Jenis dan Cara Mudah Membuat Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi memiliki keunikannya tersendiri sehingga banyak yang menyukainya. Terkadang ada pesan yang terkandung atau hal lucu yang membuat tertawa dari gambar-gambar tersebut.

Secara umum, pengertian gambar ilustrasi merupakan sebuah hasil tulisan yang berbentuk lukisan, gambar, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya. Gambar ini lebih mengutamakan hubungan antara tulisan dan subyek dibandingkan bentuk yang indah.

Tujuan dari gambar ini adalah untuk memperjelas atau memperindah sebuah puisi, cerita, ataupun tulisan lain. Ilustrasi yang baik dapat membuat pembaca berimajinasi dan membayangkan karakter dari sebuah cerita. Dalam menggambarnya, Anda bisa menggunakan teknologi digital ataupun tangan.

Gambar Ilustrasi

Cara Mudah Menggambar Ilustrasi


Jika Anda ingin memberikan sentuhan kreasi dari tulisan atau cerita, ilustrasi bisa ditambahkan di dalamnya. Cara menggambar ilustrasi cukup mudah yaitu sebagai berikut :

1. Tentukan Gagasan

Sebelum mulai membuat gambar ilustrasi, Anda harus menentukan terlebih dahulu ide atau gagasan dari adegan yang akan dibuat. Tentukan tokoh, suasana, media, serta corak yang nanti akan digunakan.

2. Buat Sketsa

Selanjutnya buatlah sketsa atau rancangan gambar dari gagasan yang telah ditentukan. Langkah membuat sketsa yaitu mulai dari membuat coretan-coretan gerakan, menentukan tata letak yang baik, dan memadukan semua unsur yang telah direncanakan.

3. Pewarnaan Gambar

Anda bisa menggunakan dua corak untuk pewarnaannya yaitu corak realis atau corak non realis. Pewarnaan corak realis berpedoman pada warna asli atau kenyataan, sedangkan corak non realis lebih bebas dalam memilih warna.

4. Media

Langkah terakhir dalam membuat sebuah gambar ilustrasi adalah menentukan media yang akan digunakan. Ada berbagai macam media yang bisa digunakan misalnya seperti media warna atau media hitam putih. Dan untuk pewarnaannya, Anda bisa menggunakan cat air dengan dua sifat pilihan yaitu transparan water color serta non transparan.

Berbagai Jenis Ilustrasi


Gambar ilustrasi terdiri dari beberapa jenis yang mungkin belum Anda tahu. Ketika ingin membuatnya, Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan keahlian atau minat. Langsung saja, berikut ini adalah jenis-jenisnya yang harus Anda ketahui.

1. Cover Buku

Cover buku baik itu buku pelajaran anak SD, buku cerita, novel, maupun majalah anak-anak biasanya menggunakan gambar ilustrasi. Cover buku yang dibuat dapat mewakili inti dari isi buku dan majalah tersebut. Selain itu, cover ilustrasi yang baik juga dapat menarik minat calon pembaca untuk membacanya.
Image Source: haqqihasan.wordpress.com
2. Komik

Gambar yang ada di dalam sebuah komik bisa disebut dengan ilustrasi. Melalui gambar yang diberikan, pembaca komik dapat mengerti jalannya cerita yang ditulis. Komik juga mengandung arti tertentu pada setiap coretan ilustrasi yang digambarkan oleh pembuatnya. Ada banyak cerita yang dapat digambarkan melalui komik mulai dari cerita sedih, cerita horor, hingga cerita lucu.
Image Source: keepo.me
3. Gambar Dekoratif

Gambar dekoratif identik dengan gambar yang kreatif dan indah dengan nilai seni yang tinggi. Gambar ilustrasi ini bisa diwujudkan dengan cara mengubah bentuk dari alam tanpa meninggalkan ciri khasnya. Gambar dekoratif mudah ditemui di dalam rumah sebagai penghias ruangan.
Image Source: iluszi.blogspot.com
4. Karikatur

Karikatur bisa berarti melebih-lebihkan atau merubah bentuk. Gambar ini biasanya memiliki bentuk yang aneh atau lucu karena penggambaran yang dilakukan dilebih-lebihkan oleh pembuatnya. Kebanyakan karikatur dibuat untuk melakukan sindiran atau kritikan.
Image Source: picpanzee.com
5. Kartun

Kartun merupakan ilustrasi yang paling disukai anak-anak karena penggambaran yang dilakukan sangat menarik. Pembuat kartun menggunakan berbagai tokoh baik itu manusia atau hewan untuk menggambarkan cerita yang lucu.
Image Source: 1001topgambar.blogspot.com
Itulah informasi mengenai jenis ilustrasi yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet beserta cara menggambarnya. Gambar ilustrasi memang memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi pencinta seni. Gambar ini biasa diposting melalui sosial media atau dijadikan wallpaper HP agar lebih indah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel