Tips Perawatan Kuku, Manicure, dan Membuat Kutek dengan Bahan Alami

Tips Perawatan Kuku, Manicure, dan Membuat Kutek dengan Bahan Alami

Pada halaman ini, mediavoria.com akan membahas tentang beberapa sub terkait dengan kuku, yaitu perawatan kuku sehari-hari yang mudah dilakukan di rumah, bahan alami untuk merawat kuku, manicure dengan bahan alami, dan cara mudah membuat kutek alami di rumah.

Perawatan Kuku Sehari-Hari Yang Mudah Dilakukan di Rumah


Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 1,5 mm, empat kaIi Iebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki.

Bagi sebagian besar wanita memiliki kuku tangan yang cantik merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi kuku tersebut merupakan kuku yang kuat dan tidak mudah patah. Memiliki kuku cantik, kuat, dan indah akan mencerminkan kepribadian pemiliknya. Jika kuku tampak kotor dan tidak terawat akan memberikan kesan jorok serta dinilai sebagai orang yang tidak bersih dan kurang memperhatikan penampilan.

Beberapa langkah perawatan kuku sehari-hari:

  1. Konsumsi makanan sehat seimbang dan minum air putih yang cukup
  2. Bersihkan kuku setiap kali mandi. Gunakan sabun dan sikat dengan memakai sikat khusus atau bisa dengan menggunakan sikat gigi bekas.
  3. Potong kuku seminggu sekali. Memotongnya jangan terlalu pendek sehingga ‘mepet’ di daging. Hal ini bisa meninggalkan rasa perih.
  4. Gunakan krim khusus untuk kuku (untuk menghaluskan dan menguatkan) sebelum tidur.
  5. Gunakan scrub yang khusus untuk tangan (termasuk kuku), lakukan seminggu 2 kali.

Bahan Alami Untuk Merawat Kuku


Kuku yang sehat biasanya lebih kuat dan tentunya tidak mudah mengelupas. Gunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Diantaranya:

  1. Blimbing Wuluh. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya cukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah itu bilas dengan air bersih.
  2. Lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan Iidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat Iebih cantik dan bening.
  3. Getah Pepaya. Bagus sekali untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.
  4. Lemon. Untuk mengembalikan kuku yang kuning. Caranya, siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi (disarankan pasta gigi untuk memutihkan gigi). Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu hingga kering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal sepekan sekali, maka kita akan mendapatkan kuku dengan warna yang normal.
  5. Minyak zaitun yang dicampur dengan perasan lemon yang secara rutin dibalurkan ke kuku, akan mengakibatkan kuku tidak mudah rapuh.
  6. Buah berry. Remas-remas buah berry, balurkan ke seluruh telapak tangan, telapak kaki serta kuku hal ini bisa menghaluskan kulit dan membuat kuku berwarna jernih.
  7. Bawang putih. Mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku. Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.
  8. Daun pacar kuku/daun inai/henna (nama untuk 1 jenis daun), ditumbuk dan ditempelkan pada luka pada kulit di area kuku (termasuk cantengan), perban dengan kain kasa. Lakukan sehari 2 kali hingga luka sembuh.
  9. Campuran madu, telur dan minyak zaitun. Manfaatnya adalah untuk melembapkan dan melembutkan kuku. Kita yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakan tips ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10-15 menit, kemudian bersihkan kuku.
  10. Cuka apel/baking soda/obat kumur (pilih salah satu). Campurkan dengan air hangat, aduk, buatlah merendam kuku. Lakukan hal ini setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur kuku yang menyebabkan kuku menebal, menguning, dan rapuh.
  11. Campuran parutan kunyit dan minyak kelapa. Balurkan pada kuku hingga kering, basuh dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau pada kuku.
  12. Campuran parutan jahe dan sedikit minyak kelapa yang dipanaskan di atas api kecil. Setelah menghangat, bubuhkan pada kuku yang mengalami cantengan. Bebat dengan perban. Lakukan sehari 2 kali hingga kuku terlepas.

Manicure Dengan Bahan Alami


Manicure adalah perawatan khusus untuk kuku di Salon. Biasanya hal ini dilakukan untuk memanjakan diri, bisa dilakukan setiap 3-4 bulan sekali. Ternyata manicure tidak harus dilakukan di salon, kita bisa melakukan perawatan ini sendiri dirumah. Luangkan waktu dan persiapkan peralatan yang mendukung di bawah ini:

Alat yang harus disiapkan:

  1. Air panas dan air dingin
  2. 2 buah baskom ukuran sedang
  3. Gunting kuku
  4. Gunting kutikula
  5. Alat kikir kuku
  6. Handuk
  7. Sabun cair, pilih yang terasa Iembut dikulit
  8. Batu apung halus/ batu bata halus
  9. Sikat halus

Bahan:

  1. Minyak zaitun (khusus untuk perawatan tubuh)
  2. Garam sesuai kebutuhan
  3. Jeruk Lemon 3 irisan

Langkah-Iangkah:


  1. Apabila kuku dalam keadaan diwarnai sebelumnya sangat disarankan untuk menghilangkan cat kuku tersebut Iebih dulu dengan cairan khusus penghilang warna kuku seperti nail polish.
  2. Kemudian ambillah potongan lemon tadi dan oles dan gosokkan pada kuku kira-kira 5-10 menit.
  3. Pada baskom yang berisi air panas/hangat tadi masukan bahan garam, sabun cair, potongan lemon dan minyak zaitun.
  4. Rendam tangan selama kurang Iebih 15-20 menit, setelah itu bisa juga untuk kaki.
  5. Ambil handuk kemudian bersihkan tangan dan kaki.
  6. Gunting kuku kemudian bentuk sesuai dengan keinginan sambil dikikir.
  7. Sesudahnya bersihkan juga kutikula dengan gunting khusus yang sudah disiapkan tadi.
  8. Sembari kaki direndam, rendam tangan pada baskom berisi air dingin.
  9. Sesudah itu gosok sel kulit mati di kaki dengan menggunakan batu apung hingga seI-sel mati tersebut terlepas.
  10. Kemudian gosok dengan tangan hingga semua kotoran hilang. Keringkan kuku sembari memberikan pijitan kejari-jari tangan serta kaki agar aliran darah lancar. Sehingga suplai vitamin juga Iancar dan kuku tidak mudah patah.

Cara Mudah Membuat Kutek Alami di Rumah


Bahan:

  1. Daun pacar kuku segenggam
  2. Gambir 1/2 ruas jari
  3. Jeruk nipis 1/4

Caranya:

  • Tumbuk daun pacar kuku hingga halus, tambahkan gambir dan tumbuk lagi. Jika sudah halus. beri air perasan jeruk nipis secukupnya sehingga adonan tidak terlalu ‘becek'. Taruh adonan di setiap kuku. Usahakan seukuran dengan kuku dan tidak melebar ke kulit karena kulit akan ikut terwarnai. Biarkan selama 30 menit, bilas dengan air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel