Cara Menambahkan Tulisan pada Foto dengan Aplikasi Photoshop dengan Mudah

Cara Menambahkan Tulisan pada Foto dengan Aplikasi Photoshop dengan Mudah

Anda dapat mengedit foto dengan menambahkan obyek berupa tulisan. Anda cukup menerapkan cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop.

Cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop dapat dilakukan dengan mudah. Edit foto biasa dilakukan oleh fotografer atau editor foto. Penambahan tulisan di foto dapat menambah nilai keindahan sehingga sangat berguna untuk meningkatkan kepuasan pemilik foto.

Edit foto bertujuan meningkatkan nilai foto tersebut. Aplikasi untuk edit foto sangat beragam. Namun, banyak orang yang lebih menyukai Photoshop untuk mengubah foto mereka. Hasil edit yang diperoleh dari Photoshop berbeda dengan aplikasi lain. Dalam penambahan tulisan, hasil yang diperoleh lebih enak untuk dilihat.

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak milik Adobe System yang berguna untuk mengedit gambar dan menambahkan beberapa efek. Adobe Photoshop menghadirkan berbagai versi Photoshop mulai dari Photoshop CS sampai Photoshop C6. Semakin tinggi versi Photoshop, semakin variatif fitur yang dimiliki.

Langkah dalam Cara Menambahkan Tulisan pada Foto dengan Aplikasi Photoshop


Untuk memulai cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop, Anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut.

1. Membuka aplikasi Photoshop

Langkah pertama adalah siapkan aplikasi Photoshop. Dalam cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop ini menggunakan versi CS3 Portable. Jika Anda belum memiliki aplikasi Photoshop, Anda dapat mengunduh dan memasangnya terlebih dulu.

2. Memilih gambar yang akan diedit

Langkah dalam cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop selanjutnya adalah memilih gambar. Untuk memilih gambar yang akan diedit, Anda dapat membukanya melalui Photoshop. Di bagian menu bar, klik menu File. Selanjutnya klik menu Open. Cari lokasi penyimpanan gambar yang telah Anda siapkan. Klik gambar tersebut dan enter.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah membuka gambar tersebut langsung dari lokasi penyimpanannya. Masuklah ke folder gambar yang akan diedit. Klik kanan gambar tersebut. Pilih opsi Open With. Pada windows yang muncul, cari aplikasi Photoshop. Anda akan masuk ke aplikasi dan gambar tersebut sudah siap diedit.

3. Pilih Type Tool

Langkah selanjutnya, klik ikon T yang terletak di bar samping kiri. Pilih opsi Horizontal Type Tool untuk menambahkan tulisan horizontal pada gambar Anda. Klik kursor dan tarik hingga membentuk boks untuk menuliskan teks. Ketikkan tulisan menggunakan keyboard seperti mengetik biasa.

Anda sebaiknya menyesuaikan sendiri agar tulisan menjadi proporsional dengan gambar. Tuliskan beberapa kata secara singkat dan padat. Jangan tuliskan paragraf panjang yang dapat menyebabkan foto tertutupi oleh tulisan.

Anda juga bisa menggunakan tombol pintas untuk memerintahkan Photoshop membuat teks, yaitu dengan menekan tombol T di keyboard. Setelah itu, akan muncul boks tempat menuliskan teks pada gambar.

Jika Anda ingin tahu cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop lainnya, Anda dapat menggunakan opsi Type Tool lain. Apabila Horizontal Type Tool menambahkan tulisan horizontal, maka Vertical Type Tool menambahkan tulisan vertikal dari atas ke bawah.

Fitur lain yang ada adalah Type Mask Tool yang berfungsi mengubah teks di obyek foto menjadi mask. Penggunaan Type Mask Tool akan memposisikan layer di bawah teks dan dapat mewarnai teks. Terdapat 2 jenis Type Mask Tool, antara lain horizontal dan vertikal.

4. Simpan gambar

Apabila Anda telah selesai melakukan cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop, jangan lupa untuk menyimpan foto tersebut. Klik File di bar menu, lalu pilih opsi Save As. Pilih lokasi penyimpanan foto Anda yang mudah Anda ingat. Anda dapat memilih format foto sesuai kebutuhan Anda.

Photoshop menyediakan dan mendukung banyak format untuk foto. Salah satu format foto yang dapat Anda gunakan adalah JPG atau PNG. Agar hasil lebih tajam, Anda dapat menyimpan dalam format PNG. Kekurangan format PNG adalah membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan JPG.

Cara Menambahkan Tulisan pada Foto dengan Aplikasi Photoshop dan Pengaturannya


Anda tidak hanya bisa menerapkan cara menambah kata-kata pada foto di aplikasi Photoshop, tetapi juga edit tulisan tersebut agar menjadi lebih menarik. Berikut pengaturan yang dapat Anda lakukan.

1. Mengatur ukuran tulisan

Tulisan yang telah Anda ketik dapat disesuaikan ukurannya menyesuaikan proporsi dengan gambar. Klik obyek tulisan yang ada di gambar. Pada menu bar di atas, klik menu Edit. Selanjutnya pilih opsi Free Transform. Aturlah ukuran seperlunya. Anda dapat membesarkan atau mengecilkan tulisan yang telah Anda buat.

Dalam cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop, Anda dapat memunculkan perintah tersebut melalui tombol pintas selain dari menu bar. Klik Ctrl+T pada keyboard untuk mendapatkan perintah yang sama. Dengan menggunakan tombol pintas, kerja Anda akan lebih cepat.

2. Mengubah warna teks

Cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop tidak akan lengkap jika tidak diperindah dengan mengubah warna. Warna deafult tulisan Anda adalah hitam. Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan Anda. Untuk mengubah warna, langkah pertama adalah memilih warna teks yang ada di menu bar.

Selanjutnya, klik Layers. Di bagian layer Anda akan melihat 2 obyek, yaitu gambar yang akan Anda edit dan obyek tulisan. Klik obyek tulisan berikon T sebanyak 2 kali. Tulisan di gambar akan berubah sesuai warna yang telah Anda pilih sebelumnya.

3. Memberi efek tulisan dengan klik menu FX

Agar tulisan semakin indah, Anda dapat menambahkan efek pada tulisan di foto. Tetap pilih obyek tulisan yang ada pada layer. Jika sebelumnya Anda memilih obyek tersebut, maka biasanya obyek tersebut akan tetap terpilih.

Di bawah tab Layers terdapat menu FX. Klik menu tersebut. Pilih opsi ‘Add a Layer Style’. Selanjutnya akan muncul beragam opsi yang dapat digunakan. Pilih opsi ‘Blending Options’ yang terletak di posisi paling atas.

4. Memberi efek tulisan dari menu Layer Style

Setelah menu ‘Blending Options’ diklik, akan muncul windows Layer Style. Photoshop menyediakan berbagai syle yang dapat diterapkan di tulisan Anda. Anda dapat menggunakan style yang telah disediakan langsung oleh aplikasi. Pilih menu paling atas untuk melihat style yang dimiliki oleh Photoshop.

Beberapa orang lebih menyukai menggunakan style sendiri dalam cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop. Jika ingin menggunakan style sendiri, Anda dapat mengatur dan mengkombinasikan berbagai opsi yang ada di bawah pilihan Style.

Tersedia 10 pengaturan, yaitu drop shadow, inner shadow, outer glow, inner glow, bewel and emboss, satin, color overlay, gradient overlay, pattern overlay, dan stroke. Setiap opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan memberikan efek berbeda pada tulisan.

Masing-masing opsi tersebut dapat diatur secara manual sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk klik OK setiap selesai mengatur opsi agar dapat diterapkan di tulisan.

Itulah cara menambahkan tulisan pada foto dengan aplikasi Photoshop yang dapat dilakukan secara mudah. Anda dapat mencoba berbagai efek yang didukung oleh Photoshop agar tulisan di foto menjadi lebih menarik. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel