2 Variasi Resep Cara Membuat Asinan Rujak Buah Rambutan

2 Variasi Resep Cara Membuat Asinan Rujak Buah Rambutan

Waktu luang Anda dapat terisi dengan resep cara membuat asinan rujak buah rambutan yang sedang tren dan unik. Kesegarannya dapat Anda rasakan saat siang hari bersama teman.

Resep cara membuat asinan rujak buah rambutan merupakan resep unik yang dapat Anda coba. Resep ini sangat cocok disantap ketika Anda menikmati waktu istirahat. Campuran rasa pedas dan manis dalam rujak ini akan membuat Anda ingin mencoba terus menerus.

Resep Cara Membuat Asinan Rujak Buah Rambutan Porsi Kecil


Resep cara membuat asinan rujak buah rambutan populer di awal 2017. Kombinasi yang unik dan baru membuat semua orang menjadi penasaran bagaimana dengan rasanya. Resep ini tren bersamaan dengan musim rambutan sehingga banyak orang yang membuatnya.

Berikut merupakan bahan dan cara yang Anda perlukan untuk membuat asinan rujak buah rambutan dalam porsi kecil. Anda dapat menyantapnya sendiri atau bersama kawan dekat.

1. Bahan asinan rujak buah rambutan

Bahan yang diperlukan dalam resep cara membuat asinan rujak buah rambutan tidaklah rumit. Anda dapat mencarinya dengan mudah di pasar. Berikut bahan yang perlu Anda beli.
  • 10 buah rambutan
  • 3 buah jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/3 sendok makan gula pasir
  • 2 cabe rawit
  • Air
2. Cara membuat asinan rujak buah rambutan

Proses pembuatan asinan rujak buah rambutan dapat dilakukan dengan cepat. Anda tidak membutuhkan alat-alat yang rumit. Bagi Anda yang tidak pandai memasak juga dapat melakukannya dengan mudah.

a. Menyiapkan buah rambutan

Sebelum menggunakan rambutan, terlebih dulu bersihkan rambutan tersebut. Kupas semua kulit rambutan sampai benar-benar bersih. Lepaskan bijinya agar memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya saat jadi asinan rujak buah rambutan.

b. Menyiapkan jeruk nipis

Jeruk nipis digunakan untuk menambah cita rasa asam dalam resep cara membuat asinan rujak buah rambutan. Iris setiap jeruk nipis menjadi 2 bagian.

Jangan lupa untuk membuang biji di dalamnya. Jika biji tersebut termakan, akan menimbulkan rasa pahit yang terasa tidak enak dalam asinan rujak buah rambutan.

c. Menyiapkan bumbu

Cuci cabe rawit akan Anda gunakan. Iris tipis-tipis cabe rawit yang telah disiapkan sebelumnya. Letakkan pada sebuah mangkuk berukuran sedang. Selanjutnya, tambahkan garam dan gula pasir sesuai takaran yang telah ditetapkan. Aduk sampai merata dan tambah air perlahan.

Coba rasakan bagaimana bumbu yang telah Anda buat. Anda dapat menambahkan bahan yang dirasa kurang untuk menambah cita rasa sesuai keinginan.

d. Mencampur bumbu dan buah

Setelah bumbu jadi, Anda dapat memasukkan buah rambutan ke dalam mangkuk tersebut. Jangan lupa untuk menyiramkan air perasan jeruk nipis. Aduk asinan rujak rambutan tersebut sampai bumbu merata ke semua buah.

e. Siap disajikan

Asinan rujak buah rambutan telah siap disajikan. Anda dapat menikmatinya di saat siang hari. Anda akan merasakan kesegaran dari buah rambutan dipadukan rasa asin, pedas, dan manis dari bumbu yang digunakan.

f. Penyimpanan

Anda dapat menyimpan asinan rujak buah di dalam kulkas untuk disantap di lain waktu. Penyimpanan dalam kulkas akan menambah kesegaran dari asinan rujak buah yang telah Anda buat. Bumbu juga akan lebih meresap masuk ke buah rambutan.

Resep Cara Membuat Asinan Rujak Buah Rambutan Porsi Besar


Resep cara membuat asinan rujak buah rambutan dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan jumlah orang yang mengkonsumsi. Anda dapat menyiapkan asinan rujak buah rambutan untuk banyak orang dalam sekali proses pembuatan.

1. Bahan asinan rujak buah rambutan

Bahan yang diperlukan untuk membuat asinan rujak buah rambutan dalam porsi yang lebih besar akan membutuhkan bumbu dan buah yang lebih banyak. Berikut merupakan buah dan bahan lain yang dapat Anda jadikan referensi.
  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 cabe rawit
  • Air
2. Cara membuat asinan rujak buah rambutan

Untuk membuat porsi yang lebih besar, Anda akan membutuhkan tenaga lebih besar dan waktu lebih lama. Pada dasarnya, cara membuat asinan rujak dari rambutan untuk porsi besar sama seperti sebelumnya. Berikut cara yang bisa Anda jadikan referensi.

a. Menyiapkan buah rambutan

Carilah buah rambutan yang terasa manis. Anda dapat melihatnya melalui kulit rambutan tersebut. Buah rambutan manis biasanya ditandai dengan warna kulit yang memerah.

Langkah pertama dalam resep cara membuat asinan rujak buah rambutan adalah mengupas buah rambutan sampai bersih. Jika perlu Anda bisa mencucinya. Hilangkan biji dari masing-masing buah. Anda dapat menyajikan buah utuh atau mengirisnya menjadi 2 bagian.

Letakkan irisan buah rambutan tersebut dalam wadah yang besar agar dapat menampung semua buah rambutan. Anda juga bisa menggunakan wadah ini untuk mencampur bahan selanjutnya.

b. Menyiapkan jeruk nipis

Cita rasa asam dari jeruk nipis dapat membuat asinan rujak buah rambutan menjadi lebih beragam. Pada resep cara membuat asinan rujak buah rambutan ini Anda disarankan menggunakan 3 buah jeruk nipis.

Iris semua jeruk nipis menjadi 2 bagian sama besar. Pisahkan biji dari buahnya agar tidak membuat asinan rujak buah rambutan menjadi pahit.

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah mengiris jeruk nipis menjadi dadu kecil. Hal tersebut akan membuat rasa asam jeruk nipis lebih merata dalam asinan rujak buah rambutan yang sedang dibuat.

c. Menyiapkan bumbu

Bumbu yang akan digunakan sesuai dengan bahan di atas. Campurkan gula pasir, garam, dan irisan cabe rawit. Secara perlahan tambahkan air ke dalam bumbu agar membuatnya lebih encer. Jumlah air yang ditambahkan dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.

Apabila rasa bumbu dirasa kurang, Anda dapat menambahkan baik gula pasir, garam, atau cabe rawit ke dalam bumbu yang Anda buat. Takaran selanjutnya dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda.

d. Mencampur bumbu dan buah

Ambil wadah berisi rambutan yang sebelumnya Anda sisihkan. Siramkan bumbu ke dalam buah rambutan. Aduk sampai bumbu merata. Jangan lupa untuk menambahkan perasan atau potongan jeruk nipis ke dalam campuran bumbu dan buah tersebut.

e. Siap disajikan

Santapan sesuai resep cara membuat asinan rujak buah rambutan siap untuk dinikmati bersama. Sajian akan terlihat unik dengan adanya kombinasi warna putih rambutan dengan air bening berbumbu.

f. Penyimpanan

Hasil dari resep cara membuat asinan rujak buah rambutan dapat disimpan dalam kulkas. Penyimpanan dalam kulkas akan meningkatkan kesegaran dari asinan rujak buah rambutan yang telah disiapkan. Selain itu, bumbu akan lebih meresap jika santapan dibiarkan dulu.

Anda dapat menyimpan santapan ini di kulkas sambil menunggu teman untuk datang. Jika asinan rujak buah rambutan yang telah Anda buat tidak habis, Anda tidak perlu khawatir untuk membuang asinan rujak buah rambutan ini. Simpan saja di kulkas dan santap di lain waktu.

Mudah bukan resep cara membuat asinan rujak buah rambutan? Anda tidak memerlukan bahan banyak dan susah dicari untuk mendapatkan sajian yang nikmat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel