Pengertian, Fungsi, dan Jenis Gambar Grafiti

Membuat gambar grafiti menjadi salah satu sarana untuk mengekspresikan kreativitas. Berbagai macam jenis gambar bisa Anda tuangkan dengan bebas pada media yang dipilih.

Seni membuat gambar grafiti kini menjadi salah satu seni yang cukup digemari dan populer terutama di kalangan anak muda. Mereka biasanya menggambar hal yang diinginkan pada media seperti tembok jembatan, dinding jalan, atau dinding bangunan. Media yang digunakan tersebut berkaitan dengan fungsi dari grafiti itu sendiri.

Gambar Grafiti

Pengertian Gambar Grafiti


Grafiti merupakan salah satu seni yang memadukan komposisi warna, garis, bentuk, serta volume untuk menuliskan kalimat yang diinginkan pada sebuah media dinding. Dalam membuat gambar grafiti, seorang seniman grafiti lebih sering menggunakan alat berupa cat semprot kaleng. Meskipun peralatan terkesan sederhana, namun tulisan di dinding dapat mengekspresikan pendapat secara diam-diam dengan aman.

Nama grafiti berasal dari bahasa latin yaitu graphium yang memiliki arti menulis. Pada awalnya, yang menggunakan istilah grafiti adalah arkeolog. Mereka menggunakan istilah tersebut ketika mendefinisikan tulisan yang terukir di bangunan-bangunan kuno.

Dengan berkembangnya jaman, kumpulan gambar grafiti kini telah menjadi sebuah objek yang unik, abstrak, dan memiliki nilai seni tinggi. Berdasarkan pola pembuatannya grafiti dibagi menjadi dua yaitu gang grafiti untuk identifikasi daerah kekuasaan serta tagging grafiti untuk ketenaran kelompok atau individu.

Fungsi Gambar Grafiti


Pada umumnya, seseorang yang membuat gambar grafiti memiliki tujuan yaitu:
  • Sebagai bahasa rahasia dari sebuah kelompok sehingga hanya kelompok tersebut yang mengetahuinya.
  • Menjadi sarana mengekspresikan ketidakpuasan yang dirasakan atas keadaan sosial yang terjadi.
  • Menjadi sarana pemberontakan dari kelompok atau individu.
  • Menjadi sarana mengekspresikan ketakutan atas keadaan sosial dan politik yang terjadi.
Di Indonesia sendiri, grafiti lebih sering digunakan sebagai sarana mengekspresikan keadaan politik. Namun dengan berkembangnya jaman, grafiti kini juga menjadi sebuah seni bagi mereka yang menyukainya. Apalagi dengan adanya komunitas grafiti, membuat seni ini lebih terarah dan tak hanya menjadi sarana untuk mengekspresikan kondisi politik dan sosial.

Jenis Gambar Grafiti


Berikut ini adalah jenis gambar grafiti yang harus Anda ketahui:

1. Bombing

Oleh mereka yang sering membuat grafiti, Bombing sering disebut dengan aktivitas vandalisme. Pasalnya, Bomber atau orang yang melakukan bombing akan meletakkan tanda di tempat orang lain tanpa izin. Ada cukup banyak bentuk Bombing namun semua kegiatan tersebut termasuk ilegal.
Image Source: bombingscience.com
2. Mural

Mural merupakan seni yang membebaskan Anda untuk menggunakan berbagai jenis alat seperti cat tembok, cat air, hingga kapur tulis. Seni ini sama dengan grafiti namun fokus yang dibuat adalah lukisan makhluk hidup atau karakter tertentu.
Image Source: graffiti-artist.net
3. Grafiti Tagging

Jenis gambar grafiti ini lahir sekitar tahun 1960an di Philadelphia oleh pelopor bernama Cool Earl dan Cornbread. Berbeda dengan jenis lainnya yang berupa gambar, grafiti tagging biasanya hanya berupa tanda tangan pembuatnya yang dilukiskan di berbagai tempat. Grafiti ini berfungsi agar pembuatnya bisa lebih terkenal.
Image Source: pinterest.com
4. Roll Up

Grafiti Roll Up menggunakan dua warna dasar yaitu hitam dan juga putih. Warna putih digunakan pada setiap huruf di tulisannya, sedangkan warna hitam digunakan pada garis luar setiap huruf yang dibuat.
Image Source: youtube.com
5. 3D

Gambar grafiti ini sangat unik dan menarik jika dilihat dengan seksama. Bagaimana tidak, grafiti 3D memungkinkan Anda untuk dapat melihat gambar atau tulisan dari 3 arah berbeda.
Image Source: apkpure.com
6. Wildstyle

Wildstyle merupakan gaya tulisan yang dibuat oleh seorang bomber. Tulisan tersebut hanya bisa dibaca oleh kelompoknya atau bomber itu sendiri. Jenis grafiti wildstyle juga bisa dibuat secara 3D.
Image Source: pinterest.com
Itulah informasi berkaitan dengan gambar grafiti mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang mulai tertarik dengan seni grafiti. Selamat berkreasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel