Tips Perawatan Tubuh Ala Putri Keraton Seperti Body Scrub, Massage, dan Spa di Rumah

Tips Perawatan Tubuh Ala Putri Keraton Seperti Body Scrub, Massage, dan Spa di Rumah

Ada beberapa perawatan tubuh yang dilakukan putri keraton. Mereka melakukan perawatan dengan bahan alami yang resepnya diberikan secara turun-temurun. Bahan yang digunakan berasal dari campuran rempah - rempah sehingga bisa terhindar dari alergi ketika memakainya. Dahulu, resep ini hanya dimanfaatkan oleh keluarga keraton, sekarang resep telah diajarkan dan dikembangkan di tengah masyarakat. Jika kita merasa kerepotan untuk membuatnya, bahan telah dicampur dan dibuat dalam bentuk pasta sehingga masyarakat luas bisa langsung memakai dalam bentuk jadi.

Beberapa perawatan tubuh yang bisa dilakukan sendiri namun mendapatkan hasil optimal bak putri keraton, antara lain:

Perawatan Tubuh Ala Putri Keraton


1. Body Scrub/Luluran


Ada beragam pilihan body scrub/lulur yang dapat menjadi pilihan di antaranya:

a. Lulur Putih

Lulur ini digunakan untuk perawatan kecantikan sehari-hari. Ramuan ini berkhasiat untuk membantu mengurangi bau badan, mengangkat sel - sel kulit mati, serta menyegarkan kulit.

b. Lulur Sekar Kedhaton

Ramuan ini berkhasiat untuk menjaga kelembapan kulit dengan menjaga kadar air dalam kulit sehingga kulit lebih kenyal dan tak cepat kering.

c. Lulur Masinangling/Lulur Kuning

Ramuan ini berkhasiat untuk menguningkan, mencerahkan warna kulit dan mengharumkan. Biasa digunakan pada acara tarapan (haid pertama putri keraton) maupun menjelang pernikahan.

d. Lulur Mangir

Khasiat dari lulur ini adalah menjaga kesehatan kulit, menghaluskan, menghilangkan bau badan, membersihkan noda, serta membuat kulit Iebih putih.

e. Lulur Jempiring

Ramuan ini disarankan untuk persiapan pernikahan. Lulur yang berwarna kuning ini sarat dengan aroma jamu-jamuan. Khasiat dari ramuan ini adalah membersihkan dan membuat kulit menjadi kuning langsat.

2. Body Massage/Pemijatan


Setelah melakukan body scrub atau luluran, perawatan kulit tubuh bisa disempurnakan dengan melakukan body massage atau pemijatan. Massage bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot, melancarkan peredaran darah dan juga menstimulasi otot dan peredaran darah. Salah satu ramuan yang digunakan untuk melakukan proses pemijatan ini adalah minyak serei. Minyak ini bisa menstimulasi peredaran darah dan meredakan nyeri pada otot

3. Body Bath/Mandi


Setelah pemijatan, dapat dilakukan proses selanjutnya yaitu body bath/mandi. Proses ini dapat dilakukan sehari-hari, dengan pemilihan sabun yang sesuai kebutuhan, yaitu:

a. Sabun Lulur Putri Keraton

Sabun ini terbuat dari temugiring, temulawak, kunyit putih, daun sirih, akar wangi, sintok, susu skim, dan beras. Ramuan ini berkhasiat untuk membersihkan kulit, menjadikan kulit halus, kenyal dan putih cemerlang serta menjaga keIembapan dan daya tahan kulit. Juga mengandung daya pelentur dan larutan protein alami yang dapat memperlambat kerutan halus pada kulit wajah. Selain itu mempunyai kandungan anti bakteri untuk membasmi jamur kulit.

b. Sabun Mangir

Ramuan sabun ini cukup sederhana, terbuat dari temugiring, kenanga dan minyak sayur. Sabun ini berkhasiat untuk membersihkan badan, membuat kulit kuning bercahaya

Mandi ala Spa di Rumah


Mandi spa bisa dilakukan di rumah, dengan bahan alami di sekitar. Spa dilakukan untuk merilekskan tubuh sehingga tubuh bisa bugar kembali. Usahakan melakukan spa seminggu sekali. Adapun bahan alami yang diperlukan, antara lain:
  • 5 buah lemon, perasan airnya.
  • Beberapa batang kayu manis untuk wewangian
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 gelas susu segar
Caranya: masukkan semua bahan ke dalam wadah, tuang ke dalam bak mandi untuk berendam (bath tub).

Berendamlah selama 15 menit sambil menggosokgosokkan seluruh permukaan kulit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dengan cara mengguyur seluruh badan tanpa menggunakan sabun.

Nah, demikian sedikit tips perawatan tubuh ala putri keraton yang bisa dilakukan dirumah dari mediavoria.com. Semoga setelah anda membaca tips diatas, anda bisa mencobanya langsung di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel