Cara Merawat Kulit Tangan dan Kaki Disertai Resep Memutihkan, Menghaluskan, dan Melembapkan

Cara Merawat Kulit Tangan dan Kaki Disertai Resep Memutihkan, Menghaluskan, dan Melembapkan

Tangan dan kaki tidak bisa dikesampingkan di antara kulit-kulit bagian tubuh yang lain. Tangan dipergunakan untuk beragam aktivitas dan kaki pun dipakai untuk melangkah kemana kita pergi. Sering kali kedua organ tersebut ’terlupakan’ karena ’jarang’ diperhatikan orang lain. Supaya kecantikan yang kita miliki paripurna, lebih baik merawat seluruh bagian tubuh, tak terkecuali tangan dan kaki.

Kulit telapak tangan dan telapak kaki biasanya tampak kasar. Adapun 'punggung’ tangan dan ’punggung’ kaki biasanya tampak kusam dan menghitam karena sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Bagaimana merawat tangan dan kaki supaya terlihat bersih, sehat dan juga lembut?

Perawatan Kulit Tangan dan Kaki


1. Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki


Dengan beras dan minyak zaitun. Tumbuk segenggam beras (bukan tepung beras yang dijual di pasaran), hingga halus. Tambahkan 2 sendok minyak zaitun, campur, lalu balurkan dari lutut hingga telapak kaki, juga dari siku hingga telapak tangan. Pijit-pijitlah selama 3O menit. Basuh kaki dan tangan hingga bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu. Dengan kopi dan madu. Seduh kopi bubuk yang dijual bebas (bukan kopi instan yang ada tambahan gula, susu, dan lain-lain). Jika sudah dingin, buang airnya. Ampasnya dicampur dengan madu. Balurkan ke seluruh tangan dan kaki. Diamkan selama 3O menit, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu.

Dengan pisang, gula, madu. Campurkan sebuah pisang yang telah dihaluskan, dengan 4 sendok gula dan 4 sendok madu murni. Oleskan pada tangan dan kaki, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu. Dengan wortel dan handbody. Ambil 2 buah wortel, parut. Campurkan parutan wortel dengan 4 sendok makan handbody. Balurkan ke seluruh tangan dan kaki, diamkan selama 30 menit. Basuh dengan air hingga bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Memutihkan siku dan lutut. Campurkan 3 sdm air jeruk nipis, 1 sdt gula dan sedikit air hangat. Gosokkan pada lutut dan siku. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Menghaluskan Kulit Tangan dan Kaki


Menghaluskan kulit tangan dan kaki, bisa menggunakan campuran:
  • Garam dan minyak zaitun
  • Gula dan minyak zaitun
  • Belahan jeruk nipis dan gula
  • Oatmeal dan air mawar
  • Kopi bubuk dan air hangat (sedikit)
  • Minyak almond
Pilih salah satu campuran dari bahan di atas. Gosok secara perlahan pada telapak tangan dan kaki beberapa saat. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.

3. Melembapkan Kulit Tangan dan Kaki (Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Pecah-Pecah) 

  • Rendam dengan air hangat yang dicampur dengan garam/air perasan jeruk nipis/madu/beberapa tetes minyak esensial, selama 10 menit.
  • Gosok dengan sikat lembut atau batu apung, sehingga sel-sel kulit mati mudah mengelupas.
  • Bersihkan dengan air hangat.Keringkan dengan handuk bersih
  • Beri losion atau minyak zaitun

4. Mengatasi Tangan dan Kaki yang Berbau


Bau pada tangan dan kaki sering disebabkan kotoran yang bertumpuk di tangan, kaki, serta di kuku. Untuk mengatasinya, bisa merendam tangan dan kaki dengan air hangat, lalu menyikat tangan, kaki, serta kuku dengan sikat gigi yang lembut. Setelah bersih, keringkan dan beri pelembap. Ritual ini bisa dilakukan seminggu 3 kali. Cara Iain yang bisa dilakukan, bersihkan tangan, kaki, dan kuku dengan sabun, lalu gosok dengan sikat gigi ketika mandi.

5. Mengatasi Kaki yang Penat


Rendam kaki dengan air hangat yang telah diberi garam selama 20 menit. Jika memungkinkan, taruh beberapa butir kelereng di baskom/ember yang untuk merendam. lnjak-injak kelereng ketika merendam kaki.

Itulah beberapa cara merawat kulit tangan dan kaki disertai resep memutihkan, menghaluskan, dan melembapkan dengan bahan alami. Semoga tips yang diberikan oleh mediavoria.com diatas berguna untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel