Cara Mengatasi Lampu Injeksi Menyala Terus Pada Motor Vario 125

Beranda / Otomotif / Cara Mengatasi Lampu Injeksi Menyala Terus Pada Motor Vario 125

Di speedometer motor Vario 125 sudah terdapat banyak indikator untuk menunjukkan kerusakan pada motor. Namun sayangnya, banyak pemilik justru kebingungan dengan bagaimana cara mengatasi lampu injeksi menyala terus pada motor Vario 125.

Berbicara mengenai lampu indikator yang menyala terus pada speedometer motor Vario 125, sebenarnya lampu indikator tersebut juga bisa menandakan banyak kerusakan.

Oleh sebab itu, untuk bisa mematikan lampu indikator yang menyala terus, maka mau tidak mau anda harus mengatasi terlebih dahulu kerusakan di motor tersebut.

Lalu bagian manakah yang perlu anda cek kondisinya jika lampu indikator pada motor Vario 125 menyala? Untuk mengetahui lebih detailnya, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu Lampu Injeksi di Motor Vario 125?

Sebagian dari anda mungkin saja masih bingung dengan maksud dari lampu injeksi pada motor Vario 125. Maksud dari lampu injeksi tersebut sebenarnya adalah lampu indikator check engine.

Lampu tersebut bisa anda temukan di bagian atas speedometer motor Vario 125. Sebenarnya, lampu check engine ini juga bisa anda temukan di motor lain yang sudah menggunakan sistem injeksi.

Apa Fungsi Lampu Injeksi pada Motor Vario 125?

Lalu apakah sebenarnya fungsi dari adanya lampu indikator injeksi atau check engine di motor Vario 125? Seperti yang sudah disebutkan, lampu indikator yang ada di bagian speedometer itu sangat bermanfaat baik bagi pemilik maupun mekanik.

Fungsi dari lampu indikator tersebut adalah untuk memberikan informasi mengenai komponen atau bagian manakah yang mengalam kerusakan.

Jadi dengan adanya lampu indikator check engine atau injeksi tersebut, anda tidak perlu lagi menebak-nebak area yang mengalami kerusakan. Hal tersebut karena lampu ini sudah menunjukkan langsung pada anda bagian mana yang mengalami kerusakan di motor anda.

Cara Membaca Kode MIL Vario 125 yang Menyala

Karena berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai bagian manakah yang mengalami kerusakan pada motor anda, maka sudah pasti anda harus bisa membaca kodenya terlebih dahulu.

Jika anda tidak mengetahui bagaimana cara membaca kodenya, maka anda tidak akan mengetahui bagian motor yang mana yang mengalami kerusakan. Berikut ini adalah panduan untuk membaca kode lampu injeksi pada motor Honda Vario 125:

  1. Pertama, putar kunci kontak kearah ON.
  2. Kemudian, tunggu hingga lampu indikator mulai menyala.
  3. Jika lampu berkedip cepat, maka hal tersebut akan dibaca dengan 1 per kedipan.
  4. Sedangkan jika lampu berkedip panjang, maka 1 kedipan panjang diartikan sebagai 10.

Jadi misalkan setelah anda putar kunci kontak kearah ON dan lampu indikator berkedip lama dan kemudian lanjut dengan kedipan cepat sebanyak 2 kali, maka itu artinya kode yang muncul adalah kode 12.

Setelah anda mengetahui kodenya, maka anda hanya perlu melihat pada daftar kode MIL yang terdapat di buku panduan kepemilikan motor dari dealer.

Beragam Arti Kode MIL pada Motor Injeksi Honda

Jika anda sudah paham bagaimana cara membaca arti kedipan lampu injeksi pada motor Vario 125, berikut ini adalah daftar arti kode MIL dari lampu injeksi yang menyala pada motor keluaran Honda:

  • Kedipan lampu berjumlah 1

Jika total kedipan lampu injeksi pada motor Vario 125 hanya 1, maka itu artinya ada kerusakan di bagian sensor MAP. Hal ini biasanya akan membuat motor anda tidak bisa langsam ketika dalam kondisi hidup mesinnya.

  • Kedipan lampu berjumlah 7

Jika lampu injeksi pada motor Vario 125 ternyata menyala dan berkedip sebanyak 7 kali, maka itu artinya yang mengalami kerusakan adalah pada sensor temperatur motor.

Hal ini biasanya akan membuat motor Vario 125 menjadi susah untuk anda hidupkan di pagi hari. Semua itu karena sensor motor mengalami kerusakan dan menganggap mesin dalam kondisi panas terus menerus.

  • Kedipan lampu berjumlah 8

Bila lampu injeksi pada motor Vario 125 yang anda miliki menyala dan berkedip sebanyak 8 kali, maka itu artinya adalah kerusakan pada bagian sensor throttle position.

Jika anda mengalami hal ini, biasanya motor anda akan mati mesinnya setiap kali anda tarik tuas gasnya. Hal ini bisa terjadi karena sensor throttle position tidak bisa mendeteksi tarikan gas di motor anda.

  • Kedipan lampu berjumlah 11

Bila saat anda menghidupkan motor Vario 125 dan lampu indikatornya menyala sebanyak 11, maka itu artinya ada kerusakan di bagian sensor kecepatan.

Jika hal ini terjadi, maka biasanya fitur idling stop pada motor tidak akan berfungsi. Hal tersebut karena sistem tidak bisa mendeteksi berapa kecepatan motor anda saat ini.

Sebenarnya masih banyak sekali kode MIL yang bisa keluar di lampu injeksi speedometer motor Vario 125. Hanya saja, jika motor tersebut hanya anda gunakan sebagai kendaraan harian, maka biasanya kerusakannya hanya berada di kisaran itu saja.

Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Injeksi Motor Vario 125 Menyala Terus?

Cara Mengatasi Lampu Injeksi Menyala Terus Pada Motor Vario 125

Setelah paham dengan cara membaca kode kerusakan dari lampu injeksi dan juga apa arti dari masing-masing kode MIL, maka sekarang anda bisa mempelajari bagaimana cara mengatasi lampu injeksi menyala terus pada motor Vario 125.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kerusakan yang diinformasikan dari lampu injeksi motor Vario 125:

  • Cek TPS

Hal pertama yang wajib anda cek saat lampu injeksi pada motor Vario 125 menyala adalah bagian TPS. Sensor ini berada tepat di throttle body.

Untuk mengatasinya, anda bisa coba melepas sensor TPS kemudian memasangnya kembali. Dengan melakukan hal tersebut, anda sudah bisa reset TPS ke pengaturan semula.

  • Cek filter udara

Selain cek bagian TPS, anda juga bisa cek kondisi filter udara jika lampu injeksi di motor Vario 125 mulai menyala terus.

Seperti halnya sensor TPS, sistem injeksi di motor anda tidak akan bisa berfungsi optimal ketika kondisi filter udara di motor anda sudah terlalu kotor.

Oleh sebab itu, cek terlebih dahulu apakah filter udara di motor anda sudah terlalu kotor atau bahkan bocor. Jika memang sudah terlalu kotor atau bocor, ganti filter tersebut dengan yang baru.

  • Cek kondisi pulser

Jika bukan karena TPS dan juga filter udara, maka hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lampu injeksi menyala terus pada motor Vario 125 adalah dengan cek kondisi pulser.

Terkadang, lampu injeksi motor bisa menyala terus karena pulser sudah tidak bisa memberikan sinyal ke ECU ataupun CDI karena fungsinya sudah melemah.

Ketika pulser tidak bisa memberikan sinyal, maka motor akan terasa tersendat-sendat saat berjalan seperti kehabisan bahan bakar.

Lalu bagaimana jika ternyata lampu injeksi masih menyala terus namun motor Vario 125 yang anda miliki tidak mengalami kondisi apapun?

Jika hal tersebut terjadi, maka cara mengatasi lampu injeksi menyala terus pada motor Vario 125 yang paling tepat adalah membawanya ke bengkel resmi Honda terdekat. Kemungkinan besar ada kerusakan pada sistem pendeteksi kerusakan pada motor anda.