Cara Cek HP Samsung Bekas dengan Cepat dan Mudah

Ada beberapa cara cek handphone Samsung bekas yang mudah dan dapat Anda lakukan di manapun Anda berada. Berikut ini ulasannya.

Cara cek handphone Samsung bekas merupakan cara yang mudah bagi Anda yang telah maupun berminat untuk membeli handphone Samsung bekas. Dalam membeli barang bekas tentu tidak jarang Anda akan menemukan kecacatan-kecacatan yang disebabkan oleh pengguna sebelumnya.

Pada ulasan ini akan dijelaskan secara runtut bagaimana Anda dapat melakukannya. Anda tidak memerlukan peralatan-peralatan khusus, karena Anda dapat melakukannya dengan peralatan yang kemungkinan besar ada di rumah Anda.

Anda dapat melakukan salah satu cara cek handphone Samsung bekas ini dimana saja. Yang berarti Anda dapat melakukannya ketika Anda sedang melakukan pembelian perangkat Anda.

Cara cek Hp Samsung Bekas

Cara Mengecek HP Samsung Bekas


Ada banyak cara cek handphone Samsung bekas yang dapat Anda lakukan. Namun, akan saya bahas 2 cara yang paling praktis dan mudah yang dapat Anda lakukan seorang diri.

1. Cek keaslian dan kelayakan pakai perangkat Anda dengan kode rahasia Samsung

Handphone Samsung memiliki kode rahasia yang tidak dimiliki perangkat-perangkat lainnya. Hal ini bisa digunakan sebagai cara cek handphone Samsung bekas. Berikut merupakan tahap-tahap untuk melakukannya:
  1. Buka menu Dial/Panggilan
  2. Pada keypad angka ketik *#0*# 
    Image Source: androidcentral.com
  3. Menu pilihan untuk mengecek perangkat keras Anda pun akan terbuka (pada beberapa perangkat akan memerlukan Anda untuk menekan tombol dial)
Berikut merupakan pilihan-pilihan yang tersedia untuk mengecek kelayakan perangkat Anda:
  • Red, ketika menu tersebut dipilih layar handphone Anda akan berwarna merah kontras, periksa layar dengan teliti untuk mencari kecacatan pada layar. Terutama pada tepi layar.
  • Green, ketika menu tersebut dipilih layar handphone Anda akan berwarna hijau, periksa kembali layar dengan teliti untuk menemukan kecacatan warna.
  • Blue, ketika menu tersebut dipilih layar handphone Anda akan berwarna biru, periksa dengan teliti untuk menemukan kecacatan.
  • Reciever, ketika menu tersebut dipilih perangkat Anda akan mengeluarkan suara notifikasi.
  • Vibration, ketika menu tersebut dipilih perangkat Anda akan bergetar.
  • Dimming, ketika menu tersebut dipilih perangkat Anda akan menampilkan ketiga warna tadi, dan ketika menyentuh layar, layar perangkat akan meredup.
  • Mega cam, ketika menu tersebut dipilih maka perangkat Anda akan mengaktifkan kamera belakang, tes kamera dengan mengambil gambar dan temukan kecacatan.
  • Sensor, ketika menu tersebut dipilih, perangkat akan bereaksi ketika Anda mendekatkan tangan kepada sensor yang terdapat diatas layar.
  • Touch, menu ini berfungsi untuk menguji respon layar terhadap sentuhan. Sentuh layar terutama pada pinggir-pinggir layar, karena seringkali disana Anda akan menemukan kecacatan.
  • Sleep, jika menu ini dipilh maka layar Anda akan mati (hanya layar), dan jika hal itu terjadi maka perangkat Anda masih normal.
  • Speaker, menu ini berguna untuk menguji kelayakan speaker Anda, dengarkan dengan jeli untuk mendeteksi kecacatan.
  • Sub key, menu ini berfungsi untuk menguji tombol-tombol yang ada di perangkat Anda seperti tombol daya, volume, dsb. Pastikan semua tombol bekerja dengan baik.
  • Front cam, seperti mega cam, hanya saja menu ini akan mengaktifkan kamera depan perangkat Anda.
  • Black, ketika menu ini ditekan maka layar perangkat Anda akan berubah menjadi hitam, perhatikan dengan jeli pinggiran layar jika terdapat warna-warna yang tidak hitam.
2. Cek tegangan baterai perangkat Anda menggunakan Multitester

Tegangan baterai yang tidak stabil dapat membahayakan perangkat Anda. Multitester ini merupakan cara untuk mengecek handphone Samsung second Anda, terutama baterainya. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Atur multitester Anda agar menunjuk pada Ohm meter 1 
    Image Source: monotaro.id
  • Hubungkan jarum kabel merah (+) pada kuningan baterai yang berkutub positif (+)
  • Hubungkan jarum kabel hitam (-) pada kuningan baterai yang berkutub negatif (-)
Disamping harganya yang murah membeli perangkat bekas juga memiliki resiko yang besar, dimana jika terdapat kerusakan besar kemungkinan perangkat Anda tidak memiliki garansi untuk memperbaikinya. Oleh karena itu penting untuk Anda melakukan cara cek handphone Samsung bekas ini.

Itulah cara cek handphone Samsung bekas dengan mudah dan cepat. Cara ini merupakan cara paling praktis yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan pembelian perangkat Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel