Contoh Slip Gaji Karyawan serta Komponen Penyusunnya

Contoh Slip Gaji Karyawan serta Komponen Penyusunnya

Anda belum tahu tentang slip gaji dan komponen apa yang harus ada di dalamnya? Contoh slip gaji karyawan berikut akan menjelaskan pada Anda sekaligus.

Bagi para pegawai pasti sudah tidak asing dengan slip gaji dan mengenal setidaknya beberapa contoh slip gaji karyawan. Ya, setiap perusahaan biasanya membuat bentuk slip gaji karyawannya berbeda-beda namun dengan format yang sama.

Slip gaji ini didapatkan setelah karyawan melaksanakan kewajibannya selama satu bulan penuh, yaitu bersamaan dengan ketika mendapatkan gaji. Selama ini masyarakat mengetahui jika slip gaji hanya dimiliki atau diberikan kepada karyawan atau pegawai pemerintahan, PNS, guru saja.

Pada kenyataannya sekarang, hampir semua karyawan, baik yang bekerja di instansi pemerintah, BUMN maupun perusahaan swasta pasti akan mendapatkan slip gaji bersamaan dengan gaji sebagai haknya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang slip gaji dan beberapa contohnya.

Contoh Slip Gaji Karyawan Berdasarkan Lembaga atau Perusahaan yang Mengeluarkan


Agar Anda lebih paham tentang slip gaji, berikut ini adalah beberapa contoh slip gaji karyawan yang sering dijumpai. Slip gaji berikut dikelompokkan berdasarkan instansi atau perusahaan yang mengeluarkannya.

Setiap contoh berikut adalah contoh format slip gaji untuk karyawan berdasarkan instansi, perusahaan atau lembaga yang mengeluarkan.

1. Slip Gaji Pegawai Negeri Sipil

Slip Gaji Pegawai Negeri Sipil

2. Slip Gaji Pegawai Swasta

Slip Gaji Pegawai Swasta

3. Slip Gaji Karyawan Sederhana

Slip Gaji Karyawan Sederhana

Apa Itu Slip Gaji dan Bagaimana Strukturnya?


Dokumen slip gaji jni juga menjadi dokumen penting yang terkadang dibutuhkan untuk mengurus keperluan lain, seperti mengurus jaminan hati tua atau mengurus beasiswa bagi pegawai yang sudah memiliki anak. Slip gaji bahkan juga digunakan sebagai syarat jika Anda mengajukan kredit rumah atau kredit kendaraan bermotor.

Karena fungsinya yang sangat penting inilah, perusahaan kemudian juga memberikan slip gaji kepada karyawan atau pegawainya.

Kalau Anda mencari contoh slip gaji karyawan di internet, Anda akan menemukan beragam bentuk dan jenis slip yang dikeluarkan oleh lembaga atau perusahaan yang berbeda. Meskipun setiap perusahaan atau instansi memiliki bentuk yang berbeda, namun dalam pembuatannya slip gaji harus memenuhi struktur standarnya.

Perhatikan beberapa contoh slip gaji karyawan yang Anda temukan di internet. Anda pasti akan menemukan kesamaan di dalam slip gaji tersebut. Hal tersebut karena dalam pembuatan slip gaji harus memenuhi komponen atau struktur tertentu.

Slip gaji tergolong sebagai dokumen resmi karena dibuat hanya oleh pihak yang berwenang. Karena itu ada struktur tertentu yang harus dipenuhi. Saat membuat slip pembayaran gaji, perusahaan atau instansi harus memenuhi komponen-komponen standarnya. Berdasarkan contoh slip gaji karyawan yang disebutkan di atas, komponen itu antara lain:

1. Nama Perusahaan

Slip gaji merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan perusahaan. Karena itu nama perusahaan atau instansi terkait juga harus dicantumkan di dalam slip gaji. Identitas perusahaan harus ditulis lengkap, mulai dari nama, nomor telpon dan situs resmi jika ada.

2. Nama Karyawan

Selain identitas perusahaan, komponen lain yang pasti Anda temukan dalam contoh slip gaji karyawan adalah identitas karyawan tersebut. Identitas tersebut meliputi nama, nomor induk kepegawaian atau nomor pegawai, serta jabatan. Di dalam slip PNS biasanya juga dicantumkan dari dinas dan departemen apa.

3. Periode Pembayaran

Komponen selanjutnya adalah periode pembayaran. Komponen ini juga harus ada sebagai penunjuk periode kerja pegawai tersebut ketika menerima gajinya.

4. Rincian Pendapatan

Selanjutnya yang juga pasti ada di dalam contoh slip gaji karyawan seperti contoh di atas adalah rincian pendapatan. Rincian pendapatan ini berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan atau instansi yang mengeluarkan.

Kalau di perusahaan, rincian Pendapatan ini biasanya juga meliputi tunjangan makan, lembur serta tunjangan dari dinas ketenagakerjaan melalui BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan di lingkungan lembaga negara, pendapatan juga termasuk tunjangan anak, tunjangan beras dan beberapa tunjangan lain.

5. Rincian Potongan

Setelah rincian pendapatan, berdasarkan contoh slip gaji karyawan yang disebutkan di atas, komponen selanjutnya yang juga harus ada adalah rincian potongan. Rinciannya termasuk jaminan keselamatan kerja bagi yang bekerja di perusahaan.

Sedangkan bagi pegawai negeri, ada kewajiban pajak yang juga dicantumkan di dalam poin ini. Di perusahaan swasta juga ada rincian pajak, namun hanya pada bagian dan jabatan tertentu.

6. Gaji Bersih

Setelah rincian pendapatan dan potongan, komponen selanjutnya yang juga selalu ditemukan di contoh slip gaji karyawan di atas adalah total gaji bersih. Total gaji bersih ini didapat dari rincian pendapatan yang dikurangkan dengan rincian potongan. Itulah gaji bersih yang akan didapatkan.

7. Pengesahan dari Pihak yang Berwenang

Komponen terakhir, karena slip gaji adalah dokumen resmi, maka harus ada tanda dari pihak berwenang yang mengeluarkan. Dalam hal ini adalah HRD Perusahaan yang berwenang dan bertanggung jawab atas karyawan. Pengesahan ini biasanya berupa tanda tangan dan stempel dari pihak terkait.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang slip gaji, komponen yang harus ada di dalam slip gaji dan beberapa contoh slip gaji karyawan. Penjelasan ini semoga bisa memberikan pengetahuan lebih kepada Anda tentang dokumen penting yang harus diberikan kepada karyawan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel