Gambar Kartun, Jenis Fungsi dan Contohnya

Gambar kartun tidak hanya menampilkan kelucuan. Ada beberapa gambar yang juga memiliki kegunaan sebagai media kritik dan representasi kondisi sosial.

Jenis gambar Kartun merupakan jenis gambar yang pembuatannya bersifat representatif serta biasanya mengandung unsur lelucon dan sindiran. Karena bersifat sindiran, biasanya yang disindir merupakan aspek kehidupan sosial maupun politik.

Gambar Kartun

Ciri-Ciri atau Karakteristik Gambar Kartun


Berdasarkan bentuk gambarnya, kartun memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis gambar lain serta membuatnya mudah dikenali. Ciri dari gambar kartun itu antara lain gambarnya ringkas, tidak mengandung banyak kata, serta bisa menyampaikan pesan dengan jelas.

Kegunaan atau Fungsi Gambar Kartun


Hal yang membuat kartun unik dan berbeda dengan jenis gambar lain adalah dari unsur fungsinya. Kartun memiliki beberapa fungsi seperti berikut.

1. Menyampaikan Masalah Aktual

Fungsi pertama yang menjadi ciri khas gambar kartun adalah untuk menyampaikan berbagai permasalahan secara aktual. Dengan adanya kritik ini diharapkan nantinya bisa terjadi dialog antara pihak-pihak yang bersangkutan.

2. Menyampaikan Pesan Tanpa Kata-Kata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kartun juga menjadi media atau sarana untuk menyampaikan pesan walaupun tanpa kata. Melalui pesan dan kritik yang disampaikan melalui kartun ini diharapkan akan membawa perubahan meskipun tidak besar.

3. Menjadi Media Kritikan

Sudah disampaikan sebelumnya bahwa kartun secara tidak langsung dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk menyampaikan kritik. Dengan kandungan yang memiliki makna tegas dan lugas. Kritik yang disampaikan pun biasanya berawal dari ideologi yang tidak sesuai dengan masyarakat.

Kartun Editorial


Sebenarnya ada berbagai jenis gambar kartun yang ada dan dibuat oleh seorang kartunis. Salah satunya adalah kartun berjenis editorial ini. Apa itu kartun editorial? Kartun editorial ini adalah jenis kartun yang isinya berupa kritikan yang kemudian dimuat di dalam media massa seperti koran.

Bisa dibilang jenis kartun ini merupakan ekspresi dan interpretasi dari kartunis terhadap masalah sosial yang dihadapi ketika sedang membuatnya. Karena itulah untuk memahami makna dibalik gambar yang dibuat dibutuhkan pemahaman yang mendalam pula.

Dengan adanya jenis gambar kartun ini bisa diketahui bahwa kartun tidak selalu gambar atau film yang lucu dan disukai anak-anak. Lebih dari itu, kartun juga memiliki peran penting sebagai media penyampai pesan atau kritikan terhadap kondisi lingkungan dan sosial saat pembuatannya.

Karena itu, dalam pembuatan kartun jenis ini harus memperhatikan aspek visual yang berkualitas untuk bisa menyampaikan pesan yang berkualitas pula. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kartun yang mungkin sering ditemukan di berbagai media.

1. Kartun Muslim

Gambar pertama yang sering dijadikan dalam bentuk kartun adalah gambar muslim. Dalam beberapa contoh kartun yang mengangkat topik ini menggambarkan bagaimana kehidupan sosial serta representasi dari seorang muslim yang dituangkan dalam bentuk gambar.
Image Source: not-there.org
2. Gambar Kartun Muslimah

Selain kartun muslim, gambar-gambar kartun muslimah juga banyak ditemukan sebagai bentuk representasi atas penggambaran muslimah. Ada yang digambarkan dalam bentuk lucu seorang perempuan dengan memakai jilbab, membawa kitab suci dan berbagai bentuk gambar lainnya.
Image Source: mastekno.com
Selain itu, ada juga contoh kartun muslimah bercadar yang juga menyampaikan pesan yang sama dan dibuat dalam bentuk visualisasi yang lebih menarik.

3. Gambar Kartun Romantis

Terakhir ada gambar kartun romantis yang juga banyak diminati karena tidak hanya menampilkan gambar kartun lucu namun juga menyampaikan berbagai pesan yang sifatnya romantis.
Image Source: digaleri.com
Itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu kartun serta beberapa contoh gambar kartun yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai media. Dengan penjelasan tersebut semoga bisa memberikan informasi kepada Anda tentang kartun lebih luas lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel