4 Cara Menghadapi Keraguan Sebelum Mengambil Keputusan Menikah

4 Cara Menghadapi Keraguan Sebelum Mengambil Keputusan Menikah

Semakin dekat dengan pernikahan, sudah dipastikan banyak juga godaannya. Akan / semakin banyak pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul di pikiranmu. Apakah menikah dengan dia adalah pilihan yang tepat? Bagaimana kelanjutan hidupku pasca menikah? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tetapi kamu tidak perlu panik! Hal tersebut sangat wajar sekali, karena kamu akan mengalami perubahan besar dalam hidup setelah menikah. Namun, jika keraguan tidak kunjung hilang dalam pikiranmu, berikut tips dari mediavoria.com yang bisa kamu lakukan untuk menepis keraguanmu sebelum menikah.

1. Tuliskan Dalam Kertas Apa Saja Keraguanmu

Dengan menulis apa yang menjadi keraguanmu, kamu pun dapat melihat lebih dekat alasannya. Kamu dapat menganalisis poin-poin tersebut dengan logika dan akal sehat.

2. Ceritakan Dengan Teman Terdekat

Apabila menuliskan keraguanmu dirasa belum cukup, maka ada baiknya kamu menceritakannya kepada orang terdekat yang bisa kamu percaya. Cara ini sering dianggap ampuh karena orang-orang tersebut pastilah sudah mengenalmu luar dalam. Tapi jangan sampai salah memilih tempat curhat ya, seperti ke mantan!

3. Langsung Diskusikan Keraguanmu Dengan Pasangan

Pernikahan adalah sebuah prosesi sakral yang harus adanya persetujuan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, jika ada yang dirasa mengganjal tentu saia kamu harus mengutarakannya kepada pasanganmu agar ia pun juga tahu apa yang kamu pikirkan. Hal ini sebenarnya bagus juga lho untuk melihat seperti apa reaksinya kepada masalah yang mungkin akan terjadi di kemudian hari.

4. Konsultasi Dengan Psikolog

Mendatangi psikolog pernikahan merupakan keputusan yang sangat tepat. Karena mereka adalah pihak luar yang sebelumnya tidak mengenalmu dan pasanganmu sehingga bisa memberikan jawaban konsultasi yang netral dan objektif. Jangan takut dengan paradigma bahwa hanya orang yang bermasalah yang datang ke psikolog karena sebenarnya siapa pun dapat datang dan berkonsultasi dengan psikolog.

Bila semua tips di atas sudah kamu lakukan, terapi keraguan tersebut masih ada, sebaiknya secepat mungkin ambil keputusan yang terbaik sebelum semuanya terlambat. Jika keputusan finalnya mengharuskanmu Untuk membatalkan pernikahan, maka segera mungkin kamu dan pasanganmu memberitahukan pembatalan tersebut ke semua pihak, baik kepada pihak keluarga, tamu-tamu yang sudah disebar undangannya, dan pihak vendor terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel