Cara Membuat Bibir Menjadi Sehat dan Menarik dengan Resep Alami

Cara Membuat Bibir Menjadi Sehat dan Menarik dengan Resep Alami

Mulut merupakan alat untuk berkomunikasi. Selain itu, fungsi mulut merupakan gerbang awal saluran pencernaan serta sebagian juga mendukung proses respirasi. Ketika berkomunikasi pun lawan bicara akan memperhatikan mulut karena dari mulutlah keluar untaian-untaian kalimat pembentuk pesan. Begitu panting peran mulut sehingga kita harus merawatnya menjadi selalu bersih, sehat dan menunjang penampilan. Berkaitan dengan perawatan kecantikan, bagian mulut yang akan diulas oleh mediavoria.com adalah bibir, gusi dan gigi.

Cara Membuat Bibir Menjadi Sehat dan Menarik


Bibir merupakan daya tarik kedua setelah mata. Jika kondisi bibir tidak sehat atau bahkan mengalami gangguan kesehatan, maka akan mengurangi daya tarik wajah secara keseluruhan. Agar memperoleh bibir yang sehat dan juga menarik, maka perawatan bisa dilakukan baik dari luar maupun dari dalam, seperti tips di bawah ini:
  1. Minum air putih sehari minimal 8 gelas sehingga mencegah dehidrasi yang menyebabkan bibir kering, Penuhi asupan vitamin B, vitamin C dan zat besi sehingga terhindar dari derita bibir pecah-pecah. Penting juga untuk mengonsumsi suplemen multivitamin sehingga mencukupi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh.
  2. Konsumsi jeruk, tomat, mangga, stroberi serta buah-buahan yang berwarna kuning atau merah lainnya. Vitamin C yang terkandung dalam makanan tersebut bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang dihasilkan oleh proses metabolisme dalam tubuh. sehingga kerusakan jaringan tubuh terkurangi.
  3. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan panas, makanan yang bergaram (kuaci) serta buah yang banyak getahnya (duku).
  4. Lindungi bibir dengan menggunakan pelembap bibir. Olesi bibir dengan minyak kelapa sebelum tidur dan kompres bibir menggunakan handuk kecil yang telah dicelupkan dalam air hangat. Lakukan hal ini setiap malam.
  5. Pada siang hari sebelum bepergian, gunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya dan provitamin B5 yang mampu mengatasi penuaan dini di seputar bibir.
  6. Hindari pemakaian lipstik yang mengandung pewangi dan pewarna sintetis yang terkadang membuat iritasi.

Cara Membuat Lip Balm, Lip Gloss, dan Scrub Bibir Alami


Fungsi balsam bibir (lip balm) adalah untuk melapisi bibir, menjaga kelembapannya, dan mencegah bibir kering karena terpapar sinar matahari. Sementara lip gloss memberi efek mengkilap pada bibir. Sayangnya antara lip balm dan lip gloss yang beredar di pasaran yang mengandung bahan-bahan kimia yang terkadang menimbulkan reaksi alergi pada bibir.

Membuat Lip Balm Alami


Resep 1

Masukkan ke pirex kecil antipanas 1 sdt gel lidah buaya (bagian tengah daun yang berlendir), 2 sdt minyak kelapa, 1 sdt beeswax (malam atau lilin lebah), lembutkan bahan tersebut dengan garpu. Di tim sampai mencair. Tuang cairan tersebut ke Wadah bekas salep atau pil yang telah dibersihkan. Tunggu hingga dingin, tutup wadahnya. Oleskan pada bibir ketika dibutuhkan.

Resep 2

Dari bahan minyak kelapa 1 sdt dan beeswax 1 sdt. Pembuatan dan pemakaiannya sama seperti langkah di atas.

Resep 3

Bahan 1 sdt madu dicampur dengan 1 sdt beeswax, ditim. Setelah mencair, angkat. Beri campuran minyak zaitun 2 sdt, aduk hingga rata. Campuran akan dingin dan membeku. Masukkan ke dalam wadah yang tertutup. Oleskan jika diperlukan.

Membuat Scrub Bibir Alami


Scrubbing bibir merupakan tindakan untuk mengelupaskan kulit mati yang mengotori bibir. Beberapa bahan alami di bawah ini bisa digunakan ketika melakukan scrubbing:

1. Odol

Oleskan odol/pasta gigi secara tipis dan merata ke permukaan bibir. Diamkan beberapa saat. Gosoklah dengan sikat gigi berbulu halus mengitari bibir.

2. Pepaya

Pepaya merupakan pengelupas alami kulit. Siapkan sepotong kecil pepaya, haluskan dengan garpu. Oleskan pada bibir dan diamkan 20 menit. Bersihkan dengan air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel