Cara Cek Tagihan PDAM Online Tanpa Ribet

Bagi Anda pengguna PDAM, sudahkah tahu cara cek tagihan PDAM online? Jika belum tahu, simaklah penjelasan berikut ini.

Cara cek tagihan PDAM online berarti langkah-langkah untuk mengetahui berapa banyak tagihan PDAM Anda secara online. Anda bisa mengaksesnya lewat smartphone atau android yang Anda miliki dengan bantuan koneksi internet. Dengan mengetahui cara mengecek jumlah tagihan secara online, Anda akan dipermudah. Anda juga dapat memperkirakan pengeluaran Anda setiap bulan dengan melakukan pengecekan.

Adapun kepanjangan dari PDAM adalah Perusahaan daerah Air Minum, yaitu sebuah unit usaha daerah yang membantu masyarakat dengan menyalurkan air bersih. PDAM ini sudah ada di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Jakarta, Bogor, Bandung, Pontianak, Bekasi, Jambi, Balikpapan, Surabaya, Depok, Tangerang, dan daerah lainnya.

Untuk bisa mengetahui cara cek tagihan PDAM online ada dua cara yang bisa Anda lakukan, pertama adalah dengan mengunjungi website dari PDAM masing-masing daerah atau menggunakan sebuah aplikasi, misal Tokopedia atau Sepulsa. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai langkah-langkahnya, Anda dapat menyimak uraian berikut.

Cara Cek Tagihan PDAM Online

Cara Mengecek Jumlah Tagihan PDAM Secara Online


Adapun cara memeriksa tagihan PDAM secara online adalah cara yang paling mudah dilakukan. Karena Anda tidak perlu ribet mengurusnya, Anda hanya perlu mengunjungi websitenya saja. Kemudian untuk melakukan pengecekan terhadap jumlah tagihan air, Anda hanya perlu memasukkan Nomor ID Pelanggan pada kolom yang terdapat di website masing-masing.

1. Cara Mengecek Tagihan PDAM Jakarta

Cara cek tagihan PDAM online yang pertama sangatlah mudah, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebagai contoh jika Anda ingin mengecek tagihan PDAM untuk Kota Jakarta, langsung saja Anda masuk ke website PDAM Kota Jakarta. Setelah itu, masukkanlah nomor ID pelanggan yang Anda miliki pada kolom yang telah muncul di halaman website.

2. Cara Mengecek Tagihan PDAM Bekasi

Untuk mengetahui berapa jumlah tagihan PDAM Bekasi, Anda bisa mengeceknya melalui website PDAM Bekasi. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan nomor pelanggan Anda pada form yang telah tersedia.

3. Cek Tagihan PDAM Surabaya

Selain kota lain, Kota Surabaya juga memiliki situs PDAM sendiri, yaitu pada PDAM Kota Surabaya. Jika sudah masuk ke websitenya, masukkanlah nomor id pelanggan Anda, sama seperti cara-cara di atas. Untuk mengetahui cara cek tagihan PDAM online di kota lain, langkah pertama Anda harus mencari situs kota-kota lainnya lewat pencarian google.

Cara Mengecek Tagihan PDAM Melalui Aplikasi


Ada dua aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melihat atau mengetahui berapa jumlah tagihan PDAM yang Anda miliki, yaitu Tokopedia dan Sepulsa. Anda dapat menggunakan smartphone atau android Anda untuk membuka aplikasi tersebut, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Cek Tagihan PDAM di Tokopedia

Cara cek tagihan PDAM online yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan melalui aplikasi Tokopedia. Adapun langkah-langkah melihat tagihan di Tokopedia adalah sebagai berikut:
  • Download aplikasi Tokopedia
  • Pilihlah menu tagihan dan top up
  • Kliklah menu Air PDAM
  • Pilihlah lokasi Anda
  • Masukkanlah ID pelanggan Anda
  • Klik beli untuk melihat berapa jumlah tagihan PDAM Anda melalui Tokopedia
Selain menjadi salah satu cara cek tagihan PDAM online Tokopedia juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pembayaran. Anda bisa memilih sendiri metode pembayaran yang Anda inginkan, baik transfer melalui rekening bank, virtual account, alfamart, indomart, atau sebagainya.

2. Cek Tagihan PDAM di Sepulsa

Sepulsa merupakan sebuah aplikasi untuk android yang khusus digunakan untuk melakukan pembayaran online seperti PDAM, pulsa, token listrik, dan sebagainya. Adapun cara mengecek tagihan PDAM melalui sepulsa adalah:
  • Download aplikasi Sepulsa
  • Log in dan klik menu Tagihan PDAM
  • Pilih wilayah dan nama perusahaan
  • Masukan ID pelanggan PDAM Anda
  • Aplikasi akan menampilkan total tagihan Anda
Apabila Anda ingin membayarnya secara langsung, langsung saja klik Bayar Tagihan Sekarang. Setelah itu pilihlah metode pembayaran yang tersedia. Jika sudah, tagihan PDAM kamu pun akan terbayar dengan mudah.

Nah, itulah tadi cara cek tagihan PDAM online yang bisa Anda jadikan panduan untuk mengecek jumlah tagihan PDAM Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dan mempermudah Anda dalam melakukan pengecekan dan pembayaran PDAM ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel