Berbagai Cara Cek Pulsa dan Kuota Internet Telkomsel dengan Praktis

Berbagai Cara Cek Pulsa dan Kuota Internet Telkomsel dengan Praktis

Berbagai cara cek pulsa dan kuota internet merupakan hal yang harus diketahui oleh pengguna Telkomsel untuk mengawasi penggunaan telepon, SMS, dan internet.

Cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel adalah hal yang wajib diketahui bagi para pengguna Telkomsel. Telkomsel merupakan provider yang telah lama ada di Indonesia. Layanannya yang begitu baik membuat penggunanya semakin lama semakin bertambah meskipun harga yang dipasang termasuk tinggi dibandingkan provider lain.

Memeriksa pulsa dan kuota internet secara rutin akan membuat kita tahu kapan kita harus mengisi ulang pulsa dan kuota internet. Selain itu, dengan tahu jumlah pulsa dan kuota internet saat ini, kita bisa memperkirakan untuk apa saja pulsa dan kuota yang ada.

Cara Cek Pulsa dan Kuota Internet Telkomsel dengan Dial


Cara memeriksa pulsa dulu dilakukan dengan dial ke *888#, sedangkan cara memeriksa total penggunaan kuota internet terakhir dengan dial *887#. Cara ini adalah cara utama dalam cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel. Kedua dial ini adalah dial utama yang perlu diketahui. Anda dapat memasangnya dalam fast dial di peraturan HP.

Dial *888# dapat digunakan dalam cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel juga. Sisa kuota tidak langsung muncul. Berikut langkah-langkah memeriksa sisa kuota internet dengan dial.

1. Dial *888#

Saat dial nomor tersebut, informasi yang akan terlihat langsung adalah sisa pulsa. Selain itu, di bawah informasi sisa pulsa terdapat beberapa opsi, antara lain transaksi terakhir, cek status, cek kuota, serta info dan tagihan.

2. Membalas sesuai opsi

Untuk memeriksa kuota, Anda cukup klik ‘Reply’ dan tulis angka 3 di dialogue box yang muncul. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai muncul pop up lain. Jika sudah muncul, opsi yang muncul antara lain download, cek kuota internet, cek kuota nelpon, cek kuota SMS, cek kuota lainnya, back, dan home. Klik ‘Reply’ dan tulis angka 2.

3. Proses permintaan

Jika berhasil, akan muncul pop up balasan bertuliskan ‘Terima kasih permintaan Anda sedang diproses’. Tunggu beberapa saat. Informasi akan muncul melalui SMS dari nomor operator 3636. Dalam SMS tersebut berisi sisa kuota internet dari paket apa saja dan masa berlakunya.

Cara Cek Pulsa dan Kuota Internet dengan SMS


Namun, ada kalanya permasalahan yang muncul seperti dial *888# dan *887# tidak bisa dilakukan. Notifikasi yang muncul tertulis ‘Masalah sambungan atau kode MMI tidak berlaku’. Kemungkinan besar penyebabnya adalah jaringan sedang bermasalah tetapi tidak selalu seperti ini. Beberapa pengguna memiliki jaringan yang stabil saat melakukan pemeriksaan pulsa dan kuota internet.

Selain itu, proses yang diperlukan untuk cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel melalui dial dirasa cukup rumit. Waktu yang diperlukan juga sangat panjang. Kelemahan ini yang membuat banyak pengguna jarang memeriksa pulsa dan kuota internet Telkomsel secara rutin.

Solusinya bisa dilakukan dengan merestart HP. Ada yang sudah bisa terselesaikan, ada juga yang masih bermasalah. Apabila menemui jalan buntu, maka diperlukan alternatif lain sebagai cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah memeriksa melalui SMS. Cara ini dapat menjadi alternatif saat dial bermasalah tetapi cara ini hanya bisa digunakan untuk tahu kuota internet Telkomsel. Langkah yang diperlukan tidaklah susah. Terdapat 2 jenis format SMS yang bisa digunakan, yaitu.

1. Menggunakan format UL

Langkah pertama yang jelas dilakukan adalah membuka menu SMS. Anda cukup mengetikkan ULINFO. Kirimkan SMS tersebut ke 3636.

2. Menggunakan format FLASH


Cara lain dalam cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel adalah menggunakan SMS dengan format FLASH. SMS yang diketik adalah FLASHInfov2 dan kirim ke nomor 3636.

Layanan SMS tidak dipungut biaya sehingga Anda dapat sering memeriksa pulsa dan kuota internet. Namun tetap saja ditemui permasalahan saat memeriksa pulsa dan kuota internet menggunakan cara SMS.

Cara Cek Pulsa dan Kuota Internet Telkomsel dengan Aplikasi



Jika kedua cara sebelumnya masih tidak berhasil, jangan buru-buru gelisah. Telkomsel saat ini sudah menyediakan aplikasi Telkomsel dengan berbagai fitur yang ada. Cara mudah cek pulsa dan kuota internet Telkomsel bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut. Berikut merupakan penjelasan mengenai langkah yang harus dilakukan.

1. Download aplikasi


Langkah ini dapat dilewati jika sudah tersedia MyTelkomsel. Pilih menu Google Play Store jika Anda menggunakan Android atau pilih menu AppStore jika Anda menggunakan iOS. Pada kolom pencarian, ketikkan MyTelkomsel dan klik ‘enter’. Setelah menemukan aplikasi yang dimaksud, klik Download dan tunggu sampai proses selesai. Klik ‘Open’ jika proses download telah selesai.

2. Buka aplikasi MyTelkomsel


Aplikasi baru akan menunjukkan halaman untuk mendaftar atau masuk. Apabila sebelumnya sudah pernah masuk, Anda akan diarahkan langsung ke menu yang ada. Apabila belum, pilih opsi masuk. Hal tersebut dilakukan agar proses cepat tanpa perlu lama mendaftar. Anda dapat menggunakan nomor Telkomsel yang sedang digunakan. Pastikan nomor tersebut aktif.

3. Cek pulsa dan kuota internet


Setelah masuk, Anda akan mendapatkan berbagai informasi. Anda akan melihat informasi dan data mengenai nomor telepon yang digunakan, jumlah poin, sisa pulsa, dan sisa kuota. Anda juga dapat mengetahui sisa bonus telepon dan sisa bonus SMS yang belum digunakan. Dengan aplikasi, cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel tidak rumit untuk dilakukan.

Anda dapat melihat rincian penggunaan kuota internet dengan klik ikon lingkaran bergaris di bawah tulisan Sisa Kuota. Dari total sisa kuota internet, rincian tersebut menuliskan paket apa saja yang tersisa dan masa berlaku penggunaannya.

Setelah aplikasi terinstal di HP, Anda tidak perlu menggunakan dial untuk memeriksa pulsa dan kuota internet. Aplikasi MyTelkomsel mempermudah Anda dalam mengetahui informasi mengenai jumlah pulsa dan kuota internet sisanya.

Aplikasi MyTelkomsel tidak hanya berfungsi memberikan informasi tentang nomor telepon, cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel, serta bonus yang belum digunakan. MyTelkomsel dapat digunakan untuk mengisi ulang pulsa dan kuota internet dalam berbagai pilihan paket. Sehingga bagi pengguna Telkomsel sangat disarankan untuk memiliki aplikasi MyTelkomsel di HP-nya.

Pengguna Telkomsel sebaiknya tidak hanya tahu bagaimana cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel, tetapi juga cara untuk menghemat penggunaan pulsa dan kuota internet. Telkomsel menyediakan banyak paket yang dapat dipilih dengan berbagai keunggulan. Tips dalam menghemat pulsa dan kuota internet adalah sebagai berikut.

1. Memilih paket sesuai kebutuhan


Kebutuhan berkomunikasi dan menggunakan internet adalah kebutuhan yang saat ini tidak bisa dilepas. Supaya tidak boros, gunakan berbagai jenis paket telepon, SMS, atau kuota internet sesuai kebutuhan. Jangan sembarangan memilih tanpa tahu apa alasan membeli paket telepon, SMS, atau kuota internet tersebut.

2. Menggunakan WiFi


Cara ini paling ampuh untuk membatasi penggunaan kuota internet. Banyak tempat makan atau tempat umum yang menyediakan WiFi untuk para pengunjungnya. Jika WiFi tersedia, lebih baik dimanfaatkan dan matikan kuota internet.

Itulah cara cek pulsa dan kuota internet Telkomsel yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara tersebut dapat dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel