Agromaret, Inovasi yang Memberikan Solusi Terbaik bagi Petani

Agromaret, Inovasi yang Memberikan Solusi Terbaik bagi Petani

Siapa bilang menjalankan bisnis di bidang pertanian itu harus menggunakan metode tradisional? Dengan adanya Agromaret, produk pertanian bisa dipasarkan lebih luas melalui marketplace.

Inovasi terbaru yang memudahkan petani adalah visi utama dari Agromaret. Dengan menerapkan konsep kekinian, online marketplace, di bidang pertanian yang umumnya dipandang hanya bisa dikerjakan secara tradisional. Kemajuan teknologi pun kini mulai merambah bidang pertanian dalam menciptakan inovasi.

Ide awal terbentuknya Agromaret ini adalah untuk menghubungkan petani dengan konsumennya melalui sistem yang lebih digemari masyarakat yaitu berupa marketplace online. Dengan begitu produk-produk yang dihasilkan oleh petani bisa dikenal dengan lebih luas.

Keunggulan Agromaret sebagai Inovasi di Bidang Pertanian yang Memudahkan


Tidak hanya produk-produk fashion, kosmetik atau elektronik saja yang kini bisa dicari dan tersedia secara online. Produk-produk pertanian pun kini bisa dicari secara online. Inovasi marketplace online dengan produk pertanian sebagai produk yang ditawarkan pun kini semakin banyak dan mudah dijumpai.

Salah satu marketplace produk pertanian yang saat ini sedang gencar dipromosikan adalah Agromaret. Marketplace ini akan memudahkan para petani untuk membangun pasar hanya dengan modal internet yang bisa diakses dengan mudah.

Di dalam situs ini tim akan menyediakan lapak yang tentu saja dalam bentuk daring untuk petani yang ingin memasarkan produknya. Begitu pula dengan konsumen yang ingin mendapatkan komoditas yang dibutuhkan. Cukup masuk ke websitenya dan temukan komoditas yang dicari.

Interfacenya sangat sederhana dan bisa dipahami dengan mudah menjadi keunggulan situs ini sehingga bisa diakses oleh siapa saja. Selain itu di dalam Agromaret ini juga terdapat 3 fitur utama, yaitu fitur permintaan, penjualan dan kerja sama.

Setiap fitur yang disediakan oleh marketplace ini terdapat verification process sebelum memasuki proses selanjutnya yang memungkinkan produk untuk ditampilkan di website ini. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan website ini karena proses verifikasi tersebut akan mencegah terjadinya tindak penipuan.

Sebenarnya masih ada lebih banyak startup yang menggunakan konsep dasar pertanian ini. Namun, sejauh ini hanya Agromaret yang secara khusus pada marketplace. Situs ini akan memberikan banyak keuntungan bagi para petani maupun konsumen yang mengaksesnya.

1. Memperluas Koneksi Bisnis Antar Petani

Keunggulan pertama yang ditawarkan oleh marketplace ini adalah memungkinkan para petani untuk memperluas koneksi bisnisnya. Dengan adanya marketplace ini para petani bisa terus mengembangkan koneksinya lebih luas karena situs ini sudah diakses di seluruh provinsi di Indonesia.

2. Membuka Peluang bagi Para Enterprenur Pertanian

Selain memperluas koneksi bisnis, keunggulan utama yang juga ditawarkan oleh marketplace ini adalah bisa membuka peluang lebih luas bagi para enterpreneur dalam bidang pertanian untuk memperkenalkan dan memasarkan komoditas unggulannya.

Ada total 119.532 enterpreneur yang sudah bergabung dengan marketplace ini dan sudah merasakan keuntungannya. Dengan anggota sebanyak itu tentu akan semakin memudahkan petani untuk memasarkan dan mempromosikan produk dan komoditas unggulannya.

3. Adanya Fitur Live Chat

Agromaret juga bekerja sama dengan tawk.to yang memungkinkan pengguna untuk melakukan live chat dengan pengguna lain di dalam website tersebut. Dengan adanya fitur ini akan semakin memudahkan pengguna untuk bertanya sekaligus menjawab segala hal berkaitan dengan produk dan komoditas yang ditawarkan.

Fitur live chat ini jugalah yang memungkinkan antar pengguna untuk saling memperluas koneksi bisnisnya. Dengan begitu fitur ini sangat membantu mempermudah komunikasi antara petani dengan konsumennya.

4. Fitur-Fitur yang Mendukung Kebutuhan Petani dan Konsumen

Sudah dijelaskan sebelumnya jika di dalam situs ini dibuat dengan 3 fitur utama yang ada di dalamnya, yaitu permintaan, penjualan dan kerja sama. Diantara ketiga fitur yang diberikan di dalam situs ini, fitur kerja sama dan permintaan salah satu keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Dengan fitur ini memungkinkan pengunjung untuk mencari komoditas dengan kualifikasi tertentu yang diinginkan. Sedangkan fitur kerja sama memungkinkan pengunjung untuk menjalin kerja sama maupun mencari investor untuk mengembangkan agrobisnisnya.

5. Harga yang Ditawarkan Lebih Kompetitif

Sebagai sebuah marketplace yang diharapkan bisa menjadi penghubung antara petani dan konsumennya, keunggulan harga yang lebih kompetitif bahkan cenderung lebih murah, merupakan keunggulan Agromaret sebagai solusi petani mendapatkan produk pertanian yang diinginkan dengan harga bersaing.

Hal ini sesuai dengan tujuan utama dibuatnya Agromaret sebagai marketplace pertanian yang menghubungkan langsung konsumen dengan pemasok maupun petani. Sebagai penghubung langsung antara petani dan konsumen tentu saja tidak ada pihak ketiga yang bisa jadi membuat harga produk jadi lebih mahal.

6. Adanya Fitur Dompet

Keunggulan berikutnya ini adalah keunggulan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh petani atau pemasok. Adanya fitur dompet di dalam situs Agromaret ini akan memudahkan pemasok atau pemilik produk untuk melihat saldo terakhir yang dimilikinya.

Fitur ini juga akan memudahkan penjual atau pemilik produk untuk mencairkan dana yang didapatkan dari hasil penjualan produknya.

7. Kemudahan Pembayaran dengan Fitur Rekening Bersama

Tidak hanya dalam menemukan produk yang sesuai dengan kualifikasi, kemudahan lain yang juga sama-sama dirasakan oleh penjual maupun konsumen adalah kemudahan dan keamanan dalam hal pembayaran dengan adanya fitur rekening bersama.

Fitur ini akan melindungi setiap transaksi yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Tak hanya itu saja, marketplace ini juga akan menjamin pengembalian dana jika memang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan.

Kekurangan Agromaret yang Perlu Diantisipasi


Setiap produk pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Sebagai bahan referensi lebih, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari marketplace pertanian ini. Hal ini bisa juga sebagai antisipasi awal jika Anda ingin memanfaatkan situs ini sekaligus bahan evaluasi dari pihak pengembang.

1. Belum Adanya Jaminan Penjual Terpercaya

Lebih dari 100.000 petani yang tergabung di dalam marketplace ini membuat Agromaret menjadi situs yang banyak dipercaya untuk mengenalkan dan memasarkan produk pertanian. Sayangnya, situs ini masih belum bisa memberikan jaminan apakah penjual yang mengiklankan produknya disini adalah penjual terpercaya.

Meskipun pada tahap verifikasi sebelum penjual memasarkan produknya disini, namun hal ini masih belum bisa 100% menjamin apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak.

2. Belum Ada Menu Multi-Language

Kekurangan selanjutnya dari situs ini adalah belum adanya menu atau pilihan multi-bahasa. Pengunjung situs yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan bisa juga dari negara lain di Indonesia tentu membutuhkan fitur multi-language ini untuk memudahkan saat mengakses.

Dengan adanya menu alih bahasa atau multi-language ini tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi penjual dan petani. Dengan adanya menu ini akan memungkinkan penjual untuk memasarkan produknya lebih luas lagi hingga luar negeri.

Menu atau fitur ini juga akan memudahkan konsumen atau pembeli yang berasal dari luar Indonesia untuk bisa menemukan produk pertanian yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Pertanian merupakan salah satu bidang yang selalu diidentikkan dengan tradisional dan konvensional. Namun dengan beberapa inovasi yang dibuat, bidang pertanian pun kini bisa tampil lebih modern dan dikenal lebih mudah. Salah satunya adalah dengan diciptakannya marketplace di bidang pertanian bernama Agromaret. Situs ini akan memberikan keuntungan lebih bagi petani maupun penjual seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel