6 Masalah Pada Kulit Seputar Mata serta 12 Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mata

6 Masalah Pada Kulit Seputar Mata serta 12 Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat dan indah merupakan anugerah yang harus dijaga dan patut kita syukuri. Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting fungsinya. Selain itu juga mata dapat mempertajam penampilan wajah secara keseluruhan.

Menjaganya agar selalu terlihat sehat dan cantik merupakan hal yang patut Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandmg vitamin A. Akan tetapi tidak hanya cukup mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, ternyata juga banyak hal yang harus dilakukan agar mata dapat berfungsi dengan baik. Simak sedikit artikel tentang masalah pada kulit seputar mata serta tips dan trik menjaga kesehatan mata dari mediavoria.com berikut ini!

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mata


1. Tidur dengan Cukup dan Teratur

lstirahat yang cukup saat malam merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan agar mata selalu sehat. Malam hari merupakan waktunya mata dan seluruh bagian tubuh lainnya beristirahat, agar esok harinya tubuh dapat kembali untuk menjalani semua aktivitas. lstirahat yang cukup 8 atau 6 jam setiap hari.

2. Bersihkan Mata Dari Make Up Sebelum Tidur

Bila tidak dibersihkan, sisa kosmetik akan menyumbat pori-pori. Untuk membersihkan bagian mata, sebaiknya gunakan pembersih mata khusus mata,karena mata memiliki bagian yang lebih sensitif dibandingkan bagian wajah lain. Atau gunakan susu murni untuk membersihkannya. Setelah itu, oleskan krim mata yang akan membantu merawat mata pada malam hari.

3. Lindungi Mata Dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Saat beraktivitas di siang hari di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya atau gunakan eye gel untuk untuk menyegarkan mata. Sebaiknya, gunakan kacamata yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet, atau gunakan payung atau topi.

4. Hindari Mengucek Mata

Apabila tangan yang kotor digunakan untuk mengucek mata, hal ini dapat menyebabkan iritasi mata.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Tetes Mata

Boleh menggunakan tetes atau obat mata asalkan disaat dibutuhkan atau sesekali dan bukan untuk digunakan secara rutin. Karena jika digunakan secara terus-menerus atau sering, justru akan mengakibatkan kerusakan pada fungsi mata.

6. Awas Jangan Terlalu Lama Berada Dalam Layar Komputer

Jika layar komputer merupakan teman dalam bekerja, maka sebaiknya mulai sekarang harus menerapkan teori 20-20-20. Apa itu 20-20-20? Jadi setiap 20 menit berpalinglah dari layar monitor untuk melihat ke jarak 20 kaki (150 cm) selama 20 detik. Cara ini dapat sangat bermanfaat untuk mengurangi ketegangan mata.

7. Hindari Membaca Pada Cahaya Redup

Kebiaasan membaca dalam cahaya ataupun lampu yang redup dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Jika membaca merupakan hobi atau kebiasaan, sebaiknya jaga kesehatan mata dan jika mata mulai merasa Ielah berhentilah sementara waktu untuk beristirahat

8. Jangan Membaca Sambil Tidur

Sebaiknya jangan membaca sambil tiduran. Sebab hal ini juga bisa menjadi pemicu memburuknya kesehatan mata kita. Jika ingin membaca, maka duduklah dalam keadaan bersantai.

9. Awasi Pemakaian Lensa

Pemakaian lensa kontak Iebih dari 19 jam dapat mengakibatkan kerusakan mata secara permanen sekaligus dapat mengganggu ketidaknyamanan terhadap fungsi mata.

10. Periksakan Secara Rutin

Dengan memeriksakan mata sejak dini setidaknya kita dapat menghindarkan ataupun mengetahui mengenai fungsi kesehatan mata. Meskipun hal ini sangat jarang untuk dilakukan, tapi mulai sekarang tidak ada salahnya untuk rutin memeriksakan kesehatan mata setidaknya setiap satu tahun sekali.

11. Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi makanan yang banyak mengandung beta karotin atau vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk mengonsumsi susu, keju, jus wortel dan yoghurt yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih 8 gelas atau 2 liter air setiap harinya agar kesehatan tubuh terjaga.

12. Kompres Mata

Cara ini dapat berfungsi agar mata kembali segar. Salah satunya dengan menggunakan mentimun. Caranya cukup mudah yaitu, ambil satu buah mentimun. Setelah itu cuci bersih, lalu iris tipis mentimun dan letakan pada mata yang terpejam sembari tidur. Diamakan selama 30 menit, jangan lupa Iakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Masalah Yang Paling Sering Terjadi Pada Kulit Seputar Mata

  1. Mata lelah karena terlalu lama melihat TV. Bekerja dengan komputer, main tablet, dan Iain-lain. Ketajaman gambar pada Iayar TV/komputer bisa menurunkan daya akomodasi mata dan membuyarkan fokus penglihatan.
  2. Kantung mata dapat disebabkan sistem pembuangan cairan tubuh/Iimphatic drainage kurang lancar. Bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak, yang kita sebut sebagai kantung mata.
  3. Kelopak mata sembab disebabkan habis menangis, terlalu lelah, kurang istirahat, penggunaan tetes mata, dan adanya gangguan sirkulasi darah.
  4. Kerut halus disebabkan dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis.
  5. Kerut dalam di pinggir mata/crow's feet disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka.
  6. Lingkaran hitam. Lingkaran hitam muncul bisa disebabkan keturunan atau genetik, dimana lingkaran hitamnya lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun. Selain itu, bisa disebabkan seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stress. Mengapa lingkaran hitam (yang non-genetik) bisa terjadi? Ini disebabkan apabila kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, maka pembuluh darahnya akan membesar, di mana tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut, untuk mengurangi dampak negatif dari polusi. Pada saat darah mengalir ke pembuluh darah yang besar ini, maka daerah kulit mata tersebut menjadi berubah warna agak gelap dan kulit di sekitarnya cenderung menebal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel