Inilah Cara Transfer Uang Antar Bank melalui ATM yang Mudah

Inilah Cara Transfer Uang Antar Bank melalui ATM yang Mudah

Cara transfer uang antar bank melalui ATM menghadirkan kemudahan untuk pemindahan dana yang berbeda bank. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana caranya.

Cara transfer uang antar bank melalui ATM menjadi hal yang paling dicari bagi masyarakat saat ini. Transfer merupakan layanan yang paling dibutuhkan oleh nasabah. Kemudahan transfer melalui ATM bisa mempercepat proses transfer uang tanpa perlu antre di bank. Proses transfer melalui ATM ini bisa dilakukan untuk rekening dengan bank yang sama atau berbeda.

Dulu transfer uang harus dilakukan dari dan untuk bank yang sama. Apabila ingin mengirim ke bank lain, Anda harus mengantre di bank sesuai dengan bank tujuan. Cara ini rupanya tidak terlalu disenangi karena mempersulit nasabah. Sekarang Anda dapat mengirim uang melalui ATM untuk bank yang berbeda dengan cara transfer uang antar bank melalui ATM.

Proses transfer uang antar bank memiliki beberapa persyaratan khusus. Anda cukup membayar biaya tambahan untuk administrasi setiap transfer yang dilakukan. Selain itu, Anda perlu memasukkan kode bank tujuan sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Langkah dalam Cara Transfer Uang Antar Bank melalui ATM


Di luar kedua hal tersebut, proses transfer uang melalui ATM ke antar bank dilakukan dengan cara yang sama seperti transfer uang biasa. Berikut akan diuraikan cara transfer uang antar bank melalui ATM yang dapat dilakukan dengan mudah dan berlaku untuk semua bank.

1. Memasukkan kartu ATM

Carilah mesin ATM sesuai dengan bank Anda. Masukkan kartu ATM melalui lubang yang tersedia. Posisikan kartu ATM seperti contoh dan jangan sampai terbalik. Apabila terbalik, kartu ATM akan tertelan dan perlu bantuan untuk mengeluarkannya.

2. Pilih bahasa

Sebelum memulai cara mudah transfer dana anar bank via ATM, Anda diminta memilih bahasa yang akan digunakan untuk operasional selama transfer. Terdapat 2 pilihan, yaitu English dan Indonesia. Pilihlah Indonesia agar lebih mudah selama proses dengan menekan tombol putih yang sejajar dengan opsi tersebut.

3. Masukkan PIN (Private Identity Number)

Masukkan PIN sesuai dengan kartu ATM Anda. Jangan sampai memasukkan PIN yang salah supaya Anda dapat transfer uang. Klik tombol putih yang sejajar dengan ‘Enter’.

4. Pilih opsi transfer

Setelah memasukkan PIN, Anda akan melihat berbagai pilihan nominal untuk penarikan. Untuk melakukan transfer, tekanlah tombol yang sejajar dengan ‘Transaksi Lainnya’. Pada halaman selanjutnya, pilih opsi ‘Transfer’.

5. Pilih opsi bank lain

Di halaman selanjutnya, akan muncul pilihan ‘Ke Rekening (bank Anda)’ dan ‘Ke Rekening Bank Lain Link/ATM Bersama/Prima’. Pilih opsi kedua jika ingin mentransfer uang ke bank yang berbeda dengan bank Anda.

6. Masukkan kode bank dan kode rekening

Agar cara transfer uang antar bank melalui ATM berhasil, Anda perlu memasukkan kode bank tujuan terlebih dulu. Tekan tombol putih yang sejajar dengan ‘Menu Kode Bank’. Anda akan melihat berbagai kode bank tercantum di halaman tersebut. Carilah bank tujuan Anda dan ingat kode bank tersebut.

Setelah menemukan, pilih opsi ‘Ke Menu Sebelumnya’. Masukkan kode bank tujuan, kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan. Periksa kembali setelah Anda memasukkan kode bank tujuan dan nomor rekening tujuan serta pastikan angka yang dimasukkan sudah sesuai.

7. Masukkan nominal yang akan ditransfer

Cara transfer uang antar bank melalui ATM selanjutnya adalah memasukkan nominal yang akan ditransfer. Ketikkan angka melalui keyboard yang tersedia. Pastikan nominal yang akan ditransfer telah sesuai karena uang yang telah ditransfer tidak akan bisa kembali kecuali persetujuan pemilik rekening tujuan.

Apabila salah ketik, pilih ‘Salah’ melalui tombol di pinggir layar atau tekan ‘Delete’ di keyboard ATM. Jika nominal sudah sesuai, pilih ‘Benar’.

8. Konfirmasi transfer

Di halaman konfirmasi transfer, Anda akan melihat rekapitulasi meliputi rekening tujuan, nama penerima, jumlah uang yang akan ditransfer, dan rekening pengirim. Pilih opsi ‘Benar’ apabila sudah sesuai atau pilih opsi ‘Salah’ apabila ada yang perlu diperbaiki. Setelah klik ‘Benar’, uang akan tertransfer ke rekening tujuan.

9. Proses selesai

Setelah mengkonfirmasi nominal ke tujuan, maka Anda akan menerima bukti transfer. Simpan bukti tersebut untuk ditunjukkan ke penerima uang transfer. Cara transfer uang antar bank melalui ATM satu bank dengan bank lain tidak berbeda jauh. Jangan lupa untuk menarik kartu ATM Anda sebelum meninggalkan mesin ATM.

Kode Bank yang Digunakan di Cara Transfer Uang Antar Bank melalui ATM


Bank yang familiar dan sering digunakan mencantumkan kodenya di halaman pertama. Untuk bank lainnya akan terletak di halaman selanjutnya. Mencari kode bank tersebut di mesin ATM dapat memakan waktu sendiri. Supaya Anda lebih cepat dalam transfer uang melalui ATM, lebih baik Anda tahu kode bank tujuan.

Berikut contoh kode bank yang sering menjadi rujukan dan dapat menjadi referensi dalam cara transfer uang antar bank melalui ATM. Anda bisa mencatat kode bank tujuan berikut sebelum memulai transfer uang.

BANK
KODE BANK
BCA
14
BCA SYARIAH
536
BANK MANDIRI
8
BANK SYARIAH MANDIRI
451
BNI
9
BNI SYARIAH
9
BRI
2
BRI SYARIAH
422
BANK CIMB NIAGA
22
BANK CIMB NIAGA SYARIAH
22
BANK MUAMALAT
147
BTN
200
BANK BII MAYBANK
16
BANK BUKOPIN
441
BANK COMMONWEALTH
950
BANK DANAMON
11
BANK LIPPO
26
BANK MEGA
426
BANK OCBC NISP
28
BANK SINARMAS
153
BTPN & JENIUS
213
CITIBANK
31
INDOSAT DOMPETKU
789
PERMATA BANK
13
TELKOMSEL TCASH
911

Kode bank tersebut diperlukan jika Anda transfer antar bank termasuk ATM Link, ATM Bersama, dan Prima. Anda tidak perlu memasukkan kode apabila transfer ke bank yang sama.

Saat bertransaksi di ATM salah satunya untuk menerapkan cara transfer uang antar bank melalui ATM, Anda harus berhati-hati. Banyak modus penipuan oleh orang tidak bertanggung jawab yang beredar. Hal tersebut dapat merugikan Anda sebagai nasabah.

Tidak semua ATM dijaga oleh satpam. Apabila Anda membutuhkan ATM di malam, lebih baik carilah ATM yang berada 1 lokasi dengan bank karena biasanya ada satpam yang berjaga. Jika terpaksa, ajaklah teman untuk mengawasi kondisi sekitar.

Sebelum memulai cara transfer uang antar bank melalui ATM, cobalah untuk memeriksa mesin ATM dan kondisi sekitar. Apabila terdapat hal yang mencurigakan di mesin tersebut atau di sekitar lokasi ATM, segeralah lapor ke nomor yang tercantum di mesin ATM. Setelah itu, pindahlah ke ATM lain yang sekiranya lebih aman.

Agar lebih aman, pergilah ke ATM saat siang atau dekat dengan keramaian seperti di minimarket. Anda akan lebih aman apabila di sekitar banyak orang berlalu lalang. Kriminalitas jarang terjadi di tempat yang menjadi tempat berkumpul orang banyak.

Itulah cara transfer uang antar bank melalui ATM. Setelah mengetahui cara tersebut dan contoh kode bank, Anda akan lebih terbantu apabila ingin melakukan transfer uang antar bank. Anda tidak perlu pergi dan antre di bank yang sama dengan bank tujuan transfer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel