3 Cara Mengisi Token Listrik Mudah Tanpa Ribet

3 Cara Mengisi Token Listrik Mudah Tanpa Ribet

Kehabisan token listrik di waktu yang genting? Tak usah khawatir karena kini ada cara mengisi token listrik yang mudah dan anti ribet seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Jika Anda belum tahu bagaimana cara mengisi token listrik di rumah, tak usah khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap cara-cara yang bisa Anda lakukan. Cara mengisi token ini sangat penting untuk diketahui karena listrik termasuk kebutuhan rumah tangga yang utama. Kalau token Anda habis dan Anda tidak bisa melakukan isi ulang, pasti akan merepotkan.

Cara Mengisi Token Listrik yang Benar dan Mudah


PLN beberapa waktu lalu memberikan inovasi dengan menerapkan sistem prabayar, dimana Anda mengisi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Dengan sistem ini tentu memudahkan pengguna. Namun, pengguna juga harus tahu bagaimana cara mengisi token listrik dengan berbagai cara atau metode pengisian ulang.

Sebelumnya, Anda juga harus tahu terlebih dahulu apa itu token. Token sendiri merupakan satuan yang untuk mengisi ulang daya listrik yang diberikan oleh layanan PLN. Ketika pertama kali mendaftar untuk memasang, Anda akan diberikan 20 digit yang merupakan kode token atau angka stroom. Kode inilah yang nantinya akan digunakan saat melakukan pengisian ulang.

Nah, setelah mengetahui apa itu token, kini Anda juga harus tahu bagaimana cara mengisi token listrik prabayar. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda mulai mengisi ulang token listrik di rumah. Diantaranya adalah kartu identitas yang menunjukkan bahwa Anda adalah pengguna listrik bertip prabayar. Jika sudah kini Anda bisa menerapkan cara mengisi token listrik yang mudah dan sederhana.

1. Isi Ulang Voucher Pulsa

Langkah atau cara mengisi token listrik yang paling awal tentu saja Anda harus membeli voucher listrik terlebih dahulu. Anda bisa membeli voucher ini di tempat-tempat tertentu seperti di kantor pos, toko retail seperti Indomaret, Alfamart atau sejenisnya atau bisa juga melalui bank.

Selain di tempat-tempat yang sudah disebutkan, Anda juga bisa membeli voucher ini di loket yang secara khusus menjual voucher listrik prabayar atau melalui agen-agen penjual voucher.

Saat membeli voucher, pastikan Anda membawa kartu identitas khusus untuk pengguna listrik prabayar. Saat membeli voucher, nantinya Anda akan mendapatkan 20 digit kode token yang harus Anda masukkan untuk mengisi ulang token listrik Anda.

2. Masukkan 20 Digit Kode Token

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah membeli voucher Anda akan mendapatkan 20 digit kode token. Nah, cara mengisi token listrik selanjutnya dan merupakan langkah paling penting adalah memasukkan 20 digit kode token tersebut.

Cara memasukkan kode tokennya pun sangat mudah. Anda tinggal menekan pada papan tombol yang ada di meteran listrik di rumah Anda. Pastikan 20 digit yang Anda masukkan benar dengan melihat pada layar meter prabayar Anda. Jika sudah benar, tinggal tekan tombol enter.

3. Pastikan Sudah Muncul Tulisan 'Benar'

Sebelum menekan tombol enter, Anda harus memastikan kode token yang dimasukkan sudah benar. Cara memastikannya pun mudah, tinggal lihat setelah memasukkan 20 digit kode token tersebut.

Apabila di layar meter prabayar Anda sudah terdapat pemberitahuan berupa tulisan 'Benar' atau tulisan 'Accept'. Tulisan yang ditampilkan berbeda-beda tergantung merek token yang Anda gunakan.

4. Ulangi Langkah dari Awal jika Kode Salah

Apabila Anda sudah mengikuti langkah atau cara mengisi token listrik yang dijelaskan di atas namun pemberitahuan yang muncul justru berupa tulisan 'Salah' atau tulisan 'Reject' maka itu artinya kode yang Anda masukkan salah.

Untuk mengatasinya Anda harus mengulangi langkah pengisian dari awal, yaitu dengan memasukkan kembali 20 dogit kode token Anda. Apabila ada kesalahan, Anda bisa menghapus angka yang salah input dengan menekan tombol backspace, lalu masukkan angka yang benar.

Apabila sudah muncul tulisan 'Benar' selanjutnya tinggal tekan tombol enter. Maka token listrik Anda akan bertambah sesuai nominal voucher yang sudah Anda beli sebelumnya.

Mengisi Voucher Token Listrik dengan Transfer Pulsa


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membeli voucher token listrik bisa melalui agen-agen resmi yang sudah terdaftar sebelumnya. Agen ini tidak selalu seperti toko retail atau loket penjualan resmi seperti yang disebutkan di atas.

Orang biasa pun bisa menjadi agen penjual voucher token listrik prabayar ini. Nah hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengisi token listrik lain yang mudah. Caranya adalah dengan menukarkan pulsa yang Anda miliki dengan voucher listrik.

Syaratnya tentu saja Anda harus memiliki pulsa dengan jumlah voucher token yang ingin dibeli. Misalnya Anda ingin membeli token 100 ribu, maka setidaknya Anda harus punya pulsa 120 ribu di dalam nomor Anda.

Cara ini sebenarnya sama dengan membeli voucher pada umumnya. Bedanya jika umumnya Anda membayar dengan uang tunai, dengan cara mengisi token listrik satu ini Anda membayarnya dengan pulsa. Jadi Anda tidak perlu memberikan uang secara langsung.

Langkah pertama Anda harus sudah mengenal agen yang menjual voucher token listrik dan tentu saja Anda dekat dengan agen tersebut. Minta agen tersebut memberikan voucher token listrik dengan ganti pulsa yang Anda miliki.

Sama seperti membeli pulsa di agen, akan ads biaya transaksi yang harus Anda keluarkan. Pastikan terlebih dahulu berapa biaya transaksinya. Jika sudah, setelah voucher token Anda diisikan, maka langkah selanjutnya Anda harus melakukan transfer pulsa dengan jumlah dan biaya transaksi yang sudah disepakati sebelumnya.

Cara Mengisi Token Listrik Secara Online


Selain dengan cara membeli manual dan transfer pulsa, cara mengisi token listrik juga bisa dilakukan secara online melalui website-website resmi yang sudah disediakan. Bahkan, beberapa marketplace kini juga sudah menyediakan layanan isi ulang voucher token listrik.

Sebagai contoh, Salah satu marketplace yang menyediakan layanan pengisian voucher token listrik adalah Shopee. Langkah mengisi token listrik rumah melalui shopee ini sangat mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Aplikasi Shopee dan Pilih Menu Pulsa, PLN & Game

Langkah pertama buka aplikasi Shopee. Pada halaman utama pilih pada menu 'Pulsa, PLN & Game'. Di dalam menu ini Anda akan melihat beberapa sub menu lainnya. Selanjutnya pilih pada menu 'Listrik PLN'.

2. Masukkan nomor meter Pelanggan

Langkah selanjutnya, masukkan id pelanggan atau nomor meter pelanggan Anda. Lalu pilih juga nominal atau jumlah voucher yang ingin dibeli. Jika sudah, pastikan semuanya benar kemudian pilih metode pembayaran. Anda bisa membayar melalui ATM, kartu kredit, toko retail seperti Indomaret atau melalui shopee pay.

3. Lakukan Pembayaran untuk Mendapatkan Kode Token

Jika sudah memilih metode pembayaran, tahap selanjutnya lakukan pembayaran sesuai metode yang Ands pilih. Setelah melakukan pembayaran, tak sampai 10 menit, pembayaran Anda akan diverifikasi. Jika sudah terverifikasi, di aplikasi akan muncul pemberitahuan 20 digit kode token yang Anda butuhkan.

4. Masukkan Kode Token

Setelah mendapatkan kode token, masukkan 20 digit kode tersebut ke meteran Anda. Jika sudah memasukkan kode tokennya, langkah terakhir adalah menekan tombol pesanan diterima pada aplikasi shopee Anda. Dan, proses pembelian voucher Anda sudah berhasil.

Itulah tadi berbagai cara mengisi token listrik yang bisa Anda gunakan. Dengan kecanggihan teknologi dan inovasi yang ada, melakukan pembayaran atau pembelian apapun kini jadi semakin mudah, termasuk mengisi ulang voucher token listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel