Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Mudah

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Mudah

Adanya mesin ATM memudahkan aktivitas sehari-hari tetapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri.

Pemilik rekening Mandiri ada baiknya tahu bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri. Adanya ATM mempermudah nasabah untuk melakukan penarikan atau penyetoran uang tanpa perlu ke bank. Tidak hanya itu, penarikan uang melalui ATM dapat dilakukan kapan saja selama ATM berfungsi normal.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, rupanya tidak banyak orang yang memiliki ATM. Mereka belum terbiasa menggunakan ATM sehingga kelebihan ATM belum terlalu dirasakan. Mayoritas kelompok ini berisi orang-orang usia 40 tahun ke atas.

Padahal perusahaan saat ini mulai mengubah sistem pembayaran gaji, yaitu dengan mengirim via transfer sehingga banyak yang meminta karyawannya untuk membuka nomor rekening. Bagi kelompok tersebut, perubahan sistem ini sedikit menyulitkan. Untuk itulah, cara mengambil uang di ATM Mandiri perlu diketahui dengan baik.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Mesin Tombol


Bagi Anda yang belum pernah menggunakan ATM untuk kegiatan penarikan uang, berikut akan dijelaskan cara mudah mengambil uang di ATM Mandiri. Pada dasarnya, cara pengambilan uang di ATM sama meskipun menggunakan ATM yang berbeda bank. Perbedaannya hanya terletak pada menu yang harus dipilih sebelum menarik uang.

Contoh yang digunakan adalah ATM Mandiri. Mandiri menyediakan 2 jenis mesin ATM, yaitu tombol dan layar sentuh. Menu di keduanya tidak berbeda. Agar tidak bingung, berikut penjelasan penggunaan mesin ATM tombol.

1. Masukkan kartu ATM

Sebelum pergi ke ATM, siapkan terlebih dulu kartu ATM dalam dompet atau dalam tas. Tempat memasukkan kartu ATM ada di bagian kanan dekat dengan papan tombol. Masukkan kartu ATM sesuai dengan gambar yang ada. Jangan sampai salah arah saat memasukkan kartu ATM.

2. Memilih bahasa

Mesin akan menawarkan penggunaan bahasa sebelum memulai proses. Tersedia bahasa Indonesia dan English. Pilihlah bahasa Indonesia dengan menekan tombol putih yang terletak tepat di samping tulisan bahasa Indonesia.

3. Memasukkan PIN

Agar bisa menarik uang dari ATM, Anda harus memasukkan PIN kartu ATM Anda. PIN terdiri atas 6 angka. Masukkan PIN dengan menekan tombol di papan tombol di bawah layar. Pastikan nomor yang dimasukkan benar. Jika salah tekan, Anda dapat menekan tombol ‘Delete’ untuk menghapus angka yang salah. Klik tombol putih di samping layar yang sejajar dengan Enter.

4. Memilih nominal uang

Cara mengambil uang di ATM Mandiri selanjutnya adalah memilih nominal uang yang akan ditarik. Di layar akan muncul pilihan nominal mulai dari 300.000, 500.000, 1.000.000, sampai 2.000.000. Anda dapat memilih nominal sesuai kebutuhan. Klik tombol putih yang sejajar dengan nominal tersebut untuk memilih.

Apabila nominal yang diinginkan tidak ada di pilihan tersebut, klik tombol putih yang sejajar dengan ‘Penarikan Jumlah Lain’. Masukkan nominal sesuai dengan yang Anda butuhkan. Klik tombol putih yang sejajar dengan ‘Enter’.

5. Proses selesai

Setelah Anda klik ‘Enter’, ATM akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan nominal yang Anda inginkan. Uang akan keluar melalui lubang di bawah papan tombol, sedangkan kartu ATM akan keluar melalui lubang di samping papan tombol. Anda harus cepat mengambil kartu ATM supaya kartu ATM tidak tertelan.

Itulah cara mengambil uang di ATM Mandiri yang menggunakan mesin tombol. Mesin ini lebih banyak tersebar di berbagai area. Bagi sebagian orang, pengambilan uang melalui ATM bermesin tombol lebih mudah digunakan karena dianggap lebih nyaman.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Mesin Layar Sentuh


Cara mengambil uang di ATM Mandiri lainnya adalah cara yang dilakukan ketika mengambil di mesin ATM layar sentuh. Langkah yang diperlukan tidaklah berbeda dengan mesin ATM tombol. Berikut merupakan cara yang harus dilakukan saat menggunakan mesin layar sentuh.

1. Masukkan kartu ATM

Siapkan terlebih dulu kartu ATM Anda. Lubang berada di sebelah papan tombol. Posisi kartu ATM harus sesuai dengan contoh yang ada. Posisi kartu ATM tidak boleh terbalik agar mesin dapat membaca chip yang ada dalam kartu ATM tersebut.

2. Memilih bahasa

Pada layar sentuh akan muncul pilihan bahasa yang bisa digunakan. Anda dapat memilih bahasa Indonesia atau English. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan ATM, lebih baik menggunakan bahasa Indonesia agar tidak bingung saat menggunakan ATM tersebut. Sentuh layar yang menunjukkan pilihan bahasa Indonesia.

3. Masukkan PIN

Cara mengambil uang di ATM Mandiri kedua adalah memasukkan PIN kartu ATM. Untuk memasukkan PIN, Anda menggunakan papan tombol yang ada di bawah layar sentuh. PIN terdiri atas 6 angka. Masukkan PIN kartu ATM Anda dengan tepat agar Anda dapat melakukan penarikan uang dari ATM tersebut.

4. Memilih nominal penarikan uang

Pada layar sentuh akan terlihat beberapa pilihan nominal uang mulai dari 100.000, 300.000, 500.000, sampai 1.000.000. Anda dapat memilih salah satu nominal tersebut dengan menyentuhnya. Apabila nominal yang Anda butuhkan tidak ada, sentuh pilihan ‘Penarikan Jumlah Lain’. Masukkan nominal uang yang Anda butuhkan dan sentuh pilihan ‘Enter’.

5. Proses selesai

Mesin akan menghitung uang sesuai dengan yang Anda pilih. Setelah proses selesai, kartu ATM akan keluar bersamaan dengan uang. Kartu ATM akan keluar di lubang sebelah kanan papan tombol sama seperti saat memasukkannya. Uang akan keluar di lubang bawah papan tombol.

Ambilah kartu ATM terlebih dulu sesaat setelah ia keluar. Apabila terlalu lama dibiarkan, kartu ATM bisa tertelan dan tidak bisa diambil. Setelah kartu ATM terambil, ambil uang dan masukkan segera ke dalam dompet. Cara mengambil uang di ATM Mandiri telah dilakukan.

Langkah-langkah yang ada dalam cara mengambil uang di ATM Mandiri tidaklah susah untuk dilakukan. Apabila sebelumnya tidak bisa, maka beranikan diri untuk mencoba. Kartu ATM memberikan kemudahan tersendiri saat penarikan uang sehingga jangan sia-siakan manfaat yang telah disediakan ini.

Cara Lain yang Perlu Diketahui selain Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri


ATM tidak hanya berfungsi sebagai tempat penarikan uang. Ada beberapa kegiatan lain yang dapat dilakukan melalui ATM. Setelah menguasai cara mengambil uang di ATM Mandiri, tidak ada salahnya untuk menguasai hal lain.

1. Penyetoran uang

Banyak bank yang menyediakan mesin ATM untuk penyetoran uang. Meskipun tidak sebanyak penarikan, mesin penyetoran uang menjadi alternatif nasabah yang tidak suka antre di bank. Anda cukup memasukkan kartu ATM dan memasukkan sejumlah nominal yang Anda miliki. Mesin ATM ini hanya memfasilitasi untuk kelipatan 50.000 dan 100.000.

2. Pemindahbukuan

Pemindahbukuan secara awam dikenal dengan istilah transfer. Anda dapat mengirim uang dari rekening Anda ke rekening lain. Proses pemindahbukuan sesama rekening Mandiri tidak dipungut biaya administrasi. Biaya administrasi diambil ketika pemindahbukuan dilakukan dari rekening Mandiri ke rekening bank lain.

Cara mengambil uang di ATM Mandiri tidak jauh berbeda dengan cara mengambil uang di ATM bank lain. Apabila secara kebetulan Anda menggunakan rekening Mandiri, Anda dapat menggunakan cara di atas. Apabila bank Anda bukan bank Mandiri, Anda tetap bisa menggunakan langkah di atas sambil melihat ada tidaknya perbedaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel