Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami dan Pencegahannya

Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami dan Pencegahannya

Gusi bengkak dapat mengurangi rasa nyaman saat beraktivitas. Untuk mengatasi tersebut, cobalah menerapkan cara mengobati gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak sangat diperlukan bagi orang yang merasakannya. Permasalahan gusi bengkak rasanya sangat mengganggu kegiatan sehari-hari mulai dari makan sampai tidur. Akibatnya setiap kegiatan yang dilakukan dirasa tidak nyaman.

Gusi merupakan salah satu bagian dalam rongga mulut. Di dalam gusi terdapat pembuluh darah. Gusi sehat akan menunjukkan warna merah muda, tidak goyah, dan bertekstur bintik-bintik. Selain kondisi di atas, kemungkinan besar gusi sedang bermasalah apalagi sampai berdarah.

Sebelum Tahu Cara Mengobati Gusi Bengkak, Pahami Dulu Penyebabnya


Kerusakan pada gusi dapat disebabkan adanya peradangan. Peradangan dapat menjalar ke gigi bahkan mulut. Peradangan yang parah dapat membuat tulang penyangga gusi ikut rusak. Jangan abaikan gusi bengkak yang mengganggu. Perlu diketahui cara mengobati gusi bengkak agar kondisi menjadi lebih baik.

Gusi bengkak ditandai dengan adanya pembesaran salah satu bagian, warna yang terlihat berbeda, dan terkadang diikuti dengan sensasi panas. Gusi bengkak dapat disebabkan berbagai macam faktor.

1. Sisa makanan

Adanya sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menimbulkan bakteri tumbuh. Bakteri yang dibiarkan lama tinggal di rongga mulut dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Oleh karena itu, membersihkan gigi merupakan cara yang harus dilakukan beriringan dengan cara mengobati gusi bengkak.

2. Tumpukan plak dan karang gigi

Plak adalah lapisan lunak yang melekat di permukaan gigi dan tidak terlihat. Adanya plak mengakibatkan gigi menjadi lebih kuning. Plak terbentuk akibat adanya bakteri di rongga mulut. Apabila plak menumpuk dan mengeras, maka akan terbentuk karang gigi. Karang gigi dapat menimbulkan peradangan pada gusi jika tidak segera dibersihkan.

3. Hormon

Gusi bengkak akibat pengaruh hormon biasanya ditemui di perempuan hamil. Perubahan hormon pada perempuan hamil begitu signifikan sehingga dapat menimbulkan perubahan di bagian tubuh lain. Kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara dan berangsur pulih setelah proses persalinan.

4. Kurang vitamin C

Vitamin C berfungsi menguatkan jaringan ikat dalam tubuh, salah satunya adalah gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan jaringan ikat menjadi lemah sehingga menyebabkan bengkak. Sehingga konsumsi vitamin C dapat digunakan sebagai cara mencegah dan cara mengobati gusi bengkak.

5. Iritasi

Alergi pada produk-produk tertentu seperti makanan, minuman, atau produk kesehatan mulut dapat menimbulkan iritasi. Reaksi alergi tersebut menjadikan gusi akan meradang sehingga membuat Anda tidak nyaman dalam berkegiatan sehari-hari.

6. Pemasangan atribut pada gigi yang tidak sesuai

Tindakan gigi berupa pemasangan gigi palsu atau behel marak dilakukan. Tindakan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati. Pemasangan yang tidak tepat dapat membuat gusi menjadi bengkak dan menimbulkan masalah baru.

7. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu memiliki efek samping terhadap jaringan di gusi misalnya penurun tekanan darah golongan penghambat saluran kalsium, kontrasepsi hormonal, kortikosteroid, dan antiepilepsi. Apabila setelah mengkonsumsi obat terkait dan telah melakukan perawatan mulut dengan baik tetapi gusi tetap membengkak, maka perlu diperhatikan.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alam


Setelah mengetahui penyebab gusi bengkak, maka Anda perlu tahu bagaimana cara alami mengobati gusi yang bengkak. Berikut uraian singkatnya.

1. Berkumur air garam

Air garam berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gusi bengkak dan membantu mengatasi peradangan. Cara mengobati gusi bengkak ini cukup mudah. Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 250 ml air. Gunakan air tersebut untuk kumur di gusi yang bengkak dan sekitarnya.

2. Kompres dengan es atau air hangat

Terdapat 2 kondisi yang perlu diperhatikan untuk mengompres gusi bengkak. Untuk kondisi yang tidak disertai dengan nyeri, maka kompres menggunakan es batu di sekitar gusi bengkak. Sedangkan gusi bengkak yang disertai nyeri sampai berdenyut, gunakan kompres air hangat agar nyeri berkurang.

3. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan senyawa antibakteri. Anda dapat memanfaatkan lemon dengan mengusapkannya di gusi bengkak secara teratur. Cara mengobati gusi bengkak lain dengan lemon adalah berkumur menggunakan perasan 1 lemon dalam air hangat. Lakukan secara rutin sehari 3 kali agar kondisi bengkak menurun.

4. Jeruk nipis

Tidak berbeda dengan lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak alami. Gunakan air perasan 2 jeruk nipis yang dilarutkan dalam air hangat. Berkumurlah menggunakan larutan tersebut sehari 3 kali secara rutin.

5. Bawang putih dan bawang merah

Kedua bumbu dapur ini dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak karena mengandung senyawa antibakteri. Gunakan salah satunya sebanyak 1 siung. Tumbuk halus dan campurkan dengan 1 sendok teh garam. Kemudian tempelkan di bagian gusi yang bengkak. Untuk menghindari bau mulut akibat bawang, dapat ditambahkan air sirih.

6. Belimbing wuluh

Kandungan antibakteri di belimbing wuluh dapat dijadikan cara mengobati gusi bengkak. Siapkan 2 buah belimbing wuluh yang belum matang. Tumbuk atau blender sampai halus. Oleskan di bagian gusi yang bengkak dan diamkan sampai beberapa saat. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari sampai gejala gusi bengkak berkurang.

7. Jahe

Khasiat jahe sebagai antibakteri telah dikenal oleh banyak orang. Kandungan minyak atsiri yang tinggi tidak hanya berfungsi sebagai antibakteri, tetapi juga antiinflamasi. Cara yang dilakukan tidak sulit. Siapkan 1 ruas jahe dan rebus dalam air mendidih. Gunakan air tersebut untuk berkumur setiap hari setelah menggosok gigi.

8. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bahan yang digunakan dalam produksi rokok. Jangan salah, cengkeh memiliki kandungan antibakteri yang tinggi. Antibakteri berperan dalam mengatasi penyebab gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan cengkeh adalah menumbuknya sampai halus.

Hasil tumbukan dapat dilarutkan dalam air dan digunakan untuk kumur. Cara lainnya adalah menempelkan hasil tumbukan ke area gusi bengkak dan didiamkan selama beberapa saat.

Cara Mencegah setelah Menerapkan Cara Mengobati Gusi Bengkak


Mengobati gusi bengkak membutuhkan kesabaran. Setelah gusi menjadi sehat kembali, Anda harus hati-hati agar tidak mengalami permasalahan yang sama. Pencegahan lebih baik dilakukan dibandingkan melakukan cara mengobati gusi bengkak.

1. Menjaga kebersihan rongga mulut

Kebersihan rongga mulut sangat penting. Adanya bakteri dalam mulut dapat menyebabkan banyak masalah yang akan mengganggu di kemudian hari. Terapkan rutinitas menggosok gigi sehari minimal 2 kali setelah sarapan dan sebelum tidur. Agar lebih bersih, Anda juga bisa menggunakan gargle atau mouth wash.

2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah banyak mengandung vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Perbaiki pola makan dengan menambahkan menu sayur dan buah.

3. Scalling dan root planning

Melakukan scalling dan root planning sangat diperlukan untuk menghilangkan plak dan bakteri di sekitar gigi dan gusi. Kedua prosedur tersebut dapat dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali agar rongga mulut selalu bersih.

Itulah penjelasan mengenai penyebab, cara mencegah, dan cara mengobati gusi bengkak. Jagalah kebersihan rongga mulut agar senantiasa terjaga dari pertumbuhan bakteri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel