Belajar Bahasa Inggris Semakin Mudah dengan Bantuan aplikasi Kamus Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Semakin Mudah dengan Bantuan aplikasi Kamus Bahasa Inggris

Sebagai English Learner, Anda pasti sering mengalami kesulitan menemukan arti kata untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Tak perlu khawatir, dengan aplikasi kamus Bahasa Inggris, semua masalah Anda teratasi.

Bagi Anda yang kurang lancar berbahasa Inggris, aplikasi kamus Bahasa Inggris bisa menjadi alternatif dan solusi yang tepat. Aplikasi ini akan membantu Anda menerjemahkan kata-kata maupun kalimat yang sulit, baik ke dalam bahasa Inggris maupun sebaliknya.

Aplikasinya yang mudah digunakan serta bisa didapatkan secara gratis membuat aplikasi kamus Bahasa Inggris ini menjadi pilihan utama bagi para pembelajar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Aplikasi Kamus Bahasa Inggris, Mempermudah Bagi Pembelajar Bahasa Asing


Bagi para English learner, kamus adalah hal yang harus dimiliki untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Jaman dulu, kamus selalu identik dengan buku yang tebal dan berat sehingga tidak mudah dibawa kemana-mana.

Di era teknologi seperti saat ini, perkembangan dalam dunia digital yang semakin signifikan, semua hal bisa dilakukan hanya dengan satu sentuhan jari. Termasuk dalam bidang edukasi, seperti belajar bahasa Inggris ini.

Salah satu inovasi yang memudahkan dalam bidang edukasi adalah adanya aplikasi kamus Bahasa Inggris. Aplikasi ini adalah kamus yang akan membantu pengguna saat belajar bahasa Inggris tanpa harus membawa kamus konvensional yang berat dan besar.

Fungsi adanya kamus adalah agar pengguna bisa mencari arti dari kata maupun mengartikan kata yang sulit. Untuk itu, agar Anda bisa mencari kata-kata sulit melalui aplikasi kamus bahasa Inggris dengan lebih mudah, cobalah aplikasi kamus Bahasa Inggris. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah berikut.

1. Unduh dan Instal Aplikasinya

Agar bisa menggunakan kamus digital ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Kamus Bahasa Inggris dari Play Store. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Sebelum mengunduh, pastikan kapasitas memori perangkat Anda juga mencukupi.

Setelah mengunduh aplikasinya, pastikan juga Anda langsung menginstalnya di ponsel Anda. Anda harus menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah menyetujui ketentuan yang diberikan, maka proses instalasi aplikasi akan dilanjutkan dan tinggal menunggu sampai prosesnya selesai.

2. Buka Aplikasi Kamus Bahasa Inggris

Setelah aplikasi kamus Bahasa Inggrisnya terinstal di ponsel, Anda sudah bisa menggunakannya. Buka aplikasinya untuk menggunakan dan mencari kata-kata sulit yang ingin diterjemahkan.

Untuk mengartikan kata maupun kalimat, baik dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ataupun sebaliknya, tinggal tulis kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Kalau sudah selesai, tinggal klik pada tanda panah putih yang ada di bagian kanan papan tempat Anda menuliskan kata. Setelah itu, hasil terjemahan yang Anda inginkan akan muncul secara otomatis.

3. Mengubah Bahasa

Saat menggunakan aplikasi Kamus Bahasa Inggris ini biasanya tidak hanya untuk menerjamahkan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia saja, namun juga dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Karena itu biasanya pengguna butuh untuk mengganti pengaturan bahasanya.

Untuk mengubah pengaturan bahasanya tidak sulit. Di bagian atas tampilan aplikasi ini Anda akan melihat pilihan antara bahasa Indonesia atau Inggris. Di bagian tengah kedua pilihan ini Anda akan menemukan tanda panah berlawanan. Jika ingin mengubah pengaturan bahasa, tinggal klik tanda panah tersebut.

Aplikasi Indonesian English Translator


Belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris tentu membutuhkan bantuan sumber lain yang bisa memudahkan dalam belajar. Sumber itu adalah kamus. Bagi Anda yang sedang belajar Bahasa Inggris, tak perlu khawatir jika tidak mengetahui arti dari kata atau kalimat yang sulit.

Dengan bantuan kamus digital, Anda bisa menerjemahkan kata atau kalimat yang sulit tanpa perlu membawa kamus yang berat. Selain aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi kamus Bahasa Inggris lain yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Indonesian English Translator.

Cara penggunaan aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah langkah dan cara penggunaan aplikasi Indonesian English Translator ini.

1. Donwload Aplikasi Indonesian English Translator

Agar bisa memanfaatkan fitur penerjemah dengan aplikasi ini, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini di ponsel Anda. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Indonesian English Translator juga bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store.

Meskipun aplikasi ini tidak memakan banyak ruang penyimpanan, namun Anda masih harus memastikan ruang penyimpanan di dalam ponsel Anda masih mencukupi untuk menginstal aplikasi ini.

Untuk mengunduh aplikasi kamus Bahasa Inggris ini, buka Play Store Anda terlebih dahulu. Setelah itu pada kolom pencarian ketikkan "Indonesian English Translator". Jika sudah menemukannya, Anda hanya tinggal mengikuti langkah download dan instal yang sudah disediakan dari aplikasi.

Saat mengunduh aplikasi ini, Anda akan secara otomatis menginstalnya di perangkat ponsel Anda. Karena itu tunggu hingga proses download selesai dengan sepenuhnya, karena prosesnya mungkin akan memakan sedikit waktu.

2. Buka Aplikasi

Jika proses download dan instalasi sudah selesai, biasanya Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa proses download dan installing sudah selesai, maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Selanjutnya Anda bisa membuka aplikasinya. Saat pertama kali membuka aplikasi kamus Bahasa Inggris Indonesia ini biasanya Anda akan mendapatkan pemberitahuan syarat dan ketentuan yang harus disetujui. Tinggal beri tanda centang pada kolom yang disediakan.

Setelah melakukan tahap tersebut, maka kini Anda bisa mulai menggunakan aplikasi ini. Untuk menerjemahkan kata atau kalimat sulit yang Anda butuhkan, tinggal ketikkan kata atau kalimat tersebut pada kolom yang tersedia.

3. Terjemahkan dengan Bahasa Berbeda

Hampir sama dengan aplikasi kamus Bahasa Inggris sebelumnya, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengganti pilihan bahasanya. Sebagai informasi tambahan, pada tampilan aplikasi ini Anda akan melihat dua kotak kolom, dimana kolom atas adalah kolom bahasa asal sedangkan kolom bawah adalah kolom bahasa terjemahan.

Nah, jika Anda ingin mengganti bahasa terjemahan yang ingin diterjemahkan caranya juga sangat mudah. Di bagian tengah tampilan, diantara kolom bahasa asal dan kolom bahasa terjemahan, Anda akan melihat kolom kecil dengan keterangan bahasa yang tertulis disana.

Jika Anda ingin mengganti bahasa terjemahannya, tinggal beri centang di atas bahasa yang Anda inginkan. Dengan begitu, bahasa terjemahan akan secara otomatis berganti sesuai keinginan Anda.

Kedua aplikasi yang sudah dijelaskan di atas sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebagai pengguna. Keduanya sama-sama merupakan aplikasi yang bisa digunakan walaupun tanpa ada akses internet atau aplikasi offline.

Selain bisa digunakan secara offline, keunggulan lain dari kedua aplikasi ini adalah keduanya memiliki tampilan atau interface yang mudah. Jadi siapapun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Selain keuntungan keduanya juga memiliki kekurangan yang harus diantisipasi oleh pengguna.

Baik aplikasi pertama maupun aplikasi kedua memiliki kelemahan yang hampir sama, yaitu tidak adanya rekomendasi terjemahan yang bisa dimanfaatkan untuk semakin memudahkan penerjemahan. Namun untuk aplikasi kedua, ada keunggulan lain berupa sinonim atau padanan kata lain yang bisa dipilih oleh pengguna pada kolom bahasa terjemahan.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang beberapa aplikasi kamus Bahasa Inggris yang bisa memudahkan Anda dalam memperlajari bahasa ini. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa menemukan arti kata yang sulit tanpa harus membawa kamus konvensional yang besar dan berat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel