Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram untuk Berbagai Tujuan

Apakah Anda ingin tahu Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram? Jika iya, berikut ini akan dijelaskan apa saja langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

Cara membuat link WhatsApp di Instagram saat ini banyak dicari oleh para pebisnis online yang memasarkan dagangannya lewat Instagram. Instagram yang saat ini digandrungi oleh banyak orang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai macam hal. Jumlah penggunanya yang semakin meningkat membuat Instagram juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mencari pendapatan secara daring.

Artinya, Instagram dapat dijadikan sebagai alat untuk memasarkan produk dagangan Anda. Sebagai buktinya, akun-akun yang berjualan di Instagram sekarang semakin banyak bermunculan. Bagi Anda pelaku bisnis online, berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk memberikan link Whatsapp pada Instagram Anda.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Mengetahui Apa itu Link Whatsapp di Instagram?


Maksud dari link Whatsapp di Instagram adalah bagaimana membuat link atau tautan yang akan dipasang di Instagram agar dapat langsung mengarah ke Whatsapp. Hal ini dilakukan agar pengunjung Instagram Anda dapat lebih mudah untuk menghubungi Anda secara langsung melalui Whatsapp. Mereka nantinya hanya perlu mengklik atau menekan link yang sudah Anda cantumkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mudah membuat link Whatsapp di Instagram.

Adapun contoh real yang bisa Anda pahami yaitu jika Anda berjualan jam tangan di Instagram. Anda dapat membuat tautan di Instagram untuk pengguna atau pengikut Anda di Instagram agar mereka dapat secara langsung mengirimi Anda lewat Whatsapp secara otomatis, seperti ketika mereka hendak menanyakan apakah jam tangannya masih ready, atau berapa jam tangan yang hendak dipesan, sampai menanyakan harga jam tangan tersebut.

Pesan-pesan yang dicontohkan tadi dapat secara langsung dikirim oleh konsumen Anda lewat Whatsapp dengan mengklik tautan di Instagram. Dengan cara membuat link WhatsApp di Instagram, konsumen Anda tidak perlu repot-repot dengan mencatat terlebih dahulu nomor Anda, lalu menyimpannya, baru dapat menghubungi Anda.

Dengan adanya tautan tersebut, Anda sudah memberikan layanan kemudahan bagi pelanggan dan konsumen Anda. Sehingga cara praktis dalam berbisnis ini dapat Anda jadikan salah satu layanan dalam memperlakukan konsumen. Konsumen tentunya akan lebih senang ketika mendapatkan ezxcellent service dari penjual. Cara-cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis online yang memasarkan dagangannya melalui Instagram. Maka dari itulah Anda perlu mengetahui cara membuat link WhatsApp di Instagram. Anda akan mendapatkan kemudahan tentunya, sebab pelanggan dapat secara langsung berhubungan dengan Anda dan mengatakan keperluan yang bisa Anda layani.

Bagaimana Cara Membuat Link Whatsapp di Instagram?


Cara membuat link WhatsApp di Instagram dapat Anda ikuti dengan mudah. akan tetapi, untuk masuk ke langkah-lahkahnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kode-kode berikut ini. Kode-kode ini penting untuk Anda ketahui untuk membuat link tersebut. Perhatikan kode-kode berikut agar Anda lebih mudah membuat link Whatsapp di Instagram. Jika Anda tidak memperhatikan kode ini, maka Anda dapat melakukan kesalahan yang akan membuat linknya tidak bisa terhubung ke Whatsapp Anda secara langsung. Berikut ini adalah kode-kode yang perlu Anda perhatikan:
  • https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHP&text=IsiPesan : tautan
  • %3A : Titik dua
  • %0A : Enter
  • %20 : Spasi
Jika sudah memahami kodenya, baru Anda akan tahu cara membuat link WhatsApp di Instagram. Pertama salin kode tautan tersebut dan gantilah nomor handphonenya dengan nomor WhatsApp yang hendak Anda jadikan nomor bisnis. Setelah itu gantilah isi pesannya dengan pesan otomatis yang ingin Anda tuliskan. Jika Anda ingin memisahkan tulisan, silahkan gunakanlah kode yang awalnya adalah tanda %.

Berikut ini adalah contoh penggunaan kodenya, perhatikan baik-baik contoh di bawah ini agar dapat Anda jadikan rujukan dalam membuat link Whatsapp secara mandiri di Instagram:

Sebagai contoh Anda ingin menuliskan pesan dan mengirimnya ke nomor 089999999999 dengan pesannya sebagai berikut:
Malam Kak, pesan baju dengan nama pemesan: jumlah:
Jika pesannya seperti itu, maka kodenya adalah sebagai berikut:
https://api.whatsapp.com/send?phone=089999999999&text=Malam%20Kak,%20pesan%20baju%20dengan%20dengan%0Anama%20pemesan%3A%0AJumlah%3A

Cara Memasang Link Whatsapp di Instagram


Jika Anda sudah membuat link WhatsApp, langkah selanjutnya adalah tinggal memasang link tersebut ke Instagram. Berikut ini adalah cara membuat link WhatsApp di Instagram:
  1. Langkah pertama, yaitu bukalah aplikasi Instagram yang Anda gunakan di HP atau android Anda
  2. Masuklah ke halaman profil Instagram Anda dan tekanlah menu edit profil 
    Image Source: yukampus.com
  3. Salinlah tautan atau link yang sudah Anda buat ke menu website, jangan Anda letakkan di menu Bio sebab jika Anda meletakannya di sana tidak akan bisa diklik 
    Image Source: yukampus.com
  4. Jika sudah selesai, klik simpan
  5. Jika sudah, tautan atau link Whatsaap yang sudah mengarah ke nomor Anda sudah berhasil Anda lakukan. 
    Image Source: yukampus.com
  6. Untuk melakukan pengecekan, cobalah untuk mengklik tautan tersebut. Jika sudah berhasil, maka prosesnya pun sudah selesai. Anda perlu mencoba karena barangkali ada kode-kode yang salah sehingga tidak dapat langsung terhubung ke Whatsapp Anda. 
    Image Source: yukampus.com
  7. Selesai
Itulah tadi cara membuat link WhatsApp di Instagram untuk membantu memberikan layanan kepada para konsumen Anda di Instagram. Dengan langkah-langkah tersebut Anda akan lebih mudah berhubungan dengan pelanggan. Selain itu, cara ini juga dapat membuat pelanggan Anda merasa mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Karena untuk dapat memesan produk, mereka tidak perlu repot-repot dalam menghubungi Anda sebagai penjual. Mereka hanya perlu mengklik tautan untuk dapat menghubungi Anda secara langsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel