Contoh Surat Pengalaman Kerja dan Bagaimana Membuatnya

Contoh Surat Pengalaman Kerja dan Bagaimana Membuatnya

Anda ingin keluar dari tempat kerja sekarang dan mencari pekerjaan lain? Butuh surat pengalaman kerja? Perhatikan penjelasan dan contoh surat lamaran kerja berikut.

Anda ingin mendaftar pekerjaan baru dan membutuhkan surat pengalaman kerja? Perhatikan contoh surat pengalaman kerja berikut ini dan bagaimana cara penulisannya agar nantinya surat ini bisa menjadi rekomendasi tambahan ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan baru.

Surat pengalaman kerja sendiri merupakan salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat ini dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan untuk karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Karyawan tersebut kemudian keluar karena mengundurkan diri atau bisa juga karena PHK.

Karena itu para pekerja berhak mendapatkan surat pengalaman kerja agar bisa mengajukan lamaran ke perusahaan lain. Surat ini akan berisi keterangan bahwa yang bersangkutan pernah bekerja di perusahaan tersebut dan menduduki jabatan serta kinerja yang diberikan.

Penjelasan Struktur dan Contoh Surat Pengalaman Kerja


Jika Anda mencari di internet Anda akan menemukan banyak contoh surat pengalaman kerja. Dari contoh-contoh tersebut Anda bisa melihat jika surat ini hanya bisa dikeluarkan oleh bagian HRD atau yang biasa juga disebut sebagai bagian personalia.

Seperti dijelaskan sebelumnya, surat pengalaman kerja ini berfungsi untuk memudahkan para pekerja yang sudah keluar dari suatu perusahaan agar bisa melamar pekerjaan baru di perusahaan lain. Biasanya di dalam surat pengalaman kerja ini akan dijelaskan bahwa Anda pernah bekerja di perusahaan tersebut dan berkelakuan baik.

Beberapa instansi atau perusahaan bahkan juga menambahkan jabatan atau posisi yang pernah dipegang selama bekerja di perusahaan tersebut. Dalam beberapa contoh surat pengalaman kerja juga dituliskan pernyataan bahwa Anda sebagai pekerja telah bekerja dengan baik dan benar selama kurun waktu bekerja.

Ada pula perusahaan yang hanya mau mengeluarkan surat pengalaman kerja ini pada pegawai yang mengundurkan diri dengan baik-baik. Perusahaan juga tidak selalu meminta surat pengalaman kerja ini. Terkadang hanya beberapa perusahaan saja.

Untuk membuat surat pengalaman kerja, Anda bisa mencari contoh surat pengalaman kerja di internet. Namun untuk menambah informasi, Anda juga harus memperhatikan cara membuat surat pengalaman bekerja yang baik dan benar.

Dalam pembuatan surat pengalaman kerja yang baik dan benar, ada komponen atau struktur surat yang harus Anda penuhi seperti dalam membuat surat resmi lainnya. Apa sajakah struktur surat lamaran kerja yang harus dipenuhi tersebut?

1. Kop Surat

Sama seperti jenis surat resmi lainnya, hal yang harus ada dalam surat pengalaman kerja adalah kop surat. Kop surat dalam jenis-jenis surat resmi berfungsi sebagai identitas instansi atau perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut.

Di dalam kop surat ini harus ada nama perusahaan, alamat dan nomor telepon perusahaan tersebut. Ada juga perusahaan atau instansi yang menuliskan identitas lengkap hingga alamat email dan sosial media yang digunakan.

2. Judul dan Nomor

Apabila Anda memperhatikan kebanyakan contoh surat pengalaman kerja yang ada, Anda pasti menemukan judul surat yang ditulis dengan huruf kapital. Judul surat ini juga masuk dalam salah satu identitas surat. Judul surat biasanya diletakkan tepat di bawah kop surat. Lalu di bawahnya diikuti dengan nomor dokumen atau surat yang dikeluarkan.

3. Nama dan Jabatan Pembuat Surat

Masuk dalam bagian inti atau isi surat. Bagian ini adalah bagian yang pasti ditemukan dalam setiap contoh surat pengalaman kerja. Pada bagian isi yang pertama berisi nama dan jabatan pbuat surat. Jika di perusahaan pihak yang membuat biasanya memiliki jabatan HRD atau bagian personalia.

4. Nama dan Jabatan Karyawan yang Sudah Berhenti

Bagian isi surat pengalaman kerja selanjutnya adalah bagian yang juga sangat penting. Semua contoh surat pengalaman kerja pasti mencantumkan nama dan jabatan karyawan yang sudah berhenti tersebut. Data ini harus dicantumkan karena karyawan inilah yang mengajukan surat pengalaman kerja.

5. Keterangan Lama Kerja

Bagian selanjutnya yang juga harus adalah lama kerja. Bagian ini bisa dituliskan tepat di bawah data diri pihak yang mengajukan surat pengalaman kerja tersebut. Perusahaan bisa menuliskan lama kerja pihak yang bersangkutan, bisa pula diikuti dengan hari pertama bekerja hingga tanggal pengajuan surat pengunduran diri.

Beberapa contoh surat pengalaman kerja ada juga yang mencantumkan sikap karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut. Apakah karyawan tersebut bekerja dengan baik dan profesional atau tidak.

6. Tanda tangan dan Nama Terang Pembuat Surat

Bagian terakhir adalah tanda tangan dan nama terang. Bagian ini juga sangat penting karena bentuk legalitas bahwa surat yang dikeluarkan tersebut bersifat sah dan resmi dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Dengan begitu Anda bisa menggunakan surat pengalaman kerja ini untuk mengajukan lamaran ke perusahaan lain.

Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan


Berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa menemukan banyak contoh contoh surat pengalaman kerja di internet. Seperti misal salah satunya adalah contoh surat pengalaman selama bekerja berikut ini.

PT SAPHIRE BLUE
Jl. Kenangan Biru No. 13-15 Klaten, Jogjakarta
031 135647

SURAT PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah:
Nama: Muhammad Kadir Jailani
Jabatan: Manager Human Resource Development (HRD)
Mewakili Perusahaan PT Blue Saphire Dengan surat ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa:
Nama: Dimas Bintang Pratama
Alamat: Jl. Bunga Magnolia 17 Kabupaten Bantul Jogjakarta
Jabatan: Manager Training PT Saphire Blue

Bahwa nama yang disebutkan di atas adalah benar-benar karyawan yang pernah bekerka di perusahaan ini. Berdasarkan data perusahaan, pihak tersebut telak bekerja selama 5 tahun terhitung dimulai dari 15 Oktober 2014 hingga 15 Februari 2019.

Dengan surat ini juga kami pihak perusahaan menyampaikan bahwasannya yang bersangkutan selama 5 tahun mengabdi di perusahaan ini telah memberikan kontribusi terbaiknya pada perusahaan. Yang bersangkutan juga diakui telah bekerja secara profesional tanpa melakukan kesalahan apapun.

Surat ini juga menjadi penanda bahwa yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran diri atas jabatan yang dipegangnya saat ini kepada perusahaan. Pengunduran diri yang dilakukan secara sula rela dan tidak ada unsur intervensi atau paksaan dari perusahaan.

Kami atas nama perusahaan juga mengucapkan terima kasih atas segala kontribusi yang diberikan terhadap perusahaan selama 5 tahun ini. Semoga yang bersangkutan bisa menemukan pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan kapasitasnya.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jogjakarta, 17 Februari 2019

Eko Pratama Putra
Kepala HRD

Contoh surat pengalaman kerja di atas adalah salah satu contoh dari surat pengalaman kerja yang bisa Anda jadikan contoh. Masih ada banyak contoh lainnya berdasarkan institusi atau perusahaan yang mengeluarkannya. Meskipun berbeda pihak yang mengeluarkan, struktur yang digunakan juga tidak beda terlalu jauh. Yang membedakan mungkin ada beberapa bagian yang ditambahkan.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang surat pengalaman kerja dan strukturnya. Di bawahnya juga disediakan contoh surat pengalaman kerja yang bertujuan untuk membuat Anda semakin memahami bentuk dan struktur salah satu surat resmi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel