Error pada Facebook dan Cara Mengatasi Facebook Terhenti Sendiri di Android, Mudah dan Ampuh

Error pada Facebook dan Cara Mengatasi Facebook Terhenti Sendiri di Android, Mudah dan Ampuh

Facebook Anda sering error atau tiba-tiba berhenti sendiri? Cobalah cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android berikut ini.

Ada beberapa cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android yang harus dipahami oleh pengguna media sosial yang satu ini. Pasalnya, tidak jarang facebook mengalami masalah saat kita sedang asyik berkomunikasi dengan teman-teman ataupun tengah berjualan online. Untuk itu, beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini akan diulas secara lengkap berikut ini.

Error yang Sering Terjadi pada Aplikasi Facebook


Diantara beberapa jenis sosial media yang ada, Facebook menjadi yang paling populer bahkan sebelum ada media sosial kekinian. Tak jarang pengguna android juga menginstal Facebook di ponselnya. Sayangnya, pengguna Facebook sering mengeluh karena aplikasi ini terhitung sering error. Masalah yang sering dialami diantaranya sebagai berikut.

1. Aplikasinya Tidak Bisa Dibuka

Salah satu error yang sering dialami pengguna Facebook hingga harus mencari cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android adalah saat aplikasinya tidak bisa dibuka. Selain terhenti sendiri, tak jarang Facebook juga tidak bisa dibuka.

Masalah ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya aplikasi yang belum diupdate. Penyebab lain yang juga mungkin terjadi adalah karena kapasitas RAM ponsel Anda sudah habis. Karena itu ponsel sudah tidak sanggup membuka aplikasi dengan kapasitas berat seperti Facebook.

Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena koneksi internet Anda lemah. Ketika koneksi internet lemah, aplikasi Facebook tidak akan bisa dibuka dan hanya loading di halaman awal saja.

2. Muncul Pemberitahuan Error

Masalah yang juga sering dialami oleh pengguna Facebook adalah munculnya pemberitahuan error di tampilan layar saat digunakan. Masalah ini tak jarang membuat aplikasi Facebook tiba-tiba berhenti saat digunakan.

Penyebabnya juga bisa karena RAM yang tidak mencukupi atau aplikasi yang harus diupdate. Jika muncul pemberitahuan seperti ini, ada baiknya Anda segera menutup aplikasi dan segera perbaiki masalah yang terjadi.

3. Beranda Tidak Muncul

Error lain yang juga biasa dialami pengguna Facebook adalah saat membuka Facebook, pengguna tidak bisa mengarah ke halaman beranda. Error seperti ini hampir mirip dengan error sebelumnya, yaitu proses hanya loading dan tidak bisa mengarah ke halaman beranda.

Anda tidak perlu panik karena masalah ini biasa terjadi karena jaringan internet yang tidak stabil. Facebook merupakan salah satu aplikasi yang tergolong berat. Jadi ketika jaringan tidak stabil, maka proses loading juga akan berlangsung lama.

Cara Mengatasi Facebook Terhenti Sendiri dan Error Lainnya di Android


Setelah mengetahui jenis error yang sering terjadi pada Facebook, kini Anda sudah bisa mencari solusi untuk mengatasinya, baik cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android maupun error lain yang terjadi pada aplikasi Facebook. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Bersihkan Cache Aplikasi Facebook

Cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android yang paling mudah adalah dengan membersihkan cache atau data sementara di dalam aplikasi. Data ini bisa berisi history pencarian, video, gambar atau data lainnya.

Cache ini akan terus bertambah semakin banyak dengan semakin seringnya Anda menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini akan membuat aplikasi jadi semakin berat dan menyebabkan masalah atau error seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Membersihkan cache sebagai salah satu cara mengatasi Facebook error di android bisa dilakukan dengan mudah. Langkah pertama buka menu pengaturan pada perangkat Anda. Lalu cari menu aplikasi. Setelah ketemu, buka dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang Anda gunakan.

Selanjutnya, temukan aplikasi Facebook dengan menggeser ke bawah. Setelah menemukannya, Anda akan melihat beberapa pilihan di dalamnya. Pilih saja 'Hapus cache' dan semua file sementara dan sampah di dalam aplikasi Anda akan terhapus.

2. Hapus Data Aplikasi di Facebook

Selain menghapus cache atau sampah di dalam penyimpanan aplikasi, cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android juga bisa dilakukan dengan menghapus data-data yang ada di dalam aplikasi.

Berbeda dengan cache, data aplikasi ini lebih bersifat personal. Biasanya data aplikasi ini berupa informasi login akun, data akun, hingga history atau riwayat pencarian akun. Data aplikasi ini juga membuat memori penyimpanan jadi penuh. Karena itu Facebook jadi sering error.

Membersihkan data aplikasi juga menjadi salah satu cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android yang mudah. Cara ini cukup ampuh karena akan menghapus semua data yang memberatkan aplikasi Anda secara keseluruhan.

Namun konsekuensinya, Anda akan kehilangan data history pencarian bahkan ketika akan menggunakan Facebook, Anda harus login lagi. Hal ini akan merepotkan jika Anda tidak tahu id dan password untuk login.

Caranya, masuk ke menu Pengaturan lalu cari menu 'aplikasi' yang ada di dalamnya. Saat masuk menu aplikasi, Anda bisa melihat aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Cari aplikasi Facebook lalu pilih menu hapus data. Selanjutnya buka lagi Facebook dan coba masuk atau login.

3. Restart Perangkat Ponsel

Jika Anda sudah mencoba dua cara di atas namun belum berhasil memperbaiki error yang terjadi, cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android selanjutnya adalah dengan merestart perangkat ponsel Anda.

Cara ini ampuh karena akan secara otomatis merestart aplikasi-aplikasi yang ada di dalam ponsel Anda termasuk Facebook. Merestart ponsel juga akan membuat pengaturan ponsel Anda akan direset sementara.

Untuk merestart ponsel Anda, caranya Anda bisa menggunakan fitur restart yang pasti ada pada setiap ponsel. Setelah Anda memilih menu restart ini, ponsel Anda akan secara otomatis mati dan akan nyala dengan sendirinya.

Selain itu Anda juga bisa merestart dengan mematikan ponsel Anda, lalu jika memungkinkan lepaskan baterai ponsel Anda dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidupkan ponsel Anda.

4. Update atau Perbarui Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya aplikasi Facebook sering error karena Anda tidak melakukan update atau pembaruan aplikasi. Pembaruan ini biasanya akan memberikan perbaikan pada beberapa fitur sehingga meningkatkan performanya.

Nah, update aplikasi Facebook adalah cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android yang bisa Anda coba apabila cara-cara di atas masih belum berhasil. Cara ini juga sangat mudah.

Caranya, Anda bisa buka fitur Play Store pada android Anda. Lalu pilih menu dengan lambang garis tiga di bagian kiri atas layar. Selanjutnya pilih menu 'aplikasi & games saya'. Disana Anda bisa menemukan aplikasi Facebook yang Anda instal.

Terakhir lihat apakah aplikasi Anda butuh diupdate. Jika iya segera update agar aplikasi Anda bisa digunakan kembali.

5. Install/Pasang Ulang Aplikasi Facebook

Apabila semua cara yang disebutkan di atas masih belum berhasil, cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal ulang aplikasi Anda.

Sebelum menginstal ulang, ada baiknya jika Anda menguninstal lebih dulu aplikasi Facebook Anda. Jika sudah, unduh lagi aplikasi Facebook Anda dari Play Store dan instal ulang di perangkat Anda.

Itulah tadi penjelasan tentang error yang sering terjadi pada Facebook dan cara mengatasi Facebook terhenti sendiri di android. Dengan mengetahui penyebab error dan bagaimana cara mengatasinya Anda pun tidak lagi bingung ketika Facebook Anda tiba-tiba berhenti atau terjadi error.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel