Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bibir Kering, Pecah-Pecah, Menghitam, dan Bengkak

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Bibir Kering, Pecah-Pecah, Menghitam, dan Bengkak

Apakah saat ini anda sedang mengalama masalah pada bibir anda? Masih bingung karena belum mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi pada bibir anda? Baca dan coba cara yang dijelaskan oleh mediavoria.com tentang penyebab dan cara menyembuhkan masalah yang sering terjadi pada bibir dibawah ini. Semoga anda mendapatkan hasil yang baik.

Masalah Bibir Yang Sering Dialami


1. Bibir Kering dan Pecah-Pecah


Bibir yang kering dan pecah-pecah akan terasa tidak nyaman, adapun pada gilirannya bibir kering yang terus dibiarkan akan menimbulkan pecah-pecah yang parah sehingga menimbulkan luka yang memiliki ruang seperti luka sayatan. Penyebab bibir pecah-pecah, biasanya karena:
  • Bibir kehilangan kelembannya
  • Terlalu sering membasahi bibir degan air liur.
  • Tidak melindungi bibir saat bepergian
  • Terlalu sering makan makanan yang panas dan pedas
Bagaimana cara merawat bibir yang pecah-pecah sehingga sehat seperti sedia kala?
  • Memakai madu. Madu mengandung kadar gula murni yang memberi nutrisi pada bibir serta berperan sebagai pelembap. Selain itu, madu berkhasiat dalam memunculkan rona merah bibir secara alami. Sifat antibakterial yang ada pada madu dapat pula mencegah infeksi menyebar dan memperparah bibir kering atau pecah-pecah. Cara pemakaiannya, oleskan madu pada bibir pada malam hari, bilas pada pagi harinya.
  • Memakai madu yang telah dicampur minyak zaitun. Oleskan campuran ini, pijat dengan lembut bibir, biarkan selama 5 menit dan bersihkan.
  • Memakai masker dari avokad. Hancurkan sepotong avokad yang telah matang. Oleskan pada bibir, biarkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih.

2. Bibir Menghitam


Penyebab bibir menghitam:
  • Kadar estrogen yang menurun sehingga proses regenerasi kulit melemah, lama kelamaan bibir mengerut dan mengendur.
  • Kebiasaan merokok
  • Penggunaan lipstik yang salah/tidak cocok.
Bagaimana cara mengembalikan warna alami pada bibir?

Sediakan 1 umbi buah bit, kupas kulitnya, cuci ‘dan potong-potong, haluskan dengan blender dengan menambahkan sedikit air. Peras ‘jus’ bit, tampung airnya. Oleskan air pada bibir, diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan air.

3. Bibir Bengkak


Bibir membengkak biasanya terjadi karena adanya trauma yang terjadi pada jaringan lunak dalam bibir. Alergi terhadap makanan pun merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pembengkakan bibir. Reaksi alergi biasanya di awali dengan reaksi kesemutan pada bibir dan diakhiri dengan pembengkakan. Pembengkan pada bibir tersebut dapat bertahan hingga berjam-jam atau bahkan yang paling parah sampai berhari-hari. Penyebab lain yang membuat bibir membengkak yaitu, karena gigitan serangga, cuaca yang ekstrem, infeksi virus, dehidrasi dan penggunaan produk yang salah. Bagaimana cara menghadapi bibir bengkak?

a. Kompres Dingin

Siapkan es batu dan bungkus es batu tersebut menggunakan kain bersih yang berbahan dasar lembut. Kemudian tempelkan pada bibir selama kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tunggu beberapa saat. Ulangi cara tersebut sampai bibir kembali normal.

b. Kompres Hangat

Kompres hangat ini dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga darah tidak menumpuk pada area bibir. Caranya Siapkan waslap dan rendam dalam air panas. Lalu peras waslap dan tempelkan pada bibir yang membengkak selama 10 menit. Ulangi cara tersebut sampai bibir kembali normal.

c. Menggunakan Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan bibir bengkak karena kunyit di percaya memiliki antiseptik alami yang kuat. Caranya buatlah pasta dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air dingin. Oleskan pasta kunyit tersebut pada bibir yang bengkak dan biarkan sampai kering alami. Setelah kering bersihkan bibir menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Cara ini diketahui cukup ampuh dalam mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi Ianjutan.

d. Menggunakan Lidah Buaya

Gel yang terdapat dalam lidah buaya bersifat dingin dan merupakan anti inflamasi yang ampuh. Caranya pisahkan gel bening yang ada pada lidah buaya. Kemudian gel tersebut dioleskan pada bibir yang bengkak dan pijat secara perlahan, biarkan hingga beberapa saat lalu bersihkan bibir menggunakan air hangat. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

e. Menggunakan Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan zat bernama tanin yang dapat mengkerutkan atau mengempiskan pembengkakan pada bibir. Caranya celupkan satu kantung teh hitam pada air hangat selama beberapa menit. Lalu angkat kantong teh tersebut hingga dingin dan tidak menetes, tempelkan kantong teh tersebut pada bibir selama 10 menit. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari agar bibir dapat mengempis secara cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel