Karir dan Biodata Cristiano Ronaldo Lengkap

Karir dan Biodata Cristiano Ronaldo Lengkap

Cristiano Ronaldo adalah pesepakbola dunia yang terkenal. Biodata Cristiano Ronaldo telah dibaca oleh banyak orang sebagai motivasi diri sendiri untuk terus berprestasi.

Biodata Cristiano Ronaldo secara lengkap selalu menjadi incaran bagi penggemarnya. Pemain berjuluk CR7 ini memang memiliki segudang prestasi yang tentunya tidak semua pesepakbola miliki. Hal inilah yang membuat namanya terus melejit dan bukan lagi sebagai atlet profesional tetapi juga publik figur yang cukup tersohor di dunia.

Mengenal Lebih Dekat dengan Mengetahui Biodata Cristiano Ronaldo


Sepak bola merupakan salah satu olah raga favorit di dunia. Pemain-pemain sepak bola menjadi populer apabila mereka berhasil membawakan sebuah prestasi untuk klub atau tim nasional mereka. Salah satu pemain yang sangat diidolakan oleh orang-orang adalah Cristiano Ronaldo. Dengan berbagai prestasi yang gemilang membuat nama CR7 selalu dielu-elukan.

Penggemar CR7 tidak hanya dari kalangan pria saja, melainkan juga anak-anak dan wanita. Skill sepakbolanya yang mumpuni ditambah dengan penampilan fisik yang mempesona berhasil menarik perhatian siapapun. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan profil Cristano Ronaldo.

1. Profil pribadi

Cristiano Ronaldo memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro. Cristiano, sapaan akrabnya, lahir pada 5 Februari 1985 di Funchal, Portugal. Ia merupakan anak bungsu dari 4 bersodara dari pasangan Jose Dinis Averio dan Maria Dolores dos Santos Averio. Sebagai atlet sepak bola, Ronaldo memiliki tinggi mencapai 1,87 m. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri dalam bola-bola udara.

2. Karir junior dalam sepak bola

Ronaldo baru masuk dalam klub saat usia 8 tahun atau pada 1993. Saat itu Ronaldo masuk dalam klub Andorinha. Dua tahun kemudian, Ronaldo pindah ke klub lain yaitu Nacional. Pada 1997, Ronaldo pindah ke Sporting Lisboa. Dalam mengikuti klub junior, Ronaldo berhasil mendapatkan berbagai pengalaman dan kemampuan dalam bermain sepak bola.

3. Karir senior dalam sepak bola

Biodata Cristiano Ronaldo mencatat bahwa karir seniornya dimulai ketika Ronaldo masuk ke Sporting Lisboa pada 2001. Kemampuannya di Sporting Lisboa berhasil memikat pelatih beberapa klub hingga akhirnya Ronaldo bergabung ke Manchester United pada 2003. Ronaldo hanya bertahan sampai 2009 sebelum dia memutuskan untuk pindah ke Real Madrid. Namun, di tahun 2018 ia memutuskan hijrah ke klub terbarunya yakni Juventus hingga sekarang.

Posisi yang dipegang adalah penyerang atau sayap kiri. Dalam biodata Cristiano Ronaldo, posisi penyerang sayap menjadi posisi favoritnya karena dapat menyerang musuh dengan lebih mudah. Melalui posisi bermain ini, Ronaldo dapat menyerang musuh dengan tendangan-tendangan jarak jauh atau sambil menerobos pertahanan lawan.

Ciri khas yang selalu diingat oleh penggemar Ronaldo adalah nomor punggungnya saat membela klub maupun tim nasional. Ronaldo menggunakan nomor 7 dan dianggap sebagai nomor keberuntungan yang berhasil membawanya menjadi pemain terbaik dunia. Tidak heran jika kostum bernomor punggung 7 Cristiano Ronaldo banyak diburu para fans.

4. Gelar untuk klub dan Timnas

Selama beraktivitas dalam klub yang telah diikuti, ada banyak gelar yang telah diperoleh. Biodata Cristiano Ronaldo mencatat setidaknya ada 13 jenis gelar kompetisi mayor yang telah diperoleh baik saat di Manchester United maupun di Real Madrid. Gelar tersebut berhasil membawa nama klubnya menjadi lebih tinggi.

Gelar yang diperoleh saat Ronaldo sedang ada di Manchester United adalah FA Cup pada 2003 sampai 2004, Football League Cup pada 2005 sampai 2006 dan 2008 sampai 2009, Premier League pada 2006 sampai 2009, FA Community Shield pada 2007, UEFA Champions League pada 2007 sampai 2008, dan FIFA Club World Cup pada 2008.

Gelar Ronaldo saat di Real Madrid yang tercatat dalam biodata Cristiano Ronaldo juga tidak kalah banyak. Dia berhasil membawa gelar Copa del Rey pada 2010 sampai 2011 dan 2013 sampai 2014, La Liga pada 2011 sampai 2012, Supercopa de Espana pada 2012, UEFA Champions League pada 2014, 2016, 2017 dan 2018.

Prestasi ini masih terus bergulir. Ronaldo mendapatkan gelar UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup masing-masing pada 2014, 2016 dan 2017 bersama Real Madrid.

Sedangkan di klub barunya, CR7 baru mengoleksi 1 gelar yakni Super Copa pada 2019 lalu. Dan gelar Ronaldo makin lengkap setelah mampu membawa negaranya meraih titel Piala Eropa atau EURO pada 2016 silam.

Gelar-gelar tersebut tercatat dalam biodata Cristiano Ronaldo untuk mengingat prestasi cemerlangnya dalam dunia sepak bola sekaligus menjadi motivasi bagi atlet lain.

5. Gelar yang diperoleh atas nama individu

Gelar individu merupakan prestasi yang tidak kalah membanggakan. Gelar individu ini semakin menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh seorang atlet. Ronaldo berhasil menunjukkan kepada siapapun tentang kemampuannya yang terbukti dengan adanya berbagai gelar yang telah diterima.

Ronaldo berhasil mendapatkan gelar individu sejak awal kehadirannya di klub senior. Pada 2004, Ronaldo memperoleh gelar Tim Pilihan Euro UEFA dan penghargaan Bravo. Gelar yang diterima tidak berhenti pada gelar itu saja. Biodata Cristiano Ronaldo telah penuh dengan berbagai prestasi yang dia torehkan dalam dunia sepak bola.

Gelar Pemain Muda Spesial Terbaik diperoleh pada 2004 sampai 2005, Pemain Sepak Bola Portugal Terbaik pada 2006 sampai 2007, Tim Terbaik UEFA pada 2003 sampai 2010, Pemain Terbaik Sir Matt Busby pada 2003 sampai 2004 dan pada 2006 sampai 2008, dan Tim Liga Utama Inggris Terbaik PFA pada 2005 sampai 2009.

Gelar individu tidak hanya berhenti pada itu saja. Ronaldo masih menerima berbagai gelar lain yang tidak kalah menarik. Gelar yang tercatat dalam biodata Cristiano Ronaldo antara lain Pemain Muda Terbaik PFA pada 2006 sampai 2007 serta Pemain Terbaik PFA Pilihan Pemain PFA dan Pilihan Penggemar pada 2006 sampai 2008.

Gelar lain yang dimiliki adalah Pemain Sepak Bola versi FWA dan Pemain Pilihan Barclays pada 2006 sampai 2008, Pemain Bulanan Liga Utama Inggris, Sepatu Emas Liga Utama Inggris pada dan Penghargaan Jasa Barclays pada 2007 sampai 2008, FIFPro World XI pada 2007 sampai 2012, dan lain sebagainya.

Yang paling bergengsi, CR7 kini mengoleksi 5 Gelar pemain Terbaik verso FIFA dan juga 5 gelar Balon d'Or. Ditambah 4 koleksi sepatu emas yang semakin membuatnya berjaya.

6. Jumlah gol yang telah diperoleh

biodata Cristiano Ronaldo selanjutnya terkait jumlah gol. Sebagai penyerang, Ronaldo telah berhasil memasukkan banyak gol ke gawang lawan. Total jumlah gol yang telah dicetaknya dari beberapa klub yang telah dibelanya yakni sebanyak 417 gol. Tak heran jika ia beberapa kali meraih gelar topskores di berbagai kompetisi.

Sedangkan gol untuk timnas Portugal hingga saat ini yakni sebanyak 85 gol. Jumlah gol ini akan terus bertambah melihat kemampuan Ronaldo yang tidak pernah menurun meski kini sudah tidak muda lagi.

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu atlet sepak bola yang berprestasi dan memiliki kemampuan luar biasa. Biodata Cristiano Ronaldo akan membuat Anda semakin terkagum dan membuat Anda semakin termotivasi untuk menekuni hal yang telah Anda lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel