Contoh Proposal 17 Agustus untuk Kegiatan Sekolah atau RT

Contoh Proposal 17 Agustus untuk Kegiatan Sekolah atau RT

Kegiatan 17 Agustus menjadi rutinitas setiap tahunnya untuk menyambut kemerdekaan. Sebelum menyelenggarakan acara, Anda pasti butuh contoh proposal 17 Agustus.

Contoh proposal 17 Agustus sangat dibutuhkan apabila Anda ingin menyelenggarakan acara untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Hal ini sudah menjadi tradisi tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaan dengan mengadakan berbagai acara seperti lomba. Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan bentuk syukur atas kemerdekaan yang telah diperoleh dengan susah payah oleh pahlawan.

Contoh Proposal 17 Agustus di Setiap Bagian


Acara untuk menyambut 17 Agustus telah disiapkan sejak lama, umumnya 2 sampai 3 bulan sebelumnya. Panitia sudah mulai sibuk merencanakan kegiatan yang akan diselenggarakan. Mereka juga menyiapkan banyak hal lain seperti perlengkapan, mengumpulkan dana, dan mengumumkan kepada masyarakat sekitar.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah proposal acara. Pembuatan proposal diperlukan apabila Anda ingin mengajukan dana kepada kepala RT atau pihak eksternal lain. Proposal juga diperlukan jika Anda mengadakan acara dengan nama sebuah organisasi. Proposal menunjukkan bahwa persiapan acara sudah mantap dan siap dilaksanakan.

Pembuatan proposal tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa poin yang harus dicantumkan terkait acara yang akan diselenggarakan. Jika Anda baru pertama kali berperan sebagai sekretaris, pastinya Anda akan sedikit bingung bagaimana cara menyusun proposal sesuai contoh proposal 17 Agustus yang tepat. Berikut poin-poin yang harus ada dalam proposal Anda.

1. Sampul

Sampul menunjukkan identitas pembuka dalam proposal. Sampul merupakan hal pertama yang dilihat sebelum membuka proposal. Meskipun sederhana, sampul harus dibuat dengan sebaik mungkin. Dalam sampul harus tercantum minimal nama penyelenggara, logo penyelenggara, nama acara, dan waktu acara diselenggarakan.

2. Pendahuluan

Pendahuluan memuat apa yang melatarbelakangi Anda dalam menyelenggarakan sebuah acara. Jika Anda ingin menyelenggarakan acara pada 17 Agustus, maka jabarkan mengapa acara tersebut penting dan perlu diselenggarakan. Anda dapat menjelaskan secara singkat mengenai manfaat yang akan didapatkan.

Dalam contoh proposal 17 Agustus, Anda dapat menjelaskan bahwa acara 17 Agustus diselenggarakan sebagai salah satu cara untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur untuk meraih kemerdekaan. Alasan lain yang bisa digunakan untuk menyusun pendahuluan proposal adalah sebagai salah satu cara memahami arti kemerdekaan.

Anda dapat menuliskan pendahuluan proposal Anda sesuai dengan apa yang menjadi latar belakang acara tersebut diadakan. Pendahuluan tidak perlu ditulis dengan panjang dan bertele-tele. Tuliskan secara padat dan jelas sehingga orang yang membaca dapat mengerti apa yang berusaha disampaikan oleh penulis.

3. Tujuan

Tujuan dapat diisi dengan apa yang ingin dicapai setelah acara diadakan. Tujuan tersebut nantinya akan dirasakan oleh semua orang yang mengikuti acara 17 Agustus. Tujuan tidak kalah penting karena menunjukkan hal positif yang bisa Anda peroleh setelah acara selesai.

Tujuan dalam contoh proposal 17 Agustus antara lain adalah meningkatkan sportivitas dalam kompetisi, menumbuhkan persatuan dan kesatuan dengan satu sama lain, mengenang jasa pahlawan, meningkatkan kesadaran tentang besarnya jasa pahlawan, dan memunculkan rasa bangga pada tanah air.

Tujuan dapat disesuaikan dengan latar belakang masing-masing. Tidak ada ketentuan mengenai jumlah tujuan yang harus tercantum dalam sebuah proposal 17 Agustus. Anda tidak perlu menuliskan tujuan terlalu banyak. Tuliskan tujuan yang sesuai dengan latar belakang dan tidak perlu bertele-tele.

4. Peserta

Sasaran peserta acara harus tercantum dalam contoh proposal 17 Agutsus. Sasaran peserta yang jelas menunjukkan bahwa Anda tahu akan mengadakan acara untuk siapa. Sasaran peserta dapat berbeda bergantung dengan organisasi penyelenggara dan tempat pelaksanaan.

Apabila Anda ingin menyelenggarakan acara 17 Agustus di sekolah, maka peserta yang diharapkan untuk ikut adalah siswa, siswi, dan guru sekolah tersebut. Jelaskan siswa dan siswi kelas berapa yang bisa berpartisipasi. Jika Anda menulis proposal untuk acara di sebuah RT, maka peserta dapat dituliskan dengan warga anak-anak dan dewasa di RT setempat.

5. Waktu dan tempat

Sebuah acara dapat diselenggarakan apabila tersedia tempat yang memadai. Proposal 17 Agustus yang benar harus dapat menuliskan tempat acara diselenggarakan dengan detail. Pemilihan tempat yang tepat akan menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda mengadakan acara 17 Agustus di sekolah, tuliskan nama sekolah Anda dan di bagian mana acara diadakan. Misalnya, Anda dapat menulis di lapangan SMA 123 Kota Surabaya. Apabila menggunakan beberapa tempat, tuliskan setiap tempat dan pisahkan setiap tempat dengan koma. Jika Anda menyelenggarakan di RT, maka sesuaikan dengan tempat yang ada.

Waktu harus ditulis dengan hari dan tanggal agar lebih jelas. Waktu yang dituliskan dalam contoh proposal 17 Agustus biasanya tepat 17 Agustus atau selisih beberapa hari setelah hari kemerdekaan. Jangan lupa untuk mencantumkan hari dan tahun pelaksanaan.

6. Susunan kepanitiaan

Panitia penyelenggara sangat penting karena berperan dan bertanggung jawab sebagai penggerak acara 17 Agustus. Anda dapat menuliskan susunan kepanitiaan dalam isi proposal atau lampiran. Tuliskan jenis panitia dan nama lengkap orang yang menjabat.

Dalam contoh proposal 17 Agustus, susunan kepanitiaan yang tertulis mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, sampai beberapa sie. Sie yang biasanya ada antara lain, sie acara, sie dokumentasi, sie peralatan, sie kesehatan, dan lain-lain. Kebutuhan sie dan jumlah orang yang dibutuhkan dapat menyesuaikan dengan acara.

Penulisan susunan kepanitiaan di inti proposal dilakukan jika panitia tidak terlalu banyak. Apabila panitia penyelenggara sangat banyak, maka susunan kepanitiaan lebih baik dituliskan di lampiran. Anda cukup menuliskan ‘terlampir’ di bagian susunan kepanitiaan di inti proposal.

7. Rencana kerja

Contoh proposal 17 Agustus mencantumkan rencana kerja dengan menuliskan nama lomba yang akan diselenggarakan. Agar lebih jelas, lebih baik Anda menuliskan rundown acara. Tuliskan dengan detail masing-masing acara yang berlangsung dengan waktu, penanggung jawabanya, dan peralatan yang dibutuhkan.

Contohnya, untuk acara balap karung akan akan diselenggarakan pada 08.00-09.00. Balap karung akan dipegang oleh panitia A sehingga apapun yang berkaitan dengan balap karung harus menghubungi panitia A. Acara balap karung membutuhkan perlengkapan seperti karung, garis start finish, dan lain sebagainya.

Penulisan rencana kerja di contoh proposal 17 Agustus dapat menggunakan tabel agar lebih mudah disusun dan dibaca. Perencanaan kerja yang baik akan meminimalisasi adanya kesalahan. Jika terjadi kesalahan pun panitia sudah siap dengan rencana cadangan.

8. Anggaran dana

Sebuah acara pasti membutuhkan dana untuk berjalan. Uraikan anggaran dana berdasarkan pengeluaran dan pemasukan. Pengeluaran dana merupakan rincian dana yang dibutuhkan untuk membeli peralatan atau hal lain. Rincian pengeluaran dana akan lebih mudah disusun jika dikategorikan berdasarkan sie yang ada. Pemasukan ditulis jumlah dan asal dana tersebut.

9. Penutup

Bagian penutup proposal merupakan harapan mengenai keberlangsungan acara dan harapan agar proposal dapat diterima sehingga acara dapat dilaksanakan.

Itulah contoh proposal 17 Agustus yang bisa dibuat untuk acara di sekolah atau kegiatan RT. Anda dapat mengubah sesuai kebutuhan penyelenggaraan acara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel