8 Tipe-Tipe Mertua dan Cara Meluluhkan Hatinya Yang Wajib Kamu Ketahui

8 Tipe-Tipe Mertua dan Cara Meluluhkan Hatinya Yang Wajib Kamu Ketahui

Ketika kamu sudah memiliki pemikiran untuk meresmikan hubungan kamu dengan pasanganmu, kamu wajib mengetahui tipe mertua yang akan kamu ajak hidup dimasa depan nanti. Pada halaman ini mediavoria.com akan berbagi informasi tentang tipe-tipe mertua yang wajib kamu ketahui.

1. Mertua Perhatian

Sering ditelepon oleh calon mertua untuk sekadar menanyakan kabar? Bisa jadi kamu akan memiliki tipe mertua yang perhatian! Biasanya mereka ini memang tipe orang yang penyayang sehingga kamu pun tidak akan luput dari perhatiannya. Kalau kamu tipe orang yang suka diberikan perhatian, kamu tentu akan senang dengan segala kasih sayang dan juga perhatian yang diberikan. Biasanya kalau kamu nanti hamil, tipe mertua seperti ini akan menjadi orang nomor satu yang akan langsung memberikan segala hal yang kamu butuhkan mulai dari vitamin hingga makanan! Tapi, kalau kamu tipe orang yang cuek, memiliki tipe mertua perhatian justru akan membuatmu merasa risih. Selain itu, biasanya konflik pun akan timbul jika nanti kamu sudah memiliki anak. Tipe mertua perhatian biasanya akan merasa cucu seperti anaknya sendiri dan tidak jarang akan melindungi cucu jika kita mengambil sikap sedikit keras terhadap anak.

2. Mertua Mata Duitan

Tidak semua mertua mengerti kondisi finansial calon pengantin baru. Beberapa yang mata duitan bahkan merasa bahwa begitu menikah, waiib hukumnya untuk calon menantu untuk langsung "menyetor" uang bulanan untuknya. Memiliki tipe mertua mata duitan bisa menjadi blessing in disguise. Kenapa? Karena hal ini bisa membuatmu menjadi lebih aware lagi dengan kondisi keuanganmu lho! Selain itu, masalah ini bisa menjadi ajang pendewasaan untuk kamu dan suamimu nanti. Carilah solusi bersama agar sikap mertuamu ini tidak membuat pernikahanmu menjadi tidak menyenangkan. Sakit kepala setiap mertua meminta tambahan uang tentu saja tidak bisa dihindari. Apalagi jika memang kondisi keuanganmu sedang pas-pasan. Kalau sudah seperti ini, tahan emosimu karena kamu harus ingat bahwa mertua ini adalah orangtua suamimu.

3. Mertua Penurut

Mertua cenderung mengikuti apa pun yang suamimu atau anggota keluarga lain ingin lakukan! Jika ya, mungkn. mereka termasuk mertua penurut! Biasanya mereka memang tidak memiliki banyak pendapat dan cenderung mengikuti arus saja. Kelebihan memiliki tipe mertua penurut adalah kamu tidak akan perlu banyak mendengar pertengkaran yang mungkin terjadi dalam keluarga. Do expect a calm and peaceful family life! Kekurangan dari memiliki tipe mertua seperti ini adalah mereka terlihat tidak memiliki pendapat dan kamu mungkin akan kesulitan untuk menempatkan diri. Haruskah kamu justru menjadi sosok yang memiliki pendapat kuat atau haruskah kamu pun ikut arus saja?

4. Mertua Santai

Nah, ini nih tipe calon mertua yang paling diidamkan oleh hampir semua calon menantu! Calon mertua yang tidak banyak menuntut dan juga mengerti kemauan anak biasanya adalah ciri dari tipe mertua santai. Kalau kamu mendapatkan tipe mertua seperti ini, bersyukur dan bersikap baiklah dengan beliau! Jika kamu memiliki tipe mertua santai, bisa dikatakan kemungkinan kamu memiliki masalah dengan mertua akan menjadi sangat kecil! Cobalah untuk terus bersikap baik dengannya dan piala "Menantu Terbaik" pun akan segera ada di tangan! Hm, mungkin kekurangan dari tipe mertua santai ini adalah kamu akan sedikit kebingungan apa yang harus kamu lakukan untuk membuatnya senang. Kalau ini terjadi padamu, don't waste any time dan langsung saja bertanya apa yang mereka inginkan.

5. Mertua Pilih Kasih

Pernahkah kamu merasa bahwa mertua kamu terlihat lebih sayang dengan kakak/adik iparmu dibandingkan dirimu sendiri? Atau malah sebaliknya? Kamu merasa diistimewakan oleh calon ibu mertuamu? Kalau iya, bisa jadi beliau adalah tipe mertua yang pilih kasih. Kalau kamu ada di posisi menantu yang diprioritaskan, kamu bisa sedikit lega karena pastinya kemungkinan terjadi konflik dengan mertua pun berkurang. Tapi bersiap-siaplah untuk dicemburui oleh para kakak/ adik iparmu kalau kamu ada di posisi sebagai menantu favorit! Biasanya hal ini teriadi karena mereka merasa adanya perbedaan kasih sayang dari mertua.

6. Mertua Dingin

Mertuamu tampak acuh tak acuh dengan kehadiranmu? Hm, jangan-jangan mereka memang tipe mertua dingin yang kurang suka berbasa-basi dengan orang sekitar! Mertua dingin berarti beliau juga tidak akan memaksa kamu untuk sering berbasa-basi dengannya. Tapi ingat, sebagai menantu yang baik kamu tetap harus menjaga sikap ya! Memiliki mertua tipe seperti ini terkadang membuat kita ketar-ketir karena kesannya beliau tidak suka dengan kehadiran kita. Padahal mungkin saja memang begitulah kepribadian beliau. Kalau ini yang terjadi padamu, keep calm and ask your husband for guidance! Ya, suamimu pasti tahu sebenarnya apa yang dirasakan mertuamu!

7. Mertua Tukang Rumpi

Calon mertuamu tidak bisa lepas dari handphone-nya? Hafi-hati! Jangan-jangan beliau adalah tipe mertua tukang rumpi. Sisi positif dari memiliki mertua yang suka ngerumpi adalah kamu akan mengetahui berbagai berita (apalagi berita keluarga!) jauh lebih awal! Punya mertua yang suka bergosip berarti kamu pun harus bersikap lebih sopan lagi untuk menghindari adanya kemungkinan kamu yang menjadi bahan gosip! Tidak mau kan kamu menjadi bahan pembicaraan keluarga?

8. Mertua Manja

Kalau calon mertuamu bisa berkali-kali dalam satu hari menelepon pasanganmu, hal tersebut merupakan ciri-ciri bahwa beliau termasuk dalam tipe mertua manja. Ya, mertua yang tidak bisa lepas dari anak laki-lakinya! Memiliki mertua yang manja berarti suamimu sudah mengerti harus bersikap seperti apa dalam memperlakukan seorang wanita ingin dimanja. Jadi tidak perlu khawatir suami kamu akan merasa risih kalau kamu menginginkan perhatian yang lebih darinya. Punya mertua yang selalu ingin merasa dekat dengan anak tentu saja berpotensi membuat kamu merasa cemburu dengan ibu mertuamu sendiri. Untuk menghindari konflik yang mungkin teriadi, usahakanlah mengkomunikasikan kepada calon suamimu jika hal tersebut kamu rasa mengganggu.

Masalah antara calon mertua dan calon menantu memang acap kali kita temukan. Penyebabnya pun berbagai macam, mulai dari rasa cemburu, ekspektasi yang berbeda, dan masih banyak lagi. Tetapi yang harus kamu ingat di sini adalah bagaimana cara kamu menyikapi konflik atau masalah yang ada. Tetap hormati orangtua pasanganmu, karena tanpa mereka, pasanganmu tidak akan lahir di dunia lho! Yuk, kita refleksikan dulu hubungan kita selama ini dengan mertua. Dijawab dengan jujur ya!


  • Deskripsikan hubungan kamu dan calon ibu mertuamu sekarang ini? Sangat dekat, biasa saja, dingin, atau tidak baik?
  • Apa hal yang membuat kamu merasa cocok dengan calon ibu mertuamu?
  • Apa hal yang membuat kamu merasa tidak cocok dengan calon ibu mertuamu?
  • Bagaimana hubungan antara ibu mertuamu dengan pasanganmu?
  • Adakah yang ingin kamu ubah antara hubungan calon ibu mertuamu dengan pasanganmu
  • Menurutmu, apa yang membuat calon ibu mertuamu menyukaimu?
  • Menurutmu, apa yang membuat calon ibu mertuamu tidak menyukaimu?
  • Hal apa yang sudah kamu lakukan untuk mendekati calon ibu mertuamu?
  • Apa sajakah yang akan kamu lakukon untuk memiliki hubungan yang lebih baik lagi dengan calon ibu mertuamu?


Nah, itulah beberapa informasi tentang tipe-tipe mertua. Semoga kamu mendapatkan tipe mertua yang kamu idam-idamkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel