Mengenal Gambar Burung Garuda sebagai Garuda Pancasila

Gambar burung garuda banyak dikenal lantaran menjadi lambang negara Indonesia. Maka dari itu Anda perlu tahu lebih banyak tentangnya.

Gambar burung garuda akan banyak Anda jumpai di setiap ruang-ruang kelas di sekolah, karena lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Gambar burung garuda yang kepalanya menoleh ke kanan tersebut tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda. Pada saat masih duduk di sekolah dasar, anak-anak biasanya akan diminta oleh gurunya untuk membuat gambar lambang negara, dan mereka tentu saja akan menggambar Garuda Pancasila. Namun tahukah Anda bagaimana sejarah burung Garuda bisa menjadi Garuda Pancasila? Jika belum, maka berikut ini akan dijelaskan sejarahnya.

Gambar Burung Garuda

Sejarah Gambar Burung Garuda menjadi Garuda Pancasila


Sejarah gambar burung garuda menjadi lambang negara bermula setelah Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945-1949. Saat itu dibentuklah Panitia Lencana Negara yang dikoordinatori oleh Menteri Negara Zonder Porto Folio Sultan hamid II. Tugas panitia tersebut adalah untuk menyeleksi usulan rancangan lambang negara yang kemudian akan dipilih dan diajukan kepada pemerintah.

Saat itu diadakanlah sayembara yang menghasilkan dua buah lambang negara terbaik, yaitu karya Sultan Hamid dan M. Yamin. Setelah melalui dialog, maka terpilihlah karya Sultan Hamid yang menggunakan gambar burung garuda. Setelah terpilih, rancangan tersebut kemudian disempurnakan, seperti mengganti pita merah putih yang dicengkeram oleh burung garuda menjadi pita berwarna putih dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Dan diberilah nama Garuda Pancasila.

Gambar Burung Garuda sebagai Lambang Negara


Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita semua sudah tahu bahwa Lambang negara kita disimbolkan oleh gambar burung garuda. Lambang negara tersebut menghadap ke kanan dan menggantung sebuah perisai di bagian jantungnya. Pada bagian tengah perisai terdapat garis hitam yang memiliki arti sebagai garis khatulistiwa yang menggambarkan wilayah NKRI.
Image Source: jasapengetikancibinong.blogspot.com
Tentu saja perisai yang tergantung di bagian jantungnya bukanlah hal sembarangan. Ada lima buah ruang yang mewujudkan nilai-nilai Pancasila di sana. Sila pertama dilambangkan dengan gambar bintang, sila kedua dengan gambar tali rantai, sila ketiga dengan pohon beringin, sila keempat dengan kepala banteng, dan sila kelima dengan kapas dan padi.

Kumpulan gambar burung garuda biasanya akan kita temui pada saat perayaan kemerdekaan Indonesia. Akan ada banyak orang yang menjual bendera maupun gambar-gambar Garuda Pancasila untuk menggambarkan perayaan tersebut.

Kumpulan Gambar Burung Garuda

Image Source: nasional.republika.co.id
Image Source: viva.co.id
Image Source: thegorbalsla.com
Image Source: kepitingonline.com
Image Source: satujam.com
Image Source: kejadiananeh.com
Image Source: id.quora.com
Image Source: hipwee.com
Image Source: wowkeren.com
Image Source: republika.co.id

Makna Gambar Burung Garuda pada Lambang Negara

  1. Burung garuda dalam sejarah bangsa Indonesia dikenal sebagai kendaraan Wishnu yang mirip dengan elang rajawali. Gambar burung garuda menjadi lambang negara Indonesia sebagai gambaran bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan negara yang kuat.
  2. Tulisan Bhinneka Tunggal Ika yang dicengkeram kuat oleh burung garuda memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
  3. Warna keemasan dari gambar burung garuda Pancasila dalam lambang negara diartikan sebagai lambang keagungan dan kejayaan.
  4. Kemudian paruh, sayap, ekor, dan juga cakarnya melambangkan kekuatan serta tenaga pembangunan. Adapun jumlah bulu pada Garuda Pancasila berjumlah 17 helai pada sayap, 8 helai pada ekor, 19 helai pada pangkal ekor, dan 45 pada leher, semua itu menggmbarkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.
Nah, itulah tadi gambar burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia. Tentu saja sebagai warga negara Indonesia Anda perlu tahu baik sejarah maupun arti dan makna dari Garuda Pancasila. Jika sudah mengetahui, maka tugas Anda selanjutnya adalah mengamalkannya. Barangkali anak-anak SD diminta menggambar lambang negara agar mereka memahami lambang negaranya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel