Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google Sesuai Perangkat dengan Mudah

Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google Sesuai Perangkat dengan Mudah

Setiap browser akan menghasilkan riwayat. Ada efek yang dirasakan dari banyaknya riawayat browsing. Cara menghapus riwayat browsing di Google akan sangat menguntungkan.

Cara menghapus riwayat browsing di Google dapat diterapkan untuk mengurangi memori pada perangkat. Banyak orang mengabaikan cara ini sehingga menyebabkan browser menjadi lambat ketika dioperasikan. Cara ini dapat diterapkan di semua perangkat baik HP maupun PC dengan sangat mudah. Menghapus riwayat browsing lebih baik dilakukan secara rutin dalam beberapa waktu.

Tujuan Penerapan Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google


Menghapus riwayat di Google memiliki beberapa keuntungan tersendiri selain mengurangi memori pada perangkat. Keuntungannya adalah riwayat browsing tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain ketika perangkat dijual atau dipinjam. Hal ini akan mencegah kerugian pada Anda. Melihat keuntungan ini, maka sebaiknya Anda tahu cara hapus riwayat internet di Google.

Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google pada PC


Cara untuk menghapus riwayat setiap perangkat berbeda. Pada uraian pertama akan dijelaskan langkah-langkah untuk menghapus riwayat browsing yang ada di PC. Berikut cara yang harus Anda lakukan.

1. Buka Google Chrome

Riwayat browsing terekam dalam aplikasi Google Chrome atau browser lain yang digunakan. Sehingga langkah pertama yang dilakukan adalah membuka Google Chrome. Tunggu sampai Google Chrome benar-benar termuat. Anda tidak perlu terhubung dengan internet untuk membuka Google Chrome jika tidak menggunakan internet.

2. Pilih Clear Browsing Data

Untuk bisa menerapkan cara menghapus riwayat browsing di Google, Anda perlu mencari opsi untuk memerintahkannya. Caranya adalah klik tiga titik yang terletak di pojok kanan atas. Setelah muncul berbagai opsi, pilih More Tools. Arahkan kursor pada Clear Browsing Data.

Cara lain yang lebih mudah untuk dilakukan adalah menggunakan jalan pintas. Jalan pintas untuk menghapus riwayat browsing di Google adalah dengan menekan tombol Ctrl, Shift, dan Delete secara bersamaan. Dengan menekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, Anda akan langsung masuk ke halaman untuk menghapus riwayat browsing.

3. Memilih jangka waktu yang akan dihapus

Pada menu Clear Browsing Data, Anda dapat memilih sejak kapan riwayat Anda akan dihapus. Cara menghapus riwayat browsing di Google yang baik dilakukan dengan menghapus semua riwayat yang ada sehingga opsi yang sebaiknya dipilih adalah ‘The Beginning of Time’. Riwayat yang Anda miliki sejak menggunakan browser pertama kali akan terhapus.

Anda juga bisa memilih opsi lain sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda masih membutuhkan data lama, Anda dapat menghapus riwayat yang ada sejak sejam terakhir atau sehari terakhir. Semakin pendek jangka waktu yang dipilih, semakin sedikit riwayat yang akan terhapus.

4. Memilih item yang akan dihapus

Setelah memilih jangka waktu, Anda juga bisa memilih apa saja yang akan dihapus. Langkah dalam cara menghapus riwayat browsing di Google ini adalah cukup menghilangkan centang dari boks yang ada. Item yang dapat dihapus antara lain riwayat browsing, riwayat download, cache gambar dan file, cookies, dan password yang diingat oleh Google Chrome.

Sama seperti langkah sebelumnya, Anda dapat menentukan sendiri item mana saja yang akan dihapus. Apabila Anda masih membutuhkan salah satu item, maka cukup hilangkan centang yang ada. Jika ingin menghapus item tersebut, maka lakukan sebaliknya.

5. Konfirmasi penghapusan

Setelah mengatur mana saja yang harus dihapus, Anda mengkonfirmasi untuk menghapus riwayat browsing di Google. Google akan memunculka notifikasi untuk konfirmasi penghapusan riwayat browsing tersebut. Cara menghapus riwayat browsing di Google selanjutnya adalah menekan tombol ‘OK, I Got It’.

Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google pada Android


Proses untuk menghapus riwayat browsing di PC dan di HP berbeda. Hal ini disebabkan desain dan tampilan yang berbeda. Uraian di bawah ini dikhususkan cara untuk menghapus riwayat browsing di HP terutama untuk sistem operasi Android.

1. Membuka aplikasi Google Chrome

Aplikasi Chrome biasanya menjadi aplikasi bawaan di HP dan menjadi browser utama. Hal tersebut menyebabkan Chrome memiliki banyak riwayat browsing. Untuk menghapusnya, bukalah aplikasi Chrome terlebih dulu di HP.

2. Buka Pengaturan

Langkah dalam cara menghapus riwayat browsing di Google selanjutnya adalah masuk dalam menu Pengaturan. Menu ini dapat ditemukan pada tiga titik yang ada di pojok kanan atas. Klik tiga titik tersebut, lalu pilih menu Pengaturan. Bahasa yang digunakan setiap pengguna bisa berbeda. Apabila Anda menggunakan bahasa Inggris, cari Settings.

3. Pilih menu Privacy

Setelah masuk halaman Pengaturan, gulirkan layar sampai ke bagian Advanced. Di bagian tersebut Anda akan menemukan menu Privacy. Di dalamnya Anda akan menemukan menu untuk menghapus riwayat browsing sehingga pilih menu tersebut.

4. Menghapus riwayat browsing

Selanjutnya pilih Clear Browsing Data. Anda dapat menghapus riwayat dengan pengaturan dasar atau advanced. Menghapus riwayat browsing sesuai pengaturan dasar dilakukan dengan mengatur jangka waktu riwayat yang akan dihapus. Cara menghapus riwayat browsing di Google selanjutnya adalah centang boks yang ada kemudian klik Clear Data.

Pada tab advanced, pengaturan untuk menghapus riwayat lebih beragam. Anda tetap dapat mengatur jangka waktu riwayat yang akan dihapus. Pada menu advanced, Anda juga dapat menghapus password yang tersimpan dan data yang otomatis terisi. Riwayat browsing yang terhapus akan menjadi lebih banyak dibandingkan pengaturan dasar.

Centang boks yang ada. Di menu advance Anda akan tahu detail dari masing-masing riwayat yang akan dihapus. Pilih tombol Clear Data untuk menghapus riwayat browsing yang ada di Chrome.

5. Konfirmasi penghapusan

Sama seperti cara menghapus riwayat browsing di Google pada PC, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah konfirmasi proses penghapusan. Setelah klik Clear Data akan muncul pop up konfirmasi. Jika sudah yakin, klik tombol Clear. Tunggu sampai beberapa waktu agar proses penghapusa dapat berjalan sampai selesai.

Cara Menghapus Riwayat Browsing di Google pada iOS


Cara yang diperlukan untuk menghapus riwayat browsing di Google pada iOS berbeda dengan cara Android dan PC. Apabila Anda baru pertama kali menggunakan iOS, jangan khawatir bingung menggunakannya. Berikut uraian cara menghapus riwayat browsing di Google pada iOS.

1. Masuk ke riwayat browsing

Masuklah ke aplikasi Chrome yang ada pada HP Anda. Aplikasi ini biasanya selalu ada pada HP dan merupakan aplikasi bawaan. Setelah aplikasi Chrome terbuka, masuklah ke riwayat browsing dengan klik tiga titik yang ada di kanan bawah. Pilih opsi Histori.

2. Pilih item yang akan dihapus

Gulirkans sampai Anda menemukan opsi Clear Browsing Data. Pilih opsi tersebut. Pada halaman selanjutnya Anda akan melihat berbagai item yang bisa dihapus. Anda dapat mencentang item apa saja yang ingin dihapus. Apabila Anda tidak ingin menghapus beberapa item, cukup hilangkan centang tersebut.

3. Menghapus riwayat browsing

Langkah terakhir adalah memilih Clear Browsing Data yang ada di bawah. Setelah memilih opsi tersebut, akan muncul pop up konfirmasi. Cukup klik Clear Browsing Data. Setelah proses selesai, klik Done di pojok kanan atas.

Cara menghapus riwayat browsing di Google memiliki beberapa keuntungan sehingga setiap orang perlu tahu bagaimana cara penerapannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel