26 Bahan Alami Untuk Perawatan Kecantikan Yang Bisa Anda Coba Dirumah

26 Bahan Alami Untuk Perawatan Kecantikan Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Terdapat beberapa bahan alami untuk perawatan kecantikan yang bisa anda gunakan. Coba anda simak penjelasan yang dibagikan oleh mediavoria.com di bawah ini.

1. Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E, serta kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan juga besi. Pisang dapat dimanfaatkan untuk melembapkan kulit wajah. Salah satu cara memanfaatkan pisang tersebut adalah dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat masker pisang adalah dengan menumbuk pisang hingga halus dan campur dengan sedikit madu. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit. bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Apel

Beberapa manfaat buah apel untuk kecantikan, antara lain:
  • Kandungan Alpha Hidroxy Acid (AHA) dapat mempercepat pengangkatan sel kulit mati. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu mencegah proses penuaan dini
  • Mengurangi proses produksi minyak berlebih sehingga sangat baik untuk kulit yang berminyak.
  • Memberikan nutrisi dan vitamin sehingga bisa membantu proses regenerasi sel. Bagaimana cara membuat masker dari buah apel? Siapkan buah apel 1 butir (yang berwarna hijau) dan 2 sendok makan madu. Haluskan apel (bisa diparut), tambahkan madu. Bersihkan muka dengan air, lalu oleskan masker. Diamkan 20-30 menit hingga meresap ke pori-pori.
3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, Ialu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang Iebih selama 10-20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan Ianjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

4. Jeruk Lemon

Lemon diercaya sebagai ’makanan kulit’ yang bisa digunakan sebagai pembersih serta pelindung kulit. Keseimbangan asam kulit yang terganggu karena terlalu sering membilas/mencucinya, dapat diatasi dengan mengonsumsi jus lemon. Selain itu, jus lemon juga dapat mengeringkan kulit, sehingga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak. Oleh sebab itu, bagi pemilik kulit kering, konsumsi jus lemon tidak boleh berlebihan.

5. Nanas

Nanas segar mengandung enzim aktif bromelin yang membersihkan dan meremajakan kulit. Sebagai pelembut kulit, nanas sangat baik dipakai di siku, lutut, dan tumit, sehingga bintik-bintik kulit yang kasar dapat menghilang. Cara pemakaiannya, cukup menggosokkan buah nanas pada area yang kasar tersebut.

6. Belimbing

Vitamin C dan A dari belimbing efektif membantu mengecilkan pori-pori dan menyejukkan wajah. Kandungan mineralnya membantu mengurangi kelelahan kulit serta membuat wajah segar berseri. Selain itu, belimbing mempunyai manfaat untuk mengurangi minyak berlebih. Cuci bersih belimbing dan potong tipis-tipis kemudian tempelkan pada bagian wajah yang berpori-pori besar dan banyak mengeluarkan minyak. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

7. Tomat

Tomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah. Caranya haluskan 1 buah tomat, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat.

8. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C, asam folat, vitamin B5, B6, vitamin K, antioksidan, kalium, serat serta asam elegat. Mengoleskan stroberi pada kulit dapat mencegah kerusakan kolagen dan respon peradangan, penyebab utama kulit keriput, akibat sering terpapar sinar matahari.

9. Wortel

Vitamin A yang terkandung dalam wortel dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Jus wortel dapat menyembuhkan dan mencegah timbulnya bintik-bintik hitam pada wajah, serta bermanfaat bagi kesehatan mata dan rambut.

10. Mentimun

Kaya akan silikon dan fluorin serta rendah kalori. Mentimun sangat baik untuk kulit kering, kulit terbakar matahari, eksim, kesehatan rambut dan kuku. Mentimun juga mempunyai manfaat untuk mengecilkan pori-pori, mengatasi kulit berminyak, mengangkat noda-noda hitam pada wajah dan dapat membuat wajah terlihat bercahaya. Caranya ambil 1/2 mentimun, kupas hingga bersih. Lalu tambahkan 1 sendok susu tanpa Iemak, 1 sendok yoghurt. Blender semua campuran tadi hingga halus, setelah itu oleskan pada wajah selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat.

11. Papaya

Dengan memanfaatkan enzim papain yang terkandung dalam pepaya, sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan flek-flek hitam dan meratakan warna kulit. Caranya : ambil papaya yang sudah dikupas dan dipotong-potong, setelah itu hancurkan pepaya tadi didalam mangkok hingga benar-benar lembut. Kemudian oleskan secara merata ke wajah sebagai masker, kira-kira 30 menit baru cuci dan bilas dengan air bersih.

12. Avokad

Avokad mengandung serat vitamin A, Vitamin C, vitamin E, beberapa vitamin B, kalium, minyak alami, serta lesitin (protein yang sangat baik untuk rambut). Kandungan asam amino dan berbagai vitamin didalam buah ini mampu melembapkan kulit kering dan mencegah terjadinya keriput pada wajah. Caranya haluskan buah avokad menggunakan blender atau sendok, kemudian oleskan menjadi masker pada kulit wajah. Setelah 30 menit maka bersihkan masker avokad tadi menggunakan air bersih.

13. Lidah Buaya

Salah satu menfaat terbesar Iidah buaya adalah dapat menembus Iapisan ketiga yang membentuk kulit. Lidah buaya dapat bertindak sebagai anti radang, anti bakteri, dan anti jamur. Selain untuk kulit, Iidah buaya juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Caranya dengan mengoleskan daging buahnya secara langsung pada rambut dan kulit kepala. Gel lidah buaya sangat berperan untuk mencegah cairan cepat keluar dari kulit sehingga kelembapan kulit dapat terjaga. Rasa dingin yang dihasilkan lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar.

14. Labu

Labu mengandung zinc yang dapat melawan minyak dan kusam pada wajah. Labu juga mengandung enzim buah yang mengangkat sel kulit mati tanpa menggunakan scrub. Caranya yaitu, campurkan dua sendok makan labu segar yang telah diparut halus dengan satu putih telur, satu sendok teh perasan air lemon dan satu sendok teh air tomat. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, hindari masker mengenai mata, dan biarkan 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

15. Kentang

Kentang kaya akan kalium, vitamin C, betakaroten dan serat. Zat katekolase pada kentang dapat mencerahkan kulit dan membantu menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Selain itu kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Cara menggunakan kentang tersebut adalah dengan memarut satu buah kentang dan campurkan dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

16. Telur Ayam Kampung

Masker putih telur (ayam kampung) bisa untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, membuat kulit tetap kencang dan awet muda. Sedangkan kuning telur kaya akan protein dan vitamin A yang sangat diunggulkan dalam melembapkan kulit kering (bersisik) dan dapat mengurangi kerutan pada wajah. Dan, pemakaian bersama antara putih telur dan kuning telur dapat digunakan untuk memberi nutrisi dan memperkaya folikel rambut sehingga rambut tampak berkilau.

17. Yogurt

Yogurt yang tawar bersifat antibiotik sehingga pemakaian yogurt langsung ke kulit bisa membunuh bakteri. Asam laktat dan seng yang terkandung dalam yogurt berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Yogurt dapat dimanfaatkan untuk melembapkan, menghaluskan dan mencegah kulit wajah tampak kusam. Campurkan yogurt dengan sedikit madu dan oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

18. Madu

Madu mengandung berbagai vitamin, mineral dan kalium. Jika madu ditambahkan ke dalam masker, akan mengencangkan, menyegarkan serta melembapkan kulit. Mengoleskan madu pada bibir akan melembutkan permukaan bibir.

19. Susu

Susu mengandung protein, kalsium, dan vitamin, yang kesemuanya dapat diserap oleh tubuh. Susu merupakan bahan penting dalam susu pembersih, masker, scrub serta pelembut tubuh jika digunakan untuk mandi.

20. Teh

Teh mengandung tanin yang sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar (terpapar sinar matahari), sehingga menimbulkan noda-noda hitam. Selain itu, mencuci muka dengan teh secara teratur bisa mencegah penuaan dini.

21. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas, sehingga kulit dapat terlindungi. Cara pemakaiannya, bisa dengan menyeduh dan meminumnya atau menyeduh Ialu mengoleskan pada kulit secara langsung.

22. Minyak Zaitun

Minyak zaitun disebut dengan minyak sejuta manfaat. Kandungan zaitun yang terdiri dari protein, vitamin, mineral dan asam lemak membuatnya menjadi kondisioner alami untuk kulit kepala, rambut (termasuk alis dan bulu mata) dan kuku (serta kutikula). Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu menetralisir racun. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya juga dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga sangat cocok untuk membantu perawatan wajah. Caranya cukup mengoleskan minyak zaitun pada wajah secara langsung. Lakukan selama dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

23. Kedelai

Penuaan membuat hilangnya estrogen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen untuk membantu tubuh manghasilkan lebih banyak estrogen (berperan untuk menjaga elastisitas kulit) yang bisa mengurangi keriput dan garis-garis halus. Selain dikonsumsi, kedelai juga bisa dijadikan masker. Caranya, hancurkan kedelai yang telah ditambah sedikit air, lalu terapkan pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Perawatan ini bisa digunakan seminggu tiga kali.

24. Beras

Beras selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Efek pemakaian masker dari beras, bisa menyebabkan kulit tampak putih, halus, kencang serta bebas jerawat. Cara membuat masker beras: siapkan 3 genggam beras yang bebas pemutih (beras organik). Rendam semalaman. Jika sudah lunak, tumbuk hingga halus. Jemur di bawah terik matahari hingga kering, simpan dalam stoples. Ambil 2 sendok makan tepung beras, campurkan dengan 2 sendok makan madu asli (jika kesulitan, bisa memakai minyak zaitun ditambah air sedikit), hingga adonan menyerupai pasta. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan seminggu sekali hingga hasil tampak maksimal.

25. Garam

Garam laut mengandung mineral bikarbonat, sulfat, nitrat, kloridam, dan kalsium. Garam merupakan pembersih alami yang mengandung anti bakteri dan dapat digunakan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Sebagai pembersih yang kuat, garam digunakan dalam pembuatan odol dan obat kumur. Selain itu, mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapat merilekskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas.

26. Gandum/Oatmeal/Havermut

Mangandung kalsium, zat besi, magnesium, kaIium, silikonv vitamin E, vitamin B, asam Iemak esensial, protein dan serat. Sifatnya mendinginkan kulit. Ketiganya bertindak sebagai pengelupas sehingga sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati (body scrub).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel