Contoh Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Lengkap dan Benar

Contoh Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Lengkap dan Benar

Membuat laporan pertanggungjawaban sebuah kegiatan tentu tidak mudah. Untuk itu Anda membutuhkan contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan sebagai referensi dalam membuat.

Apabila Anda sedang mencari contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan yang baik dan benar, Anda harus membaca penjelasan di bawah ini. Laporan pertanggungjawaban adalah laporan akhir yang harus dibuat oleh sebuah kepanitiaan pasca melaksanakan sebuah kegiatan tertentu.

Laporan ini berfungsi sebagai pertanggungjawaban atas dana maupun keseluruhan kegiatan dari panitia kepada pihak lain yang turut berpartisipasi dalam terselenggaranya kegiatan tersebut. Nah, berikut ini adalah contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan yang bisa Anda contoh.

Struktur dan Contoh Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan yang Baik dan Benar


Membuat sebuah laporan pertanggungjawaban yang benar tidak bisa dibilang mudah. Ada struktur dan unsur yang harus dimasukkan ke dalam laporan ini. Nah, berikut ini adalah struktur dan contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan yang baik dan benar yang bisa Anda jadikan pedoman dalam penulisannya.

Bagian pertama dalam contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan yang harus Anda cantumkan adalah judul kegiatan. Tanpa ada judul kegiatan pembaca tidak akan tahu rincian laporan pertanggungjawaban apa yang tercantum di dalamnya. Misalnya seperti contoh yang ada di bawah ini.

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Ulang Tahun Sekolah
SMA BINA BANGSA Bandung
"Anniversary of Nusa Bangsa Highschool"
Tahun 2019

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini adalah bagian prakata atau basa basi sebelum laporan pertanggungjawaban menjelaskan secara rinci tentang kegiatan dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan. Di bawah ini adalah contoh bagian pendahuluan dalam laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Segala puji dan syukur disampaikan kepada Allah SWT, dzat pemilik alam semesta yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga acara perayaan ulang tahun SMA Bina Bangsa bisa terlaksana dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Sebagai sebuah peringatan berdirinya SMA Bina Bangsa serta apresiasi kepada guru, staff pengajar, serta para siswa dalam mengembangkan sekolah ini, kami selaku panitia telah melaksanakan kegiatan peringatan ulang tahun yang dibungkus dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Sebagai sebuah bentuk apresiasi, setiap kegiatan yang dilakukan ini tidak hanya berupa kegiatan yang menyenangkan, namun juga kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar.

2. Maksud dan Tujuan

Struktur lain yang juga harus dicantumkan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban adalah maksud dan tujuan. Poin ini bertujuan untuk menjelaskan kembali maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, sebagaimana yang tertulis dalam contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan di bawah ini.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperingati hari ulang tahun SMA Bina Bangsa sekaligus memberikan apresiasi kepada seluruh warga sekolah yang telah memberikan prestasi terbaik serta mengharumkan nama sekolah.

3. Pelaksanaan Kegiatan

Poin selanjutnya yang harus dicantumkan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban ini adalah jadwal pelaksanaan kegiatan. Jadwal ini untuk menunjukkan kapan kegiatan tersebut dilangsungkan dan membutuhkan waktu berapa lama agar kegiatan tersebut terlaksana.

Karena acara perayaan ulang tahun SMA Nusa Bangsa ini adalah sebuah rangkaian, maka pelaksanaannya pun membutuhkan beberapa hari, yaitu;

a. Acara: Lomba Doodle Art
Tanggal: Kamis, 4 April 2019
Waktu : pukul 10.00 WIB-selesai
Lokasi: ruang kesenian SMA Bina Bangsa

b. Acara: lomba aransemen musik daerah
Tanggal: Kamis, 4 April 2019
Waktu: pukul 10.00-selesai
Lokasi: aula utama SMA Bina Bangsa

c. Acara: lomba permainan outdoor
Tanggal: Jumat, 5 April 2019
Waktu: pukul 07.00-selesai
Lokasi: lapangan olahraga SMA Bina Bangsa

d. Acara: sepeda santai
Tanggal: Sabtu, 6 April 2019
Waktu: pukul 06.30-selesai
Lokasi: start dan finish di halaman SMA Bina Bangsa

e. Acara: Malam Puncak Anniversary of Nusa Bangsa Highschool
Tanggal: Sabtu, 6 April 2019
Waktu: 19.00-selesai
Lokasi: aula utama SMA Bina Bangsa

4. Susunan Kepanitiaan

Struktur berikutnya yang sangat penting dan harus selalu ada di dalam laporan pertanggungjawaban kegiatan adalah susunan panitia. Karena merupakan unsur yang sangat penting, dalam setiap contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan, bagian ini selalu ditulis, baik dalam bentuk lampiran maupun tertulis langsung.

Penanggung Jawab : Kepala SMA Bina Bangsa, Yoga Suprayitno
Ketua Pelaksana: Muhammad Dimas
Sekretaris: Lita Nur Wahyuni
Bendahara: Anisa Nur Rahma
Divisi Acara: Bobby Pratama (Co), Prastia Rahmadani, Wahyu Nur Amanda, Laila Fatimah
Divisi Humas: Indra Setyawab (Co), Rahmanni Maulidina , Doni Setyawan
Divisi Dokumentasi: Ryan Firmansyah (Co) , Adelia Jelita, Nona Kayla
Divisi Konsumsi: Diana Indah Prameswari (Co), Ananda Bagus Pratama, Adinda Jelita
Sebutkan juga divisi lain yang ada dalam kepanitiaan secara lengkap.

5. Rangkaian Acara

Dalam setiap contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan, rangkaian acara juga menjadi hal yang harus dicantumkan. Hal ini karena justru rangkaian acara adalah hal utama yang harus dijabarkan dalam laporan. Apakah acara berlangsung dengan baik atau tidak biasanya juga masuk di dalam poin ini.

Kategori Lomba: Lomba menggambar doodle art, lomba permainan outdoor, sepeda santai, lomba aransemen musik daerah
Kategori non lomba: doa bersama, malam puncak perayaan
Masing-masing kategori lomba akan memperebutkan juara 1,2 dan 3 dengan hadiah yang menarik untuk setiap pemenang dalam setiap mata lomba.

6. Laporan Keuangan

Poin paling penting selanjutnya yang tak boleh dilewatkan dalam contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan adalah anggaran dana. Baik anggaran pemasukan maupun pengeluaran harus tercantum di dalamnya.

a. Sumber Dana Pemasukan
Dana dari sekolah: Rp 5 .000.000,00
Donatur & Sponsor : Rp 5.000.000,00

b. Pengeluaran
Hadiah Perlombaan: Rp 1.000.000,00
Properti Lomba: Rp 1.300.000,00
Sewa panggung & sound system: Rp 3.500.000,00
Konsumsi Panitia dan Tamu: Rp 1.200.000,00
Pembuatan Banner dan backdrop: Rp 200.000,00
Dekorasi Panggung : Rp 800.000,00
Sewa lighting: Rp 500.000,00
Dokumentasi: Rp 1.500.000,00
Kebutuhan lain-lain: Rp 500.000,00

Karena ini hanya contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan, maka penulisannya juta tidak begitu rinci. Sedangkan jika Anda nanti akan membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan yang sebenarnya, ada baiknya jika Anda mencantumkan rincian pemasukan dan pengeluaran secara benar-benar rinci.

7. Penutup

Setelah mencantumkan seluruh rangkaian kegiatan secara lengkap, alangkah lebih baik jika dokumen laporan pertanggungjawaban ini ditutup dengan baik, sama seperti pembukaannya.

Demikian laporan kegiatan ulang tahun sekolah SMA Bina Bangsa yang bertajuk "Anniversary of Bina Bangsa Highschool" yang diselenggarakan dalam rangkaian acara berupa perlombaan maupun non perlombaan.

Secara keseluruhan, rangkaian acara yang dilaksanakan selama 3 hari ini berlangsung lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Dengan adanya laporan pertanggungjawaban kegiatan ini semoga bisa menjadi pertanggungjawaban dari kami sebagai pelaksana kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

Apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penyelenggaraan maupun penyusunan laporan ini, panitia memohon maaf yang sebesar besarnya. Kritik dan saran yang membangun akan kami terima dengan berbesar hati.

Itulah tadi contoh laporan pertanggungjawaban kegiatan perayaan ulang tahun sekolah. Pada dasarnya, laporan pertanggungjawaban yang harus ditulis memiliki struktur yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, untuk memberikan referensi lebih banyak, Anda bisa melihat contoh-contoh laporan pertanggungjawaban sebuah kegiatan dengan jenis kegiatan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel