Daftar Konversi Ukuran Foto R dalam Satuan mm, cm, dan inc

Daftar Konversi Ukuran Foto R dalam Satuan mm, cm, dan inc

Ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc merupakan informasi penting yang perlu diketahui oleh fotografer atau pencetak foto.

Ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc adalah ukuran yang sering digunakan dalam dunia percetakan foto. Ukuran R terdiri atas 9 jenis, yaitu 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, 10R, 11R, dan 12R. Masing-masing memiliki konversi ukuran yang berbeda. Ukuran terkecil mulai dari 2R dan semakin besar sampai 12R.

Ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc menjadi informasi penting bagi Anda yang ingin mencetak foto. Satuan R bertujuan mempermudah penyebutan ukuran untuk foto. Namun, tanpa mengetahui ukuran sebenarnya kita tidak membayangkan seberapa besar foto yang akan dicetak.

Alasan lainnya adalah proses pembuatan foto atau edit melalui aplikasi seperti Photoshop dan CorelDraw umumnya masih menggunakan ukuran mm, cm, dan inc. Apabila kita tidak tahu konversi R ke satuan tersebut, maka akan kesulitan dalam proses pembuatan dan edit. Anda dapat mengetahui paling tidak konversi R ke salah satu satuan yang umum.

Selain itu, mengetahui ukuran R dalam foto akan membantu kita saat menentukan bingkai foto yang akan digunakan. Beberapa bingkai foto menggunakan satuan R, tetapi tidak sedikit pula yang menggunakan satuan mm, cm, dan inc. Mengetahui bahkan menghafal ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc akan mempermudah pekerjaan terkait pemilihan ukuran bingkai.

Konversi Ukuran Foto R dalam Satuan mm, cm, dan inc


Jika akan memesan sebuah foto yang akan dicetak oleh fotografer menggunakan fuji film pasti sudah hafal mengenai ukuran R. Namun, jika memesan sebuah foto yang akan dicetak di printer, maka pencetaklah yang mengaturnya sendiri menggunakan satuan mm, cm, dan inc. Inilah ukuran foto dalam mm, cm, dan inc untuk mempermudah proses pencetakan foto.

1. 2R

2R dikonversi menjadi satuan mm: 60 × 90
2R dikonversi menjadi satuan cm: 6 × 9
2R dikonversi menjadi satuan inc: 2,3 × 3,5

2. 3R

3R dikonversi menjadi satuan mm: 89 × 127
3R dikonversi menjadi satuan cm: 8,9 × 12,7
3R dikonversi menjadi satuan inc: 3,5 × 5

3. 4R

4R dikonversi menjadi satuan mm: 102 × 152
4R dikonversi menjadi satuan cm: 10,2 × 15,2
4R dikonversi menjadi satuan inc: 4 × 6

4. 5R

5R dikonversi menjadi satuan mm: 127 × 178
5R dikonversi menjadi satuan cm: 12,7 × 17,8
5R dikonversi menjadi satuan inc: 5 × 7

5. 6R

6R dikonversi menjadi satuan mm: 152 × 203
6R dikonversi menjadi satuan cm: 15,2 × 20,3
6R dikonversi menjadi satuan inc: 6 × 8

6. 8R

8R dikonversi menjadi satuan mm: 203 × 254
8R dikonversi menjadi satuan cm: 20,3 × 25,4
8R dikonversi menjadi satuan inc: 8 × 10

7. 10R

10R dikonversi menjadi satuan mm: 254 × 305
10R dikonversi menjadi satuan cm: 25,4 × 30,5
10R dikonversi menjadi satuan inc: 10 × 12

8. 11R

11R dikonversi menjadi satuan mm: 279 × 356
11R dikonversi menjadi satuan cm: 27,9 × 35,6
11R dikonversi menjadi satuan inc: 11 × 14

9. 12R

12R dikonversi menjadi satuan mm: 205 × 381
12R dikonversi menjadi satuan cm: 20,5 × 38,1
12R dikonversi menjadi satuan inc: 8 × 15

Contoh Foto yang Tidak Menggunakan Ukuran Foto R dalam Satuan mm, cm, dan inc


Pencetakan foto tidak selalu menggunakan ukuran R. Beberapa jenis foto lebih dikenal dalam satuan umum seperti cm sehingga tidak perlu menghafal ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. Ukuran foto yang biasa digunakan adalah ukuran 2 cm × 3 cm, 3 cm × 4 cm, dan 4 cm × 6 cm.

Apabila diperhatikan, ketiga ukuran tersebut lebih kecil dibandingkan ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. Ukuran tersebut telah baku terutama di Indonesia. Ketiganya sering dijadikan sebagai persyaratan dalam pengajuan dokumen atau persyaratan administrasi. Contohnya adalah foto yang digunakan dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk), persyaratan melamar kerja, dan sebagainya.

Jenis Kertas Foto yang Sesuai Ukuran Foto R dalam Satuan mm, cm, dan inc


Kertas yang digunakan untuk mencetak foto tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenis kertas memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda dapat memilih jenis kertas foto sesuai dengan kebutuhan. Semakin mahal harga sebuah kertas, semakin baik kualitas yang dihasilkan. Berikut merupakan contoh kertas yang biasa digunakan dalam pencetakan foto.

1. Glossy

Jenis kertas glossy sering digunakan dalam pencetakan foto. Ciri khas kertas glossy adalah memantulkan cahaya sehingga permukaan kertas akan terlihat mengkilap, halus, dan cemerlang. Kertas glossy tersedia dalam warna putih. Kertas glossy dapat digunakan untuk jasa cetak foto atau mencetak foto pribadi.

2. Sticker glossy

Apabila Anda ingin mencetak foto yang sekaligus dapat dijadikan sebagai stiker, Anda dapat menggunakan sticer glossy. Hasil foto sama seperti kertas glossy, yaitu memantulkan cahaya. Sticker glossy cocok untuk ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc terutama ukuran yang termasuk kecil.

3. Kanvas

Kertas kanvas umumnya dijadikan sebagai media lukis. Namun beberapa orang menggunakannya untuk mencetak foto ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. Kertas kanvas memiliki tekstur yang tidak merata dan terdapat pori-pori kecil. Hasil foto yang diperoleh adalah mirip dengan lukisan.

4. Doff

Kertas doff atau biasa dikenal dengan mette merupakan kertas yang sedikit memantulkan cahaya dan sedikit bertekstur. Penyerapan tinta di kertas doff sangat baik sehingga dapat menutupi kekurangan kualitas tinta yang digunakan untuk mencetak. Doff sering digunakan karena lebih awet. Kelebihan ini membuatnya sering menjadi alternatif dalam mencetak foto di bingkai.

5. Laster

Ingin mencari kertas foto untuk dokumen? Kertas laster mampu memberikan keunggulan yang dibutuhkan. Karakteristik kertas laster hampir mirip dengan kertas doff. Keunggulannya adalah lebih awet dibandingkan kertas doff. Foto yang dicetak di kertas laster tidak akan memudar bahkan sampai bertahun-tahun penyimpanan.

6. Inkjet

Penggunaan kertas inkjet kurang cocok untuk foto berbagai ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. kertas inkjet lebih sering dimanfaatkan untuk keperluan desain grafis seperti mencetak sketsa. Penyerapan tinta di kertas inkjet sangat baik dan cepat mengering.

Ukuran kertas foto dapat menyesuaikan ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. Jika ukuran foto lebih kecil dibandingkan ukuran kertas foto yang ada di pasaran, caranya adalah dengan menempatkan beberapa foto tersebut di sebuah kertas kemudian mengguntingnya. Anda akan mendapatkan banyak foto dari sebuah kertas.

Apabila ukuran foto lebih besar dibandingkan ukuran kertas, maka Anda bisa memanfaatkan jasa percetakan foto. Umumnya mereka menyediakan kertas foto berukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran kertas yang tersedia di pasaran.

Sekian penjelasan mengenai ukuran foto R dalam satuan mm, cm, dan inc. Diharapkan dapat membantu dalam proses mencetak foto sesuai dengan kebutuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel