Gambar 3 Dimensi - Cara Melihat dan Contoh Gambarnya

Pernah melihat museum gambar 3 dimensi? Berikut ini penjelasan bagaimana cara melihat dan berbagai jenis karya 3 dimensi lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti sudah tidak asing dengan istilah gambar 3 Dimensi. Gambar ini merupakan salah satu karya seni rupa yang terdiri dari 3 sisi, yaitu panjang, tinggi dan lebar. Umumnya, gambar ini merupakan bentuk bangun ruang yang memiliki volume.

Benda berbentuk 3D pada kenyataannya hanya bisa dilihat orang orang-orang yang mampu menitikberatkan kedua matanya dengan tepat. Umumnya, saat dilihat sepintas, benda-benda 3 dimensi hanya nampak seperti pola 2dimesi yang acak saja.

Gambar 3 Dimensi

Namun, dengan teknik khusus, Anda bisa melihat gambar 3 dimensi dengan jelas. Sedangkan untuk gambar terpisah, dapat terlihat mengapung atau keluar dari media gambar itu sendiri.

Cara Mudah Melihat Gambar 3 Dimensi


Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk bisa melihat gambar 3 dimensi dengan jelas. Seperti beberapa cara di bawah ini.

1. Dengan Mata Paralel

Cara melihat gambar 3 dimensi dengan mata paralel ini adalah dengan mengikuti gerakan garis-garis pandang mata yang bergerak secara paralel, kemudian bertemu dari kejauhan di titik jauh yang berada di belakang gambar. Inilah yang kemudian dikenal dengan penampilan paralel.

Saat Anda melihat secara paralel, maka otot-otot mata akan mengontrol konsentrasi, terutama di bagian lensa mata dan membuatnya lebih relax. Dengan cara inilah Anda bisa melihat gambar 3 dimensi dengan jelas.

2. Dengan Cara Cross (Juling)

Cara selanjutnya ini adalah dengan menjadikan garis pandang mata bersilangan tepat di bagian objek 3D. Teknik ini akan membuat bagian mata yang mengontrol tingkat konsentrasi lensa mata jadi menguat dan semakin pendek.

Namun, untuk menggunakan teknik ini harus melihat lebih dulu pada objek 3D itu sendiri, karena cara melihat ini bergantung pada tipe bendanya. Jadi, apabila benda atau objek 3D dibuat untuk cross maka bisa dilihat dengan cara cross, begitupun untuk benda paralel.

Kumpulan Contoh Gambar 3D


Saat ini tidaklah sulit menemukan berbagai gambar 3 dimensi karena hasil karya ini sudah banyak dipamerkan, baik dalam bentuk museum khusus ataupun dilukis di pinggir jalan. Seperti beberapa contoh berikut ini.

1. Gambar Menara Eiffel di Atas kertas

Walaupun hanya berupa gambar, objek yang digambar tampak sangat nyata dan seolah hidup.
Image Source: youtube.com
2. Gambar Orang Menendang di Dinding

Di gambar ini nampak seolah-olah orang di dalam dinding benar-benar hidup dan menendang orang di depannya.
Image Source: tokopedia.com
3. Gambar Sudut Ruang dengan Tutup di atas Meja

Ketika Anda berpose di bawah tutup saji, akan nampak Anda sedang berada di satu sudut ruang.
Image Source: contoh.pro

Contoh Benda-Benda 3 Dimensi


Selain gambar 3 dimensi yang sifatnya ilusi terhadap cara pandang mata, ada juga objek-objek 3 dimensi yang memang memiliki bentuk panjang, lebar dan tinggi seperti beberapa objek berikut ini.

1. Patung

Patung ini merupakan salah satu objek 3 dimensi yang paling umum. Karya seni 3 dimensi ini dibuat dengan berbagai teknik, mulai dari memahat atau teknik lain. Bahan yang digunakan pun beragam dari kayu atau tanah liat dengan berbagai bentuk sesuai kreativitas.
Image Source: idntimes.com
2. Keramik

Benda 3 dimensi ini juga merupakan karya seni tradisional yang biasanya dijumpai dalam bentuk perabotan rumah tangga, seperti vas, gucci, atau benda lainnya.
Image Source: finansialku.com
3. Kriya

Objek 3 dimensi terakhir adalah kriya yang merupakan seni 3D yang berfokus pada ketrampilan mengolah bahan dasar menjadi benda lain yang memiliki nilai estetik. Bahan yang digunakan beragam dari kayu, batu, tanah, logam dan lain sebagainya.
Image Source: mallardsgroups.com
Demikian tadi penjelasan tentang gambar 3 dimensi serta objek-objek 3 dimensi lainnya. Dengan penjelasan ini akan menambah wawasan Anda tentang karya seni lebih dalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel