4 Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi atau Game di Android

4 Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi atau Game di Android

Aplikasi atau game dapat memunculkan berbagai pemberitahuan. Anda dapat menghilangkannya dengan menerapkan cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android.

Cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android dapat diterapkan apabila Anda merasa terganggu dengan pemberitahuan yang bisa muncul setiap saat. Pemberitahuan yang muncul biasanya terkait pembaruan aplikasi atau game. Apabila Anda bukan termasuk orang yang nyaman dengan kumpulan pemberitahuan tersebut untuk muncul, maka sangat perlu menerapkan cara tersebut.

Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi atau Game di Android melalui Pengaturan Smartphone


Notifikasi yang berlebihan pada smartphone akan membuat baterainya menjadi lebih cepat habis. Hal tersebut disebabkan aplikasi atau game tersebut masih berjalan di balik layar. Notifikasi yang tidak penting tersebut akan bisa membuat notifikasi lain yang lebih penting tertimbun. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan cara menonaktifkan pemberitahuan di Android.

Cara tersebut dapat dilakukan di semua merk smartphone. Anda tidak perlu kesusahan dalam mengatasi permasalahan tersebut karena caranya cukup sederhana. Cara ini dilakukan pada smartphone Samsung tetapi tetap bisa dilakukan pada smartphone lain. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghentikan pemberitahuan dari aplikasi atau game.

1. Membuka Pengaturan

Cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android dapat dilakukan melalui pengaturan pada smartphone Anda. Bukalah Pengaturan yang ada di menu.

2. Pilih Aplikasi

Setelah masuk ke menu Pengaturan, Anda perlu mencari opsi Aplikasi. Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan opsi tersebut. Anda dapat mencari opsi dengan ikon kotak terbagi empat. Ikon dan nama opsi bisa berbeda setiap smartphone sehingga Anda perlu tahu smartphone Anda dengan benar.

3. Pilih opsi Manajer Aplikasi

Untuk memulai pengaturan aplikasi Anda, pilihlah opsi Manajer Aplikasi. Anda dapat menggulirkan layar sampai menemukan opsi tersebut. Tekan opsi tersebut dan tunggu sampai muncul halaman selanjutnya.

4. Memilih aplikasi atau game yang akan dinonaktifkan pemberitahuannya

Pada halaman selanjutnya Anda akan melihat beragam aplikasi yang telah terinstal di smartphone Anda. Pilihlah salah satu aplikasi atau game yang dirasa pemberitahuannya sangat mengganggu. Penerapan cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android hanya dapat dilakukan satu per satu.

Apabila Anda ingin menonaktifkan banyak aplikasi atau game, Anda harus melakukannya dengan sabar. Tentukan berapa banyak aplikasi yang akan Anda nonaktifkan, lalu terapkan cara tersebut satu per satu.

5. Masuk ke Info Lokasi

Setelah memilih aplikasi tersebut, Anda akan masuk ke halaman Info Lokasi. Di halaman tersebut Anda akan melihat beragam informasi mengenai aplikasi atau game tersebut mulai dari ruang penyimpanan yang digunakan sampai memori dari aplikasi tersebut. Melalui halaman ini, Anda juga dapat mengatur aplikasi atau game tersebut.

Pada smartphone Samsung, penerapan cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android dilakukan melalui opsi Tampilkan Notifikasi. Anda cukup menghilangkan centang pada opsi tersebut. Hasilnya pemberitahuan aplikasi atau game tersebut akan berhenti dan tidak muncul lagi.

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemberitahuan aplikasi atau game di Android Anda. Cara ini dijamin dapat bekerja. Apabila Anda menggunakan smartphone selain Samsung, maka Anda perlu menyesuaikan nama menu dan opsi yang ada di smartphone Anda.

3 Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Aplikasi atau Game di Android Lain


Selain mematikan pemberitahuan melalui pengaturan, Anda bisa menerapkan cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android lain. Cara berikut sama efektifnya dengan cara sebelumnya. Anda dapat menerapkan cara berikut ke semua smartphone.

1. Uninstal aplikasi

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat dilakukan. Anda dapat memilih untuk menginstal aplikasi atau game jika sudah tidak digunakan lagi. Uninstal aplikasi dapat dilakukan melalui menu Pengaturan atau langsung di menu.

Langkah yang diperlukan untuk uninstal melalui Pengaturan adalah masuk ke menu Pengaturan. Pilih opsi aplikasi, lalu manajer aplikasi. Gulir dan carilah aplikasi yang ingin Anda uninstal. Setelah masuk ke Info Aplikasi, terlebih dulu hapus data yang ada. Kemudian Uninstal Aplikasi tersebut. Anda tidak akan terganggu lagi dengan pemberitahuan yang mengganggu.

Jika ingin menerapkan cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android, masuklah ke menu smartphone Anda. Cari aplikasi yang ingin diuninstal. Klik dan tahan aplikasi tersebut sampai muncul ikon tempat sampah. Geser aplikasi tersebut dan masukkan ke dalam tempat sampah untuk menghapusnya.

2. Menggunakan mode Don’t Disturb

Jika Anda ingin menghentikan pemberitahuan sementara terutama saat aktivitas penting seperti rapat, Anda dapat menggunakan mode Don’t Disturb. Tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Umumnya hanya smartphone keluaran baru yang menghadirkan mode Don’t Disturb di smartphone Anda.

Fitur Don’t Disturb dapat menghentikan pemberitahuan aplikasi tetapi tidak membuatmu tertinggal dengan pemberitahuan penting. Cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android ini jarang diketahui oleh orang karena terlihat asing padahal lebih efektif untuk menonaktifkan pemberitahuan.

Cara berikut merupakan cara yang dilakukan pada Xiaomi Anda dapat menyesuaikan dengan smartphone Anda. Cara yang dapat diterapkan adalah masuk ke menu Pengaturan. Pilih opsi Sound and Vibration. Dalam berbagai opsi yang muncul pada halaman selanjutnya, pilihlah Do Not Disturb.

Pada pengaturan ini, Anda dapat mengatur dan mengelola pemberitahuan mana saja yang dapat Anda terima. Pengecualian dapat diatur dalam opsi Allow Exceptions. Centang opsi Custom dan aktifkan opsi Repeat Callers. Opsi tersebut mengizinkan pemberitahuan telepon masuk apabila dilakukan oleh nomor sama dalam waktu kurang dari 15 menit.

Anda juga dapat mengelola pemberitahuan lain yang bisa muncul dan tidak. Cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android ini mungkin lebih rumit untuk dilakukan tetapi dapat menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

3. Menonaktifkan dari pengaturan aplikasi atau game

Cara ini dapat dilakukan pada beberapa aplikasi atau game. Menonaktifkan pemberitahuan ini umumnya dapat dilakukan pada aplikasi media sosial. Setiap aplikasi memiliki pengaturan yang berbeda. Contohnya pada Facebook dan Twitter. Keduanya memiliki pengaturan berbeda terkait menonaktifkan pemberitahuan yang muncul.

Di Facebook, Anda dapat menonaktifkan pemberitahuan melalui menu Setting atau dengan klik tiga titik di kanan atas. Pilih opsi Notification Setting. Pada halaman selanjutnya Anda akan tahu dari mana saja pemberitahuan yang mungkin muncul.

Jika tidak ingin mendapatkan pemberitahuan dari teman, maka pilih Updates From Friends. Hilangkan centang pada Allow Notifications on Facebook. Anda sudah tidak lagi menerima pemberitahuan yang masuk ke smartphone dari Facebook.

Untuk Twitter, cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android dilakukan melalui Settings and Privacy. Pilih opsi Notifications, lalu pilih Push Notification. Hilangkan centang sesuai dengan pemberitahuan yang tidak ingin Anda terima.

Pengaturan melalui game berbeda untuk setiap game. Anda dapat mencari menu pengaturan, lalu mencari opsi notifikasi yang ingin dimatikan. Anda tidak akan lagi terganggu dengan pemberitahuan yang muncul di saat yang tidak diinginkan.

Itulah berbagai cara menonaktifkan pemberitahuan aplikasi atau game di Android. Anda dapat memilih salah satu cara yang Anda anggap paling mudah untuk dilakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel