Penjelasan Arti Om Telolet Om dan Maksud Penggunaannya

Penjelasan Arti Om Telolet Om dan Maksud Penggunaannya

Demam om telolet om sedang melanda di Indonesia dan dunia. Apa sih sebenarnya arti om telolet om jika dilihat dari struktur bahasa? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya apakah Anda tahu apa arti "om telolet om" yang pernah populer beberapa waktu yang lalu? Ya, di Indonesia penggunaan istilah atau kalimat "om telolet om" memang sempat menjadi trending di beberapa media sosial. Semua orang di dunia maya beramai-ramai membuat parodi atau video kreatif dengan menggunakan kalimat ini.

Kalimat om telolet om ini memang sempat menjadi buah bibir di seluruh penjuru negeri. Entah siapa yang pertama kali menggunakan atau mempopulerkannya, kalimat ini seolah virus yang dengan mudah menyebar ke seluruh penjuru negeri hingga pelosok-pelosok.

Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, laki-laki maupun perempuan seolah sedang berkompetisi memparodikannya. Mungkin karena ini jugalah, kalimat ini kemudian terus menyebar, bahkan hingga ke negeri yang jauh disana, seperti Amerika misalnya.

"Om Telolet Om" yang Mendunia


Jika mendengar kata-kata "om telolet om", apa yang terlintas di kepala Anda? Lucu, menghibur, viral dan banyak dibicarakan. Ya, sempat menjadi sebuah trend di Indonesia beberapa waktu laku, Anda tak akan kesulitan mencari frasa kata ini di internet.

Menjadi frasa yang begitu banyak dibicarakan, Anda tidak akan kesulitan mencari frasa ini di internet. Setiap media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan berbagai sosial media lain juga berlomba-lomba menampilkan konten yang berhubungan dengan 'om telolet om'.

Saat membuka Facebook atau Instagram misalnya, Anda akan menemukan banyak video yang memparodikan ataupun reka ulang dan video buatan kreatif lainnya berbau om telolet om. Belum cukup sampai disini saja, frasa ini bahkan juga sempat menjadi trending topic di Twitter selama beberapa waktu.

Semua itu menunjukkan betapa populernya frasa om telolet om di kalangan masyarakat Indonesia. Seolah tak mau ketinggalan trend, bahkan para selebritas ataupun public figure di Indonesia pun juga berlomba-lomba menggunakan frasa ini, baik dalam acara-acara di televisi maupun di akun media sosialnya.

Kepopuleran frasa ini tidak hanta dirasakan di Indonesia saja, bahkan sudah merembet ke dunia internasional. Tak mau ketinggalan dengan trend yang dilakukan para selebritas dan public figure di Indonesia, selebritas dan public figure luar negeri, seperti Amerika pun turut mempopulerkan frasa ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan cuitan maupun tulisan beberapa pesohor kenamaan negeri Paman Sam itu di dalam akun media sosialnya masing-masing. Sebut saja DJ terkenal, DJ Snake, DJ Zeed dan beberapa selebritas lainnya.

Dalam sebuah tulisannya di kolom komentar akun media sosial Presiden Amerika, Donald Trump, DJ Snake menuliskan 'om telolet om' yang kemudian juga dibalas oleh DJ Zeed dengan kalimat yang sama persis. Meskipun, kita juga tidak tahu apakah mereka ini tahu arti om telolet om ini atau tidak.

Karena dua komentar DJ terkenal di akun Instagram Donald Trump ini jugalah, frasa om telolet om juga kian mendunia. Setelah komentar itu dituliskan, frasa om telolet om bahkan langsung menjadi trending topic dunia yang banyak dibicarakan di sosial media.

Tak berhenti sampai disitu saja, beberapa idol asal negeri gingseng Korea Selatan juga ternyata sudah terkena demam om telolet om. Tercatat beberapa nama besar seperti BamBam GOT7, Henry Super Junior dab Epik High juga menyebutkan frasa ini di dalam akun Instagram masing-masing.

Meskipun, konteks penggunaan dari kesemua tulisan para idol ini juga sama, yaitu mempertanyakan apa itu arti om telolet om dan bagaimana menggunakannya. Mereka juga takjub dengan fenomena om telolet om ini yang begitu ramai diperbincangkan.

Hal tersebut tak terlepas dari peran para penggemar yang suka menuliskan frasa om telolet om di kolom komentar idol papan atas Korea Selatan ini. Mungkin karena saking banyaknya penggemar yang menuliskannya, para idol ini juga tergelitik untuk mencari tahu hingga akhirnya ikut-ikutan terkena demam om telolet om.

Apa Sih Sebenarnya Arti Om Telolet Om?


Viralnya frasa om telolet om di kalangan publik figur internasional memang tak bisa dilepaskan dari para penggemar. Para penggemar ini rajin menuliskan kalimat ini di akun media sosial mereka yang kemudian memunculkan rasa ingin tahu.

Kebanyakan dari para artis yang ikut terkena demam om telolet om ini pasti awalnya menuliskan kalimat tersebut untuk menanyakan apa arti atau makna dari kalimat itu. Nah, jika sudah demikian, apakah Anda sendiri tahu apa arti om telolet om itu sebenarnya?

Jangan-jangan, Anda sendiri juga tidak tahu apa arti kata om telolet om meskipun sudah menuliskan dan menggunakan kalimat ini berkali-kali. Untuk itu penjelasan berikut akan membantu memberikan pemahaman lebih bagi Anda semua.

1. Asal Kata Om Telolet Om dan Maknanya

Awalnya, frasa om telolet om ini bisa dikategorikan dalam ragam bahasa percakapan atau bahasa lisan. Kalau dibuat menjadi bahasa tulis dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, frasa kalimat ini merupakan sebuah kalimat perintah.

Jika dijelaskan secara struktural, kalimat om telolet om sebenarnya adalah sebuah permintaan. Tepatnya adalah permintaan dari anak-anak kepada pengemudi bus agar sopir atau pengemudi bus tersebut bersedia membunyikan klakson kendaraannya yang berbunyi 'telolet'.

Berbeda dengan bahasa tulis, dalam penggunaan bahasa lisan atau percakapan, pengujar cenderung menghilangkan beberapa kata untuk mempersingkat pengucapan, asal baik penutur maupun pendengar mengerti maksud dari kalimat tersebut.

Jika ditulis secara lengkap frasa om telolet om mungkin bisa direpresentasikan dalam kalimat berikut ini "Om, tolong bunyikan klaksonnya yang berbunyi telolet dong om!" Kalimat ini jika diujarkan atau diucapkan sudah pasti terlalu panjang, sehingga kemudian disingkat menjadi om telolet om.

2. Arti Kata 'Om' Secara Bahasa

Nah, setelah mengetahui asal muasal kata om telolet om dilihat dari struktur kebahasaannya, selanjutnya Anda juga harus tahu arti om telolet om per katanya. Kalimat atau frasa ini terdiri dari 2 kata yang menyusun, yaitu kata 'om' dan kata 'telolet'. Mari kita bahas arti atau makna masing-masing kata tersebut.

Yang pertama adalah kata 'om'. Kata om ini sebenarnya merujuk pada kata panggilan untuk seorang laki-laki yang dewasa. Jika dalam istilah yang digunakan dalam silsilah keluarga, om merujuk pada saudara laki-laki dari ayah atau ibu.

Jadi om merupakan panggilan yang digunakan seorang anak untuk saudara laki-laki ibu atau ayah. Atau bisa dibilang kata 'om' ini bersinonim atau berpadanan kata dengan 'paman'.

Arti yang serupa juga berlaku di beberapa daerah di Sumatera dimana 'om' merupakan panggilan. Namun panggilannya lebih umum, tidak terbatas pada hubungan kekerabatan saja. Asalkan orang laki-laki dan berusia lebih tua dari orang yang memanggil makan akan dipanggil om.

3. Arti Kata Telolet secara Bahasa

Sedangkan kata telolet ini sebenarnya adalah bunyi dari klakson. Jadi Anda tidak akan menemukan arti ini di dalam kamus atau dimanapun. Telolet adalah peniruan dari bunyi klakson kendaraan. Ini juga serupa dengan ketika Anda menyebutkan 'din din' atau 'tet tet' untuk menirukan bunyi klakson dan bel rumah.

Jadi begitulah asal muasal penggunaan frasa 'om telolet om' serta arti om telolet om jika dilihat dari struktur bahasanya. Dengan penjelasan ini semoga Anda tidak lagi salah dalam mengartikan istilah ini ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel