Berbagai Macam Gambar Kaligrafi dan Cara Membuatnya

Gambar kaligrafi sering dipajang di dinding rumah sebagai wujud kecintaan pada sang pencipta. Selain itu, gambar ini juga memberikan ketenangan tersendiri karena keindahannya.

Gambar kaligrafi merupakan seni tulisan indah yang biasanya merupakan bahasa arab. Gambar ini sangat disukai oleh para muslim karena dinilai sebagai alat untuk melestarikan ayat Al-Quran. Bagi penikmatnya, kaligrafi memberikan ketenangan karena ukiran bahasa arab yang penuh makna. Muslim menggunakan gambar ini untuk dipajang di dinding rumah atau dinding masjid. Tidak hanya itu, gambarnya juga bagus digunakan sebagai wallpaper HP.

Gambar Kaligrafi

Berbagai Macam Kaligrafi


Dari banyaknya kalimat Islami atau ayat suci Al-Quran yang bisa dijadikan kaligrafi, ada beberapa diantaranya yang paling sering digunakan. Berikut ini adalah kumpulan gambar kaligrafi yang paling sering digunakan :

1. Kaligrafi Alhamdulillah

Kaligrafi Alhamdulillah sering digunakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat dan rejeki yang telah diperikan Allah SWT. Selain dipajang di dinding, gambar kaligrafi Alhamdulillah juga biasa digunakan saat mendapatkan rejeki berupa anak.
Image Source: kaligrafi--islam.blogspot.com
2. Kaligrafi Allah

Kaligrafi Allah merupakan kaligrafi yang paling banyak digunakan oleh para muslim. Kaligrafi ini paling sering dipasang di masjid atau tempat sakral lain. Diharapkan dengan melihat gambar ini para umat muslim dapat mengingat sang pencipta.
Image Source: bukalapak.com
3. Kaligrafi Asmaul Husna

Meski memiliki jumlah yang banyak namun Asmaul Husna tetap indah ketika dijadikan tulisan kaligrafi. Nama-nama Allah tersebut biasanya dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak hanya menampilkan tulisan yang cantik namun juga bentuk yang indah.
Image Source: youtube.com
4. Kaligrafi Syahadat

Sebagai muslim mengingat kalimat syahadat merupakan bentuk keimanan kepada Allah. Gambar kaligrafi syahadat ini sering dipajang sebagai pengingat keimanan.
kaligrafiponorogo.com
5. Kaligrafi Assalamualaikum

Kalimat terakhir yang sering digunakan untuk kaligrafi adalah Assalamualaikum. Gambar ini sering dipajang di depan pintu kamar atau pintu rumah. Jika di pasang di pintu rumah biasanya mereka tidak memperhatikan nilai keindahan.
Image Source: widiutami.com

Cara Mudah Membuat Kaligrafi dengan Corel Draw


Selain menggambarnya menggunakan tangan, Anda bisa membuat kaligrafi menggunakan aplikasi Corel Draw. Anda bisa membuat gambar kaligrafi dengan lebih mudah jika menggunakan Corel Draw karena berbagai fiturnya. Proses pembuatannya juga cepat dengan hasil yang tak kalah bagus dibandingkan lukisan tangan. Langsung saja, ikuti cara mudah berikut ini untuk menggambar kaligrafi di Corel Draw:

1. Pilih Alat dengan Tepat

Corel Draw menyediakan banyak tools atau alat yang bisa membantu Anda membuat kaligrafi. Pilih alat yang tepat agar gambar yang didapatkan lebih indah.

2. Pilih Artistic Media Tools

Ada 4 macam alat yang bisa Anda pilih pada Artistic Media Tools salah satunya yaitu Calligraphic yang bisa digunakan untuk membuat gambar kaligrafi. Dengan alat tersebut Anda bisa lebih mudah dalam mengatur huruf kaligrafi. Anda tinggal mengaturnya di bagian icon pena yang ada pada menu pilihan.

3. Lakukan Pengaturan pada Bagian Properties

Pena dapat diatur pada bagian properties dengan pilihan keterangan sebagai berikut :
  • Stroke Width untuk mengatur lebar kuas yang digunakan.
  • Freehand Smoothing untuk mengatur kelenturan kurva.
  • Calligraphic Angle untuk mengatur sudut kemiringan kuas.
4. Hasil

Hasil yang didapat jika menggunakan Artistic Media Tools adalah kurva. Anda bisa menyempurnakan bentuk dengan Shape Tools yang tersedia di menu pilihan sehingga tidak perlu khawatir bentuk yang didapatkan tidak sempurna.

5. Sesuaikan Tulisan Gambarnya

Sesuaikan gambar kaligrafi dengan kalimat Islam atau ayat suci Al-Quran yang Anda inginkan. Kemudian mulailah untuk membuat gambarnya.

Itulah informasi mengenai berbagai macam gambar kaligrafi beserta dengan cara membuatnya menggunakan aplikasi Corel Draw. Jika bisa berkreasi dengan baik, hasil gambaran Anda bisa dijual dan menghasilkan uang. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang tertarik dengan seni kaligrafi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel