3 Aplikasi dalam Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

3 Aplikasi dalam Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Foto penting yang tiba-tiba terhapus tentunya akan membuat Anda panik. Anda dapat menerapkan cara mengembalikan foto yang terhapus agar foto tersebut dapat diakses lagi.

Jika file foto penting Anda terhapus, Anda wajib tahu cara mengembalikan foto yang terhapus. Biasanya hal ini terjadi karena kelalaian pemilik perangkat atau memori rusak. Akibatnya file foto tidak bisa diakses lagi. Jangan panik terlebih dulu. Ikuti cara yang akan diuraikan berikut.

Foto yang terhapus tidak akan segera hilang dari perangkat. Umumnya file tersebut akan disimpan terlebih dahulu sampai ruang penyimpanan benar-benar penuh atau sampai batas waktu tertentu. Sebelum faktor tersebut muncul, file akan tetap tersimpan di perangkat. Inilah dasar kerja cara mengembalikan foto yang terhapus.

Penyebab Foto Tidak Bisa Diakses dan Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus


Saat ini foto lebih sering disimpan di HP atau PC. Kemudahan akses keduanya menjadikan HP dan PC sebagai tempat favorit menyimpan file foto. Hilangnya foto di perangkat terutama di HP bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor antara lain.

1. Reset factory

Setiap HP menyediakan fitur reset factory. Fitur ini dapat mengubah pengaturan menjadi pengaturan awal dan menghapus semua data dalam HP. Data yang terhapus salah satunya adalah foto. Apabila Anda membutuhkan foto yang terhapus, maka Anda perlu menerapkan cara mengembalikan foto yang terhapus.

2. Menghapus dengan sengaja

Jika ruang penyimpanan di HP semakin penuh, maka Anda harus melakukan 2 hal yaitu memindahkan foto ke perangkat lain lalu menghapus foto yang ada di HP. Sayangnya, beberapa orang lebih suka langsung menghapus foto karena tidak ribet. Apabila foto tersebut dibutuhkan lagi, maka Anda akan kebingungan mencari.

3. Perangkat rusak

Faktor ketiga yang mungkin terjadi adalah perangkat rusak. Perangkat rusak dapat terjadi secara tiba-tiba. Apabila Anda tidak terbiasa memindahkan foto ke perangkat lain, maka foto tersebut akan hilang dan tidak bisa diakses lagi.

4. Flashing ROM dan rooting

Modifikasi HP biasa dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam mengakses pengaturan. Meskipun pemilik HP akan mendapatkan kelebihan tersebut, terdapat kerugian yang mungkin akan dialami. Data salah satunya foto dalam HP setelah flashing ROM dan rooting akan hilang karena terhapus.

Salah satu masalah di atas akan membuat Anda panik apalagi foto yang terhapus adalah foto penting. Anda membutuhkan cara mengembalikan foto yang terhapus agar bisa mengakses foto tersebut lagi. Cara tersebut dapat diaplikasikan di berbagai jenis HP seperti Nokia, Samsung, dan merk lain untuk foto yang terhapus sengaja atau tidak sengaja.

Aplikasi HP Belum Root dalam Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus


Terdapat 2 jenis cara mengembalikan foto yang terhapus dari HP, yaitu untuk HP yang belum root dan sudah root. Cara yang diterapkan berbeda karena sistem dalam HP sudah berbeda. Foto di HP belum root akan lebih susah untuk dikembalikan. Perlu aplikasi yang benar-benar mampu mengembalikan foto yang telah terhapus.

Berikut merupakan tips mengembalikan foto atau file yang terhapus di HP belum root.

1. Recuva

Recuva merupakan aplikasi yang direkomendasikan oleh berbagai forum Android dalam cara mengembalikan foto yang terhapus dari HP yang belum root. Aplikasi ini terlebih dulu diinstal di PC Windows. Untuk langkah yang lebih lengkap, dapat mengikuti uraian di bawah.
  • Download Recuva terlebih dulu.
  • Hubungkan HP ke PC menggunakan card reader atau USB.
  • Setelah HP terdeteksi oleh PC, buka aplikasi Recuva.
  • Pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Disarankan memilih opsi ‘All Files’ agar semua file di memori dapat dikembalikan.
  • Pilih lokasi penyimpanan foto yang ingin dikembalikan dengan klik ‘In a specific location’. Apabila tidak ingat, pilih opsi ‘I’m not sure’.
  • Klik opsi ‘Enable deep scan’ jika diinginkan pemindaian yang lebih lengkap.
  • Klik ‘Start’ untuk memulai proses pemindaian. Tunggu sampai selesai.
  • Pilih foto yang Anda cari. Klik kanan di file tersebut. Pilih opsi ‘Recover checked’ dan pilih opsi ‘Recover’.
  • Pilih lokasi penyimpanan foto yang baru.
  • Pindahkan foto tersebut dari PC ke HP melalui card reader atau USB.

Aplikasi HP Sudah Root dalam Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus


Untuk HP yang sudah root, terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi tersebut dapat diperoleh melalui Google Play Store secara gratis. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk HP yang sudah root.

1. Undelete Recover File and Data

Aplikasi pertama sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus adalah Undelete Recover File and Data. Aplikasi yang dikembangkan oleh Farhbot ini dapat didownload secara gratis. Format yang didukung adalah format foto, SMS, dan Txt. Selain itu, Anda harus upgrade menjadi versi pro.

Untuk mengoperasikan aplikasi ini, ikuti langkah berikut.
  • Download dan instal Undelete Recover File and Data dari Google Play Store
  • Saat membuka aplikasi tersebut, akan muncul izin untuk mengakses root. Pilih opsi izinkan.
  • Pilih salah satu dari ‘Restore File’ atau ‘Restore Data’. Untuk mengembalikan foto, pilih ‘Restore File’.
  • Pilih lokasi penyimpanan file foto yang ingin dikembalikan (memori eksternal atau internal).
  • Terdapat 2 opsi untuk memindai, yaitu ‘Journal Scan’ dan ‘Deep Scan’. Opsi ‘Journal Scan’ berfungsi memindai semua file yang terhapus, sedangkan opsi ‘Deep Scan’ mengizinkan pemilik HP memilih file mana yang akan dikembalikan. Setelah memilih, klik ‘Scan’.
  • Tunggu sampai proses pemindaian selesai.
  • Pilih foto yang Anda inginkan. Klik ikon ‘Save’ yang ada di pojok atas kanan. Pilih ‘Restore Item’.
2. Disk Digger Undelete

Untuk mendapatkan foto Anda kembali, Anda dapat menggunakan aplikasi Disk Digger Undelete. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi mengembalikan foto yang telah terhapus dari HP. Format yang didukung adalah JPG, PNG, dan MP4. Apabila membutuhkan file dengan format lain, Anda harus menggunakan versi pro yang berbayar.

Berikut langkah dalam cara mengembalikan foto yang terhapus untuk mendapatkan Disk Digger Undelete.
  • Download dan instal Disk Digger Undelete dari Google Play Store.
  • Saat membuka aplikasi tersebut, akan muncul izin untuk mengakses root. Pilih opsi izinkan.
  • Notifikasi untuk upgrade ke versi pro akan muncul. Abaikan dengan memilih ‘No thanks’.
  • Pilih lokasi penyimpanan file foto yang ingin dikembalikan (memori eksternal atau internal).
  • Pilih format foto yang akan dikembalikan.
  • Aplikasi akan memindai foto yang masih bisa dikembalikan. Pilih foto yang Anda inginkan.
  • Pilih lokasi penyimpanan baru untuk file foto tersebut.
Agar Anda tidak perlu repot melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus, terapkan back up file terutama file penting secara periodik. Hal tersebut akan mencegah ruang penyimpanan menjadi penuh. Selain itu, back up file akan sangat membantu jika perangkat rusak. Anda dapat mengirim file ke perangkat lain atau menggunakan cloud untuk menyimpan data secara online.

Itulah penjelasan mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus dari HP. Jangan lupa untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan merepotkan di kemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel