Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Mudah

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek tipe HP Samsung. Maka jika Anda belum tahu caranya, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Cara cek tipe HP Samsung akan sangat dibutuhkan ketika Anda hendak melakukan Flashing HP Samsung. Mengapa? Sebab Anda perlu menghindari terjadinya mati total (brick) saat proses flashing sedang berlangsung melalui PC.

Seperti diketahui, Samsung merupakan vendor yang seringkali merilis HP terbaru dengan tipe dan juga spesifikasi yang berbeda-beda. Jika Anda adalah pengguna Samsung, maka Anda perlu tahu banyak tipe HP Samsung, sekaligus tahu bagaimana cara mengecek tipe HP tersebut.

Hal ini juga berguna untuk mengetahui layanan baru atau perbedaan apa yang dibawa oleh HP dengan tipe yang berbeda-beda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek merk atau tipe HP Samsung. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan dengan lebih detail bagaimana cara cek tipe HP Samsung yang Anda miliki.

Cara Cek Tipe Hp Samsung

Cara Mengecek Tipe HP Samsung Anda


Seperti yang sudah dijelaskan, Anda beberapa cara cek tipe HP Samsung yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus ribet-ribet meminta tolong orang lain. Namun jika Anda memang benar-benar tidak bisa melakukannya atau takut salah, Anda bisa saja meminta tolong orang lain.

Untuk dapat mengecek tipe HP Samsung, Anda bisa menggunakan panggilan Kode MMI, melalui situs web, melalui sticker yang ada di box pembelian, pengaturan ponsel, dan bisa juga dengan menggunakan pengaturan Aplikasi Pihak Ketiga. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Cek Tipe HP Pengaturan

Cara cek tipe HP Samsung yang pertama ini adalah cara mengecek tipe dan merk HP Samsung paling mudah yang bisa Anda lakukan. Dengan menu pengaturan atau setting yang sudah tersedia di HP Samsung masing-masing. Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah:
  • Masuklah ke menu Setting / Pengaturan
  • Pilihlah Tentang Perangkat
Contohnya adalah, pada nama perangkat akan ada informasi SM-Galaxy V 313HZ, artinya merk HP Anda yaitu Samsung Galaxy V.

2. Cek Tipe Melalui Kode MMI

Cek tipe HP samsung yang kedua ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan kode *#123# pada HP Anda. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Masuklah ke menu Dial (Panggilan)
  • Ketikkan kode *#123# kemudian pilih panggil
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu version
  • Jika sudah, lihatlah ke bagian Model, di situ Anda akan melihat merk HP Anda
  • Lalu salinlah kode model tersebut dan carilah melalui Google, maka Anda akan melihat merk HP Anda
Cara cek tipe HP Samsung kedua ini contohnya yaitu, jika di sana tertera keterangan Model: SM-J110G/DS, Anda bisa mencari merknya di Google dengan menggunakan kunci SM-J110G/DS. Setelah itu, akan keluar Samsung Galaxy J1 ACC. Cara ini juga akan berlaku untuk HP Samsung dengan tipe yang lain.

3. Cek Tipe Melalui Sticker (Dus)

Cara cek tipe HP Samsung ketiga ini berlaku jika Anda masih menyimpan dus pembelian. Di dus tersebut akan ada sticker yang berisi informasi mengenai IMEI dari HP Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:
  • Buka situs IMEI Check
  • Setelah itu masukkan 16 digit kode IMEI HP Samsung dan klik Check
  • Jika sudah, keterangan merk HP Anda pun akan muncul.
Oh ya, cara ketiga ini hanya berlaku jika dus HP Anda masih ada.

4. Cek Tipe Melalui Aplikasi

Cara cek tipe HP Samsung yang terakhir ini bisa Anda ikuti dengan menginstal aplikasi Antutu Bencmark. Asal memiliki koneksi internet, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengecek HP Samsung dan Android lainnya. Adapun caranya yaitu:
  • Silakan Anda instal aplikasi Antutu Benchmark
  • Bukalah aplikasi tersebut dan masuklah ke menu Device
  • Di bagian Model, akan tertera merk serta tipe HP Samsung
Itulah tadi beberapa cara cek tipe HP Samsung yang bisa Anda ikuti petunjuknya. Bagi Anda yang ingin mengecek tipe HP Samsung yang jadul, Samsung lipat, atau merk Hp samsung, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Dan apabila masih mengalami kebingungan, Anda bisa bertanya dengan orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel