Cara Download Driver Epson L210, Cara Instal, dan Cara Perawatan Printer

Cara Download Driver Epson L210, Cara Instal, dan Cara Perawatan Printer

Cara download driver Epson L210 dan cara instalnya sangat diperlukan agar PC atau laptop yang terhubung dapat mencetak dokumen melalui printer tersebut.

Download driver epson L210 dibutuhkan agar dapat menjalankan printer tersebut. Biasanya saat membeli printer, Anda akan mendapatkan CD yang berisi driver. Namun, ada kalanya orang lain membutuhkan driver yang berasal dari internet karena tidak memiliki CD tersebut. Cara yang diperlukan sangat mudah dan dapat diterapkan pada semua orang.

Instal Driver Printer Epson L210 tanpa Download Driver Epson L210


Setiap printer akan memberikan CD berisi driver resmi dari produsen. Jika Anda memiliki CD driver tersebut, Anda dapat langsung menggunakannya dan tidak perlu download driver Epson L210. Caranya adalah memasukkan CD tersebut ke dalam CD room PC atau laptop. Apabila laptop Anda tidak memiliki CD room, Anda dapat menggunakan perangkat tambahan.

Periksa isi tinta pada printer apakah sudah penuh atau belum sebelum mulai install. Buka isi CD tersebut, kemudian klik Install. Jangan lupa untuk membaca persetujuan sebelum memulai proses install. Proses akan memakan waktu beberapa saat. Tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai, periksa apakah Anda sudah bisa print melalui PC atau laptop tersebut.

Langkah Download Driver Epson L210


Menggunakan CD berisi driver dapat mempersingkat waktu. Namun, masalah yang menghambat seperti tidak ada CD berisi driver atau tidak tersedia CD room mengharuskan Anda download driver Epson L210. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dan menginstal driver Epson L210.

1. Download driver

Driver Epson L210 dapat dicari melalui internet. Beberapa website akan menyantumkan link untuk download driver. Driver yang disediakan biasanya merupakan salinan dari driver asli sehingga filenya tidak akan merusak PC atau laptop Anda.

Ukuran driver Epson L210 berukuran sekitar 100 MB. File yang akan didownload berupa file RAR atau ZIP. Lebih baik Anda mendownload ketika PC atau laptop terkoneksi dengan WiFi karena proses akan lebih cepat. File akan tersimpan di folder Compressed dalam folder Download yang ada pada Disk C.

2. Ekstrak file dari RAR

Setelah download driver Epson L210, masuklah ke lokasi penyimpanan file yang telah didownload. Ekstrak file RAR yang berisi driver Epson L210. Caranya adalah klik 2 kali file RAR tersebut untuk melihat file yang ada di dalamnya. Pilih opsi Extract To yang ada di menu bar di atas. Pilih lokasi penyimpanan baru.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah klik kanan pada file RAR tersebut. Pilih opsi Extract Files atau Extract Here. Pilihan akan membuat proses ekstraksi lebih cepat. File yang telah terekstrak akan otomatis tersimpan dalam folder yang sama.

3. Install driver yang ada

Setelah ekstraksi folder selesai, bukalah folder tersebut. Di dalamnya terdapat file download driver Epson L210. Pilih file InstallNavi.exe dengan klik 2 kali file tersebut. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi agreement. Lebih baik baca keseluruhan agreement tersebut agar memahami apa yang akan terjadi. Jika sudah, centang pada boks klik Next.

4. Memeriksa tinta yang ada di printer

Pada jendela selanjutnya, Anda akan diminta untuk memeriksa jumlah tinta yang ada. Pastikan tinta printer telah penuh dan posisinya sudah benar. Jika sudah benar, klik Next. Jika belum, Anda dapat mengisi tinta printer atau membenarkan posisi tabung tinta.

5. Mulai dan Pasang

Pada jendela baru, pilih Start & Connection lalu klik Instal. Tombol tersebut terletak di pojok bawah. Proses instal file download driver Epson L210 akan berlangsung. Tunggu selama beberapa saat sampai proses selesai.

6. Hubungkan PC atau laptop dengan komputer

Setelah driver terinstal, selanjutnya cobalah untuk print beberapa lembar. Hubungkan PC atau laptop dnegan printer menggunakan kabel data. Nyalakan printer sampai lampu indikator tidak berkedip lagi. Pada PC atau laptop akan muncul jendela baru. Centang boks Ink Charging is Complete. Selanjutnya klik Next.

Jendela baru akan muncul lagi. Buka salah satu pengunci tinta yang ada di atas tabung. Pastikan kunci tinta benar-benar terbuka, lalu klik Next.

7. Proses selesai

Proses pemasangan file download driver Epson L210 telah selesai. Anda dapat mulai menggunakan printer tersebut ketika ingin mencetak dokumen.

Itulah cara download driver Epson L210 dan bagaimana cara instalnya sehingga dapat digunakan untuk mencetak dokumen.

Perawatan Printer setelah Download Driver Epson L210


Setelah terpasang driver, hal yang perlu dilakukan adalah merawat printer sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam merawat printer, khususnya printer Epson L210.

1. Tidak langsung mencetak banyak

Printer memiliki kemampuan untuk mencetak banyak dokumen. Cara untuk menjaga kemampuan printer agar awet adalah tidak langsung mencetak banyak. Jika Anda membutuhkan 100 lembar, maka print setidaknya 10-20 lembar setiap siklus. Di antara siklus berikan jeda sekitar 3-5 menit.

2. Mengatur Setting dengan benar saat cetak foto

Download driver Epson L210 dapat digunakan untuk mencetak berbagai dokumen. Mencetak kertas foto berbeda dengan kertas biasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada menu Quality Option yang ada di Setting, pilih opsi Teks. Pada menu Paper Option, pilih tipe kertas foto atau glossy. Selain itu, di Print Option hilangkan semua centang yang ada.

3. Tempatkan printer di tempat yang tepat

Penempatan printer sangat penting. Posisikan printer di tempat yang sedikit tinggi agar tinta dapat tersalurkan. Bersihkan printer secara rutin agar tidak banyak debu menempel dan menyumbat saluran yang ada. Jika diperlukan, beri penutup pada printer.

4. Jangan biarkan printer menganggur

Beberapa orang mengira printer lebih baik tidak digunakan jika tidak diperlukan. Printer lebih baik digunakan secara teratur. Anda bisa print beberapa lembar setiap 2 hari. Hal tersebut akan mencegah tinta dan salurannya kering. Hal ini harus diperhatikan setelah Anda download driver Epson L210.

5. Reset setelah mencapai batas penggunaan

Setiap printer memiliki batas penggunaan. Epson L210 memiliki batas antara 1000-3000 lembar. Setelah mencapai batas tersebut, resetlah printer. Lakukan reset ini dengan teratur setiap printer mencapai batas penggunaannya. Hal ini untuk mencegah adanya kerja berlebihan pada printer Epson L210.

6. Cleaning printer

Terkadang printer akan menghasilkan cetakan dengan tinta bergaris. Hal ini bisa disebabkan adanya sumbatan. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan cleaning atau pembersihan. Pembersihan ini berlaku di bagian ujung saluran. Pemeriksaan dilakukan melalui Pengaturan Printer. Bersihkan saluran warna hitam dan warna lain secara teratur.

7. Matikan printer saat tidak digunakan

Jika printer tidak digunakan, matikan printer dengan menekan tombol on/off. Cabut kabel data yang menghubungkan PC atau laptop dengan printer. Mematikan printer saat tidak digunakan mencegah adanya korsleting di mesin printer.

Printer sangat diperlukan sehingga download driver Epson L210 akan sangat membantu. Cara yang diperlukan sangat mudah. Setelah memasang aplikasi, jagan lupa untuk selalu merawat printer agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel