Pengertian dan Proses Pembuatan Gambar Anime Serta Perbedaannya dengan Kartun

Gambar anime memiliki penggemarnya tersendiri yang lebih dikenal dengan sebutan otaku. Selain gambarnya yang cantik, anime juga memiliki daya tarik dari segi ceritanya.

Gambar anime memang memiliki art yang cantik dan menarik, jadi tidak heran banyak yang menyukainya. Penggemar anime hadir dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain art yang cantik, anime juga memiliki alur cerita yang menarik untuk diikuti. Ada banyak genre yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Gambar Anime

Pengertian Anime


Istilah anime berasal dari bahasa inggris yaitu animation yang berarti animasi. Namun di luar Jepang, istilah ini merujuk pada animasi yang diproduksi oleh negara Jepang saja meskipun sebenarnya anime bisa diproduksi di luar Jepang. Pembuatan gambar anime bisa menggunakan teknik tradisional seperti teknik menggambar dengan tangan atau menggunakan teknologi komputer seperti CGI/3D.

Jenis-jenis gambar anime sendiri sangat beragam dengan berbagai macam teknik yang digunakan. Selain itu, animasi Jepang ini juga memiliki genre yang cukup banyak untuk dipilih. Genre anime diantaranya adalah mecha, adventure, horor, action, romance, dan masih banyak yang lainnya. Gambaran karakter pada sebuah anime biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan animasi negara lainnya.

Perbedaan Anime dan Kartun


Otaku atau penggemar anime mengatakan bahwa animasi negara lain atau kartun berbeda dengan anime. Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakannya:

1. Alur Cerita

Alur cerita dari anime lebih rumit dan berkonsentrasi pada kejadian dalam kehidupan dimana sangat berhubungan dengan emosi seseorang. Anda bisa terbawa dengan cerita yang diberikan sehingga ingin terus mengikuti alurnya sampai selesai.

Berbeda dengan kartun yang memiliki alur cerita sederhana dan jenaka untuk membuat mereka yang melihatnya tertawa. Kartun tidak saling terkait antara satu episode dengan episode lainnya.

2. Penggambaran Karakter

Hal yang cukup berbeda dari kartun dan anime adalah penggambaran karakternya. Gambar anime terlihat lebih realistis atau nyata dibandingkan dengan kartun. Gambar-gambar tersebut memiliki karakteristik yang menampilkan kecantikan, ketampanan, ekspresi wajah, dan sebagainya. Sedangkan kartun memiliki penggambaran yang tidak realistis.

3. Asal Negara

Anime merupakan sebutan untuk animasi yang berasal dari negara Jepang. Sedangkan kartun merupakan animasi yang berasal dari luar Jepang.

Kumpulan Gambar Anime

Image Source: comicbook.com
Image Source: zerochan.net
Image Source: asia.nikkei.com
Image Source: youtube.com
Image Source: id.aliexpress.com
Image Source: stmnime.blogspot.com
Image Source: burung-net.com
Image Source: cbr.com
Image Source: wallpaperplay.com
Image Source: wall.alphacoders.com

Proses Pembuatan Gambar Anime


Proses pembuatan gambar anime tidak jauh berbeda dengan animasi dari negara lainnya. Untuk Anda yang penasaran, di bawah ini merupakan langkah-langkah dalam pembuatan anime Jepang:

1. Planning

Planning atau perencanaan merupakan hal yang penting karena berfungsi sebagai kerangka. Dalam proses perencanaan ada banyak hal yang harus dibahas dengan mendetail seperti design karakter, alur cerita, teknis, serta pembagian staf.

2. Pembuatan Skenario

Jika proses perencanaan sudah selesai dan semua pihak telah setuju dengan isinya maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah pengembangan alur cerita atau skenario. Dalam proses pembuatan gambar anime ini detail setiap karakter akan dijelaskan.

3. Pembuatan Storyboard

Storybord merupakan pengembangan skenario yang lebih mendetail lagi. Pada proses ini detail setiap scene cerita akan dijelaskan mulai dari adegan, dialog, cahaya, dan lain-lain. Storyboard berfungsi agar tim produksi benar-benar paham akan jalannya cerita.

4. Membuat Gambar dan Mewarnai

Proses selanjutnya yaitu membuat gambar anime kemudian mewarnainya. Dalam tahap menggambar akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembuatan gambar kunci, layout, serta animasi in between.

5. Filming dan Dubbing

Tahap terakhir yang dilakukan adalah filming dan dubbing atau pengisian suara. Filming dilakukan dengan meyatukan seluruh gambar yang telah dibuat.

Gambar anime memang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat penasaran para penggemarnya. Semoga dengan berbagai informasi mengenai anime mulai dari pengertian, perbedaan anime dengan kartun, hingga proses pembuatan yang diberikan di atas bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel