microsoft Word itu juga terdapat fitur untuk membuka file dokumen yang sudah pernah anda buat.

Untuk membuka file dokumen yang sudah pernah anda buat, anda hanya perlu menekan tombol Open.

Setelah itu, anda akan diminta memilih dimana anda menyimpan file dokumen yang ingin anda buka di dalam aplikasi Microsoft Word.

Jika anda sudah menemukan file tersebut, maka anda hanya seleksi filenya dan tekan tombol Open.

  • Fitur menyimpan dokumen yang sedang anda buka

Fitur selanjutnya yang juga terdapat di dalam menu File Microsoft Word adalah fitur untuk menyimpan dokumen yang saat ini sedang anda buka.

Untuk menyimpan dokumen yang saat ini anda buka, maka anda hanya perlu menekan tombol Save As ataupun Save.

Tombol Save As bisa anda tekan jika anda belum pernah menyimpan dokumennya sama sekali. Namun jika anda ingin memperbarui isi dokumen yang sudah pernah anda simpan, maka anda hanya perlu tekan tombol Save saja.

  • Fitur untuk mencetak dokumen

Fitur berikutnya yang bisa anda temukan di dalam menu File Microsoft Word adalah fitur cetak. Jadi anda juga bisa mencetak dokumen yang saat ini sedang anda buka di Microsoft Word.

Untuk mencetak dokumen tersebut, anda hanya perlu menekan tombol Print yang ada di dalam menu File.

Setelah anda menekan tombol Print, maka anda akan diminta melakukan pengaturan mengenai jenis kertas, kualitas cetakan, dan juga margin dokumen.

Beragam Fitur Penting di Dalam Menu Home Microsoft Word

Selain menu File, di dalam Microsoft Word itu juga terdapat fitur Home. Lalu apa saja menu pada Microsoft Word dan fungsinya? Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa anda temukan di dalam menu Home di Microsoft Word:

  • Font

Fitur pertama yang ada di dalam menu Home Microsoft Word itu adalah fitur font. Di dalam font ini, anda bisa mengubah baik bentuk tulisan sampai dengan format tulisan.

Dan bukan hanya itu saja, di dalam font ini, anda juga bisa memperbesar ukuran ataupun memperkecil ukuran tulisannya.

  • Paragraph

Selain font, masih ada fitur paragraph juga di dalam menu Home Microsoft Word. Seperti halnya fitur font, fitur paragraph ini juga sangat penting.

Fungsi dari fitur paragraph ini adalah untuk mengatur format paragraph yang akan anda gunakan di dalam dokumen. Anda bisa memilih format paragraph mulai dari rata kanan, rata kiri, dan juga rata tengah.

Selain mengatur format paragraph, di dalam fitur paragraph ini juga terdapat fitur line spacing. Fitur tersebut bisa anda gunakan untuk mengatur jarak spasi antara paragraph di dalam dokumen anda.

  • Styles

Fitur berikutnya yang bisa anda temukan di dalam menu Home Microsoft Word adalah fitur style. Kebanyakan orang memang tidak begitu menggunakan fitur ini.

Namun jika anda berencana membuat dokumen legal dengan menggunakan Microsoft Word, maka anda wajib harus menggunakan fitur style ini.

Dengan menggunakan fitur style ini, anda bisa mengatur judul dan juga sub judul dalam dokumen anda dengan lebih mudah. Dan bukan hanya itu saja, penggunaan fitur styles ini juga akan mempermudah jika anda ingin membuat daftar isi secara otomatis.

Fungsi dari Menu View di MS Word

Lalu bagaimana dengan menu View yang bisa anda temukan di aplikasi Microsoft Word? Apa fungsi dari menu View tersebut?

Sebenarnya ada banyak sekali fungsi dari menu View yang ada di aplikasi Microsoft Word. Namun dari sekian banyak fungsi, menu View itu lebih sering diakses untuk mengaktifkan fitur ruler saja.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah cukup paham dengan berbagai macam menu pada Microsoft Word dan fungsinya? Dari sekian banyak menu, manakah yang anda belum paham fungsinya?