4 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu yang Mudah Dilakukan

Ada 4 cara cek HP Samsung asli atau palsu yang mudah dilakukan, untuk mengantisipasi dari pedagang HP Samsung yang nakal.

Menerapkan cara cek HP Samsung asli atau palsu sangat disarankan, terlebih masih banyak HP Samsung palsu yang beredar di Indonesia. Bukankah semua HP Samsung sudah bergaransi resmi? Iya, meski HP Samsung sudah bergaransi resmi, tetapi belum bisa dikategorikan asli jika garansi tersebut palsu atau yang disebut dengan garansi distributor.

Lalu, apakah masih ada HP Samsung palsu hingga sekarang? Jawabannya masih, buktinya beberapa tahun yang lalu media berita Indonesia sempat heboh dengan pemberitaan kemunculan HP Samsung palsu atau bahasa kekiniannya KW.

Membedakan HP Samsung asli atau palsu sangatlah sulit, dikarenakan beberapa tipe yang palsu memiliki tampilan desain bodi yang mirip dengan tipe HP Samsung asli. Untuk itu perhatikan bagaimana langkah memeriksa HP Samsung asli atau palsu, berikut ini.

Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu

Cara Membedakan HP Samsung Asli atau Palsu


Ada beberapa cara cek HP Samsung asli atau palsu dari berbagai sumber, yang bisa Anda coba meski tipe tersebut sudah memiliki garansi resmi dan dibeli di gerai ponsel terpercaya.

1. Mengecek Nomor IMEI HP Samsung

Cara cek HP Samsung asli atau palsu yang paling akurat, adalah dengan mengecek nomor IMEI HP Samsung. Nomor IMEI adalah kode seri HP yang dikeluarkan resmi oleh pabriknya, dan berbeda-beda untuk setiap tipenya. Dan setiap HP Samsung memiliki 15 digit nomor IMEI yang unik. Berikut cara mengeceknya:
  • Pertama, tekan *#06#
  • Setelah itu akan muncul nomor IMEI pada sistem HP Samsung Anda
  • Terakhir, pastikan nomor IMEI ponsel Anda berjumlah 15 digit. Jika iya, maka HP Samsung sudah bisa dikategorikan asli
Sebagai info tambahan, coba Anda perhatikan angka atau kode ke-7 dan 8. Dua angka tersebut bisa menunjukkan dimana HP Samsung Anda dibuat.
  • 08 atau 80, HP Samsung dibuat di Jerman, berkualitas cukup bagus
  • 05, HP Samsung dibuat di Amerika Serikat, berkualitas sangat bagus
  • 04, HP Samsung dibuat di Korea Selatan, berkualitas terbaik di dunia (edisi terbatas)
  • 03, HP Samsung dibuat di Kanada atau Perancis, berkualitas terbaik
  • 02 atau 20, HP Samsung dibuat di Asia, berkualitas buruk
  • 00, HP Samsung dibuat di Finlandia, berkualitas sangat bagus
2. Mengecek LCD Test HP Samsung

LCD Test di HP Samsung merupakan fitur atau informasi untuk melakukan pengecekan terhadap fungsi-fungsi yang terdapat di ponsel tersebut. Uniknya, hanya HP Samsung asli saja yang memiliki fitur tersebut. Cara cek HP Samsung asli atau palsu ini, bisa dilakukan dengan 3 langkah berikut ini:
  • Pertama tekan tombol *#0*#
  • Selanjutnya sistem HP Samsung akan menampilkan fitur LCD Test
  • Jika kode yang dimasukkan tidak berfungsi, maka sudah dipastikan HP Samsung Anda palsu
3. Mengecek Terhubung atau Tidaknya dengan KIES

Cara cek HP Samsung asli atau palsu berikutnya, yaitu mengecek terhubung atau tidaknya dengan KIES. KIES merupakan aplikasi untuk menghubungkan HP Samsung dengan PC atau laptop. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui asli atau tidaknya HP Samsung. Langkah pertama, pastikan aplikasi KIES Samsung sudah diunduh sebelumnya. Setelah itu hubungkan dengan kabel data ke perangkat PC.
  • Apabila HP Samsung berhasil terhubung dengan KIES, maka tipe tersebut asli
  • Dan apabila HP Samsung gagal terhubung KIES, maka tipe tersebut palsu
4. Mengecek Spesifikasi HP Samsung

Untuk melakukan cara cek HP Samsung asli atau palsu, Anda bisa mengunjungi situs resmi untuk mengecek spesifikasi HP tersebut. Apabila spesifikasinya sesuai dengan situs, maka sudah dipastikan kalau HP Samsung Anda asli.

Selain melalui situs resmi, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut untuk memastikan spesifikasi HP Samsung asli atau palsu. Karena bisa jadi spesifikasi yang ditampilkan di menu Pengaturan atau Setting HP itu palsu. Berikut aplikasinya:
  • CPU-Z
  • Geekbench
  • AnTuTu
Itulah, beberapa trik atau cara cek HP Samsung asli atau palsu yang paling mudah dilakukan. Semoga cara diatas bisa membantu Anda, memastikan asli atau tidaknya ponsel yang dimiliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel