3 Cara Kunci Sinyal 4G Mudah dan Pasti Berhasil

3 Cara Kunci Sinyal 4G Mudah dan Pasti Berhasil

Sering kehilangan jaringan 4G di tempat-tempat tertentu dan berganti ke jaringan 3G? Cobalah cara kunci sinyal 4G di bawah ini agar jaringan komunikasi Anda tetap berada di jaringan 4G.

Teknologi 4G sudah menjadi komponen yang harus ada dan dimiliki oleh setiap smartphone. Tahukah Anda ada cara kunci sinyal 4G yang memungkinkan sinyal Anda tetap stabil pada koneksi 4G. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna smartphone.

Jaringan 4G LTE banyak digunakan karena bisa memberikan akses internet yang cepat pada penggunanya. Selain itu, para provider telepon seluler juga memberikan keuntungan lain, yaitu harganya yang terjangkau.

Hitung saja jika Anda menggunakan jaringan 4G, provider akan memberikan harga lebih murah. Dengan membeli paket data seharga 50 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan paket data sebesar 10GB bahkan lebih.

Namun, untuk bisa menikmati kelancaran akses internet, Anda harus berada di wilayah yang dijangkau jaringan 4G. Jika tidak ada, biasanya akan secara otomatis dialihkan ke jaringan 3G. Karena itu banyak yang menggunakan cara kunci sinyal 4G agar tetap bisa menikmati kelancaran komunikasi ini.

Hal ini tentu akan merepotkan. Terutama jika Anda menggunakan paket data yang tidak menyediakan data di jaringan non 4G. Biasanya yang terjadi adalah Anda tidak akan bisa mengakses internet selama di area tersebut. Yang lebih parah, jika Anda memaksa menggunakan internet, maka akan otomatis menyedot pulsa reguler Anda.

Untuk bisa membuat jaringan komunikasi Anda tetap berada di jaringan 4G LTE ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara kunci sinyal 4G android bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah melalui pengaturan ponsel dan yang kedua adalah dengan cara cepat. Berikut penjelasannya.

Cara Mengunci Sinyal 4G LTE Langsung dari Pengaturan Ponsel


Cara kunci sinyal 4G LTE pertama bisa Anda lakukan melalui pengaturan smartphone. Cara ini bisa dilakukan dari tipe ponsel apapun karena setiap ponsel pasti memasukkan pengaturan jaringan pada ponselnya.

Jika Anda belum pernah mencobanya, cobalah cara kunci sinyal 4G yang mudah melalui pengaturan ponsel berikut ini.

1. Buka Pengaturan

Untuk bisa mengunci sinyal 4G di ponsel Anda, cara kunci sinyal 4G melalui pengaturan yang pertama adalah masuk ke menu pengaturan. Berbeda tipe ponsel biasanya letak menu pengaturannya pun berbeda.

Jika tidak bisa menemukan, Anda bisa mencari menu yang menggunakan simbol gerigi. Klik saja menu tersebut.

2. Pilih Menu Jaringan Seluler

Setelah masuk ke menu pengaturan, Anda akan melihat beberapa sub menu di dalamnya. Untuk bisa menerapkan cara kunci sinyal 4G, pilih menu jaringan. Pada beberapa jenis ponsel, menu yang digunakan untuk mengatur jaringan internet ini bernama 'Mobile network'. Pilih menu tersebut.

3. Pilih Mode Jaringan

Setelah memilih sub menu jaringan seluler, langkah selanjutnya cara pilihan menu mode jaringan yang berada di dalam menu ini. Setelah memilih menu tersebut, Anda akan melihat beragam pilihan jaringan yang bisa dipilih.

4. Pilih pada Pilihan 4G/LTE only

Langkah terakhir, saat Anda melihat berbagai pilihan yang tersedia di menu mode jaringan ini, pilih pada pilihan 4G/LTE only. Jika sudah memilih Anda bisa keluar dari menu pengaturan dan kini jaringan Anda akan terkunci pada jaringan 4G saja.

Mengunci Sinyal 4G dengan Mengetikkan Kode Tertentu


Selain melalui menu pengaturan, cara kunci sinyal 4G juga bisa dilakukan dengan mengetikkan kode tertentu. Kode ini hanya sebagai cara pintas agar pengaturan Anda lebih cepat.

1. Ketikkan Kode Tertentu pada Menu Dial Up

Untuk bisa mengunci jaringan 4G LTE Anda dengan cara ini pertama Anda harus masuk menu dial dan ketikkan kode *#*#4636#*#* pada papan tombol. Setelah mengetikkan kode ini Anda akan langsung dialihkan pada menu 'pengujian'.

2. Pilih menu 'Informasi Perangkat'

Pada tampilan menu pengujian ini Anda akan melihat beberapa menu di bawahnya. Apabila Anda menggunakan dual SIM Card, Anda akan mendapatkan pilihan 'phone information1' dan 'phone information2'. Tinggal pilih sim mana yang Anda gunakan untuk jaringan internet Anda.

3. Temukan Pilihan 'set preffered network type'

Misalnya sim card yang digunakan untuk jaringan internet ada di sim 1, maka Anda harus memilih 'phone information1'. Setelah klik menu ini selanjutnya Anda akan mendapatkan informasi nomor dan jaringan di sim Anda.

Gulir terus ke bawah hingga Anda menemukan tulisan 'set preffered network type'. Disini Anda akan melihat banyak pilihan jaringan. Cari jaringan 'LTE Only'. Tunggu beberapa saat dan tutup menu tersebut. Maka jaringan Anda akan langsung terkunci di jaringan 4G.

Mengunci Sinyal 4G dengan Kode Lain yang Lebih Oke


Apabila menggunakan cara di atas tidak berhasil, misalnya ketika mengetikkan kode yang ditunjukkan tapi tidak muncul menu seperti dijelaskan di atas, Anda bisa mencoba cara kunci sinyal 4G dengan kode lain. Biasanya kode di atas tidak bisa diterapkan pada beberapa jenis smartphone.

Oleh karena itu, bagi Anda pengguna ponsel Samsung khususnya, Anda bisa mencoba kode lain seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Masukkan kode *#0011#

Langkah pertama adalah masukkan kode *#001# pada papan tombol (dial up) Anda. Ketika memasukkan tanda # terakhir, Anda akan langsung masuk ke menu utama. Selanjutnya tekan tombol 'back' yang ada di pojok kanan atas.

2. Masukkan Huruf 'Q'

Jika sudah menekan tombol 'back' Anda akan diminta untuk memasukkan huruf Q di dalam kolom yang tersedia. Ingat masukkan huruf Q tersebut dalam format huruf kapital.

3. Input Angka 0000

Setelah menginput huruf Q, Anda akan menemukan tombol pilihan back. Tekan atau pilih menu tersebut sebanyak dua kali. Setelah itu Anda akan diminta memasukkan angka 0000.

4. Pilih pada Menu Debug Screen

Sesudah memasukkan angka tersebut Anda akan langsung dialihkan ke menu debug screen. Di dalam menu ini akan ada beberapa pilihan. Yang harus Anda lakukan pertama adalah pilih menu no 8 yaitu menu phone control. Lalu pilih lagi menu no 7 yaitu network control dan terakhir menu nomor 2 yaitu band selection.

5. Pilih Menu Band Selection

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke menu band selection. Ada beberapa menu disana. Jika Anda menggunakan sim 1 untuk layanan internet, maka Anda harus klik 'band selection SIM 1' dan begitu juga sebaiknya.

Sesudah memilih band, Anda harus memilih pada menu LTE Band1. Meskipun sim yang Anda gunakan adalah SIM2 namun untuk pilihan ini yang dipilih harus LTE Band 1. Terakhir tinggal pilih menu LTE all. Dan jaringan yang Anda gunakan akan langsung beralih ke jaringan 4G.

Masih ada cara kunci sinyal 4G lainnya yang bisa Anda gunakan, yaitu melalui aplikasi. Namun jika menggunakan aplikasi ini ponsel Anda harus dalam keadaan root yang mana nantinya akan memberi dampak tersendiri untuk ponsel Anda.

Menggunakan jaringan 4G tentu akan sangat menguntungkan bagi pengguna smartphone. Namun jika jaringannya masih sering beralih ke jaringan non 4G juga pasti mengganggu komunikasi. Oleh karena itu, dengan cara kunci sinyal 4G di atas Anda bisa membuat jaringan internet Anda tetap berada di jaringan 4G.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel