Oli yang Bagus Untuk Vario 150 Versi Terbaru

Beranda / Otomotif / Oli yang Bagus Untuk Vario 150 Versi Terbaru

Apakah anda baru membeli Vario 150 keluaran terbaru? Masih bingung apa oli yang bagus untuk Vario 150 tersebut? Perlu anda ketahui, tidak semua oli itu bagus untuk motor matic keluaran baru.

Oleh sebab itu, sebelum anda mengganti oli, khususnya untuk motor matic Honda Vario 150 keluaran terbaru, anda harus cek terlebih dahulu seperti apa spesifikasi oli yang cocok untuk motor tersebut.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja rekomendasi oli yang bagus untuk Vario 150, anda bisa pelajari secara lengkap di dalam artikel ini.

Kenapa Tidak Semua Oli Bagus Untuk Motor Matic Keluaran Baru?

Sebagian dari anda mungkin saja menganggap bahwa semua oli sama saja. Namun faktanya, kualitas oli mesin itu berbeda-beda. Dan bukan hanya itu saja, tidak semua oli mesin itu bagus untuk anda gunakan di motor matic keluaran baru.

Lalu kenapa motor matic keluaran terbaru itu tidak bisa menggunakan oli mesin secara sembarangan? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Tingkat kerapatan antar komponen sangat tinggi

Alasan yang pertama kenapa motor matic keluaran terbaru itu tidak bisa anda isi dengan oli mesin sembarangan adalah karena tingkat kerapatan komponennya yang berbeda.

Jika anda bandingkan dengan motor matic keluaran lama, tingkat kerapatan antar komponen di motor matic keluaran terbaru itu jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, jika anda menggunakan oli mesin yang asal-asalan, mesin motor matic anda justru bisa mengalami kerusakan parah.

  • Sudah menggunakan teknologi pelapis khusus di liner

Alasan berikutnya kenapa anda tidak bisa menggunakan oli mesin sembarangan di motor matic keluaran terbaru adalah karena mayoritas sudah menggunakan teknologi pelapis khusus di bagian liner.

Karena menggunakan teknologi pelapis khusus di bagian liner, maka sudah pasti kebutuhan oli mesin pada motor matic keluaran terbaru saat ini jadi berbeda.

Oleh sebab itu, anda membutuhkan oli mesin yang spesifikasi tepat untuk mendukung teknologi pelapis khusus tersebut.

Kapan Anda Harus Mengganti Oli Mesin di Honda Vario 150?

Berbicara soal oli, selain memilih oli yang bagus untuk Vario 150, anda juga harus mengetahui kapan waktunya mengganti oli tersebut.

Karena menggunakan oli yang tepat juga tidak akan berguna jika anda tidak rutin melakukan penggantian. Jika berbicara mengenai kapan anda harus mengganti oli mesin pada motor Honda Vario 150, maka ada banyak cara untuk menentukan hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menentukan kapan waktunya mengganti oli pada motor Honda Vario 150:

  • Menggunakan jarak tempuh sebagai acuan

Untuk anda yang cukup jarang mengendarai motor Honda Vario 150, maka anda bisa menggunakan jarak tempuh motor sebagai acuan untuk mengganti oli.

Sebagai contoh, anda bisa mengganti oli setiap kali motor sudah menempuh jarak lebih dari 2.500 kilometer. Namun jarak tempuh ini harus anda sesuaikan dengan oli yang anda gunakan.

Hal tersebut karena masing-masing oli memang memiliki kemampuan melumasi dalam jarak tempuh yang berbeda-beda.

  • Menggunakan bulan sebagai acuan penggantian oli

Jika anda adalah seseorang yang cukup sering mengendarai motor, maka anda bisa menggunakan bulan sebagai acuan untuk penggantian oli.

Sebagai contohnya, anda bisa mengganti oli setiap bulan atau satu bulan sekali. Hal ini memang akan memastikan kondisi oli di dalam motor anda tetap bagus.

Namun jika anda menggunakan bulan sebagai acuan untuk mengganti oli, maka kemungkinan besar anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar karena harus sering-sering membeli oli.

Berbagai Rekomendasi Oli yang Bagus Untuk Honda Vario 150

Oli yang Bagus Untuk Vario 150

Setelah paham mengenai kenapa anda harus menggunakan oli yang bagus untuk Vario 150, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli, sekarang anda bisa mempelajari tentang apa saja rekomendasi oli mesin yang bagus untuk motor matic baru.

Berikut ini adalah beberapa pilihan merek dan tipe oli yang terbukti bagus untuk anda gunakan di Honda Vario 150 keluaran terbaru:

  1. AHM SPX2

Jika berbicara soal oli yang bagus untuk Vario 150, sudah pasti AHM SPX2 adalah rekomendasi oli pertama yang bisa anda gunakan di motor Honda Vario 150 keluaran terbaru.

Oli buatan AHM ini memang merupakan oli resmi dari pabrikan Honda. Oleh sebab itu, anda sudah tidak perlu khawatir lagi soal kecocokan dan kualitasnya.

Karena AHM membuat oli SPX2 ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin Honda Vario 150 keluaran terbaru.

Keunggulan:

  • Merupakan oli yang dibuat langsung oleh produsen motor.
  • Sudah memiliki API SL dan juga JASO MB.
  • Merupakan oli motor yang terbuat dari bahan full sintetis.
  • Kapasitas sama dengan yang dibutuhkan oleh mesin Honda Vario 150 terbaru.

Untuk urusan harga, oli AHM SPX2 ini juga terbilang cukup terjangkau. Harganya hanya Rp 67.000 an per kemasannya. Jadi jika anda memang ingin mengganti oli secara rutin, AHM SPX2 ini jelas tidak akan membebani anda.

  1. Evalube Scootix RX

Jika anda mencari oli mesin yang sedikit lebih bagus kualitasnya dari AHM SPX2, maka anda bisa mencoba menggunakan oli Evalube Scootix RX.

Sama seperti AHM SPX2, Evalube Scootix RX ini juga sudah dibuat dengan menggunakan bahan full sintetis. Oleh sebab itu, oli ini juga sangat cocok untuk anda gunakan di motor matic Honda keluaran terbaru.

Keunggulan:

  • Memiliki kandungan khusus yang dapat membersihkan dan juga mencegah kerak di dalam mesin.
  • Bisa memaksimalkan pendinginan pada mesin.
  • Terdapat kandungan khusus yang bisa membuat konsumsi bahan bakar motor matic jadi makin irit.

Sayangnya, Evalube Scootix RX ini tidak tersedia dalam kemasan 800 ml seperti pada AHM SPX2. Oli Evalube ini hanya tersedia dalam kemasan 1 liter saja.

Untuk harganya, Evalube Scootix RX ini tidak terpaut terlalu jauh dari AHM SPX2 yaitu hanya di Rp 69.000 saja per kemasannya.

  1. Castrol Power1 Ultimate Matic

Selain dari AHM dan juga Evalube, anda juga bisa menggunakan oli Castrol Power1 Ultimate Matic. Oli ini juga masuk menjadi salah satu rekomendasi oli yang bagus untuk Vario 150.

Sama seperti 2 oli rekomendasi sebelumnya, Castrol Power1 Ultimate Matic ini juga sudah terbuat dari bahan full sintetis.

Keunggulan:

  • Mampu meningkatkan putaran mesin sehingga bisa membuat akselerasi motor meningkat.
  • Memiliki daya tahan lebih lama jika anda bandingkan dengan 2 oli rekomendasi sebelumnya.
  • Mampu menjaga agar suhu mesin tetap stabil ketika anda kendarai jarak jauh.

Berbeda dari Evalube Scootix RX, Castrol Power1 Ultimate Matic ini tersedia dalam kemasan 800 ml sehingga sangat sesuai dengan yang motor Honda Vario 150 butuhkan.

Untuk harganya, Castrol Power1 Ultimate Matic ini juga lebih murah yaitu hanya Rp 56.000 saja per kemasannya.

Jadi bagaimana? Dari 3 rekomendasi oli yang bagus untuk Vario 150 yang sudah dibahas di artikel ini, manakah yang sudah pernah anda coba gunakan?