Kenali Proses Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Untuk Mengendalikannya

Kenali Proses Penuaan Dini dan Bagaimana Cara Untuk Mengendalikannya

Apakah anda takut mengalami proses penuaan yang sebelum waktunya? Jika ya, mari baca artikel dari mediavoria.com ini yang membahas tentang pengenalan penuaan dini dan bagaimana cara untuk mengendalikan proses penuaan tersebut.

Kenali Penuaan Dini Sebelum Terlambat


Proses tumbuh manusia berkaitan dengan proses pembelahan sel. Setelah membelah 50-100 kali, proses pembelahan pun terhenti. Hal ini menjadikan seseorang mengalami kemunduran baik fisik maupun mental. Namun demikian, ada sebagian orang yang tampak lebih tua bila dibandingkan dengan usia yang sebenarnya. Mereka menua sebelum waktunya. Proses inilah yang disebut dengan ’penuaan dini’. Beberapa hal di bawah ini disinyalir merupakan penyebab proses penuaan dini:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan faktor yang diturunkan dan mempunyai efek yang berbeda bagi tiap individu. Misalnya: warna kulit, jenis kulit, kualitas metabolisme dalam tubuh, tipe kepribadian, dan lain-lain, akan mempercepat atau memperlambat orang untuk menua.

2. Faktor Lingkungan dan Gaya Hidup

Faktor ini menyangkut diet dan asupan gizi, kebiasaan yang buruk (merokok, narkoba), tingkat polusi, pendidikan, pendapatan, obat yang dikonsumsi, dan lain-Iain. Selain gaya hidup yang salah, pengaruh budaya atau lingkungan juga sangat dominan. Misalnya budaya suatu masyarakat yang hobi begadang, mengonsumsi zat berbahaya, dan lain-lain. Jika dicermati, penuaan dini banyak diakibatkan oleh tubuh yang rapuh, banyak mengidap penyakit, ketidak seimbangan asupan gizi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pola makan dan faktor gizi berperan penting dalam mencapai dan mempertahankan kondisi tubuh secara optimal.

Berbagai Cara Untuk Mengendalikan Proses Penuaan


Saat ini ditawarkan berbagai proses untuk menghambat penuaan dini. Ada yang secara instan, ada juga yang melalui proses tertentu, dengan variasi biaya yang berbeda. Semua orang ingin cantik dan awet muda, namun sebuah proses perlu diwaspadai efek samping yang menyertainya. Jangan mencoba sesuatu yang akan merugikan diri karena merusak kualitas kesehatan jangka panjang. Beberapa program yang ditawarkan untuk menghambat penuaan dini, antara lain:

1. Kosmetik

Kosmetik untuk mencegah penuaan dini berupa krim, lotion, bedak, dan lain-lain.
Kosmetik dipercaya dapat meremajakan kulit dan menjaga kulit dari efek negatif seperti polusi, sengatan sinar matahari dan polusi udara. Namun penggunaan kosmetik harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Walaupun demikian, kosmetik tetap tidak dapat mencegah terjadinya keriput pada kulit. Kosmetik hanya dapat menangkal pada batas-batas tertentu yang disebabkan oleh faktor luar. Selain itu, pengaruh kosmetik hanya sebatas menutupi perubahan bagian luar tubuh yang terjadi akibat proses penuaan. Oleh karena itu, kombinasi antara penggunaan kosmetik yang tepat dengan penerapan gaya hidup yang sehat akan menjamin keberhasilan pengendalian proses penuaan.

2. Pembedahan

Pembedahan atau Operasi dapat dipilih sebagai cara yang cepat dan mudah untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti keriput di wajah, transplantasi rambut, implant payudara, sedot lemak, mengkoreksi bentuk wajah, dan lain-lain, Namun yang perlu dipertimbangkan adalah harus dilakukan oleh ahlinya. Jangan sampai dilakukan oleh orang yang tidak berkompeten sehingga malah mengakibatkan mal praktik dan menimbulkan efek samping jangka panjang. Selain itu, yang harus direnungkan sebelum melakukan tindakan pembedahan atau operasi adalah: Pembedahan untuk mempertahankan kecantikan tidak dapat menolak berbagai penyakit yang menyerang tubuh dan tidak mampu meningkatkan kesehatan fisik seseorang. Apabila penyakit mulai bersarang dalam tubuh maka proses penuaan pun otomatis akan semakin cepat. Pembedahan tidak mampu mengatasi penurunan kemampuan organ tubuh seperti penurunan fungsi otak dan fungsi organ lainnya. Pembedahan juga tidak mampu meningkatkan harapan hidup seseorang. Jadi, dapat disimpulkan walaupun pembedahan membentuk penampilan luar yang menarik, namun hal ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak ditunjang dengan tubuh yang sehat.

3. Pengaturan Pola Makan Yang Baik

Pengaturan pola makan yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh seseorang dan dapat menjaga kecantikan dari dalam dan luar. Dengan makan asupan gizi yang seimbang, kualitas tubuh akan terjaga sehingga akan menjamin kesehatan tubuh. Asupan yang sangat panting menunjang proses awet muda, antara lain:
  • Konsumsi lah sumber gizi yang kaya akan antioksidan, diantaranya vitamin A, C, E, mineral selenium, zinc. sulfur, serta fitonutrien (karoten, lycopena, dan Iain-Iain), yang berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
  • Konsumsi makanan sumber protein tinggi. Protein diperlukan untuk proses perbaikan dan regenerasi jaringan tubuh, seperti kulit, rambut, kuku, dan lain-Iain
  • Penuhi kebutuhan cairan. Air sangat diperlukan untuk berbagai proses metabolisme tubuh dan menjaga kesegaran serta kelembapan jaringan. Konsumsi makanan sumber vitamin C dan mineral silika yang berperan dalam sintesis kolagen sebagai jaringan konektif yang membuat struktur jaringan menjadi kompak, kenyal dan elastis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel