Berbagai Macam Gambar Kelinci Beserta Jenis dan Cara Berkembangbiak

Menjadi hewan peliharaan yang lucu, gambar kelinci banyak dicari dan dikoleksi. Ada cukup banyak jenis kelinci yang ada di dunia dengan daya tariknya masing-masing.

Untuk Anda yang suka dengan kelinci, mengoleksi gambar kelinci merupakan hal yang wajib dilakukan. Gambar-gambar yang beredar di dunia maya menampakkan kelucuan dan keimutan binatang yang memiliki gigi unik ini. Selain mengoleksi gambarnya, Anda yang menyukai kelinci juga wajib tahu berbagai hal mengenai hewan peliharaan favorit ini.

Gambar Kelinci

Tentang Kelinci


Kelinci termasuk hewan mamalia yang masuk dalam family Leporidae. Awalnya, kelinci merupakan hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga Eropa. Nama kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu konijntje yang memiliki arti anak kelinci sehingga disimpulkan bahwa kelinci dikenal sejak jaman penjajahan Belanda.

Jenis dan Gambar Kelinci


Gambar kelinci sangat beragam karena jenis yang ada di dunia juga banyak. Setiap jenis memiliki daya tariknya tersendiri mulai dari ukuran, bulu, hingga warnanya. Berikut ini adalah jenis kelinci yang bisa Anda temukan saat ini :

1. Dutch Rabbit

Dutch Rabbit membuat gambar kelinci lebih beragam karena memiliki berbagai macam warna berbeda seperti kombinasi putih dengan cokelat, hitam, atau abu-abu. Warna yang ada pada bulunya terkadang membentuk sebuah pola tertentu yang membuat hewan ini semakin menggemaskan.
Image Source: thriftyfun.com
2. Kelinci Anggora

Kelinci anggora memiliki bulu lebat dan juga lembut sehingga sangat disukai untuk dijadikan hewan kesayangan. Jenis kelinci yang berasal dari Turki ini mulai meluas ke negara-negara di Eropa pada tahun 1900-an. Kelinci ini masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu anggora perancis, inggris, dan giant.
Image Source: siapbisnis.net
3. Lion Head

Gambar kelinci dari jenis ini cukup unik dan menarik untuk dilihat. Pasalnya kelinci Lion Head memiliki bulu menyerupai singa jantan di bagian kepalanya. Awalnya jenis ini adalah anggora inggris yang gagal dalam persilangan. Tapi kegagalan tersebut malah memunculkan jenis kelinci baru yang lucu dan unik.
Image Source: dictio.id
4. Netherland Dwarf

Kelinci yang berasal dari Belanda ini terbilang sangat mini. Meskipun mini, namun gambar lucu kelinci Netherland Dwarf malah bisa membuat Anda gemas. Karena jenisnya yang kecil, kelinci ini tetap terlihat mudah meskipun sebenarnya sudah masuk usia dewasa.
Image Source: fjb.kaskus.co.id
5. Himalayan

Kelinci Himalayan memiliki ciri adanya bercak hitam di daerah hidung, telinga, dan kaki. Namun bagian matanya berwarna merah mudah sehingga terlihat unik. Harga kelinci ini lebih mahal dibandingkan kelinci biasa karena sangat susah untuk mengembangbiakkannya.
Image Source: bukalapak.com
6. Flemish Giant

Flemish Giant merupakan jenis kelinci pedaging yang memiliki ukuran besar. Meskipun begitu, gambar kelinci ini tetap terlihat lucu dan menggemaskan. Jenis kelinci yang berasal dari Belgia ini memiliki berat mencapai 15 kg.
Image Source: flemishgiantcilacap.wordpress.com
7. Rex Rabbit

Jenis kelinci yang berasal dari Perancis ini jarang ditemukan di Indonesia karena habitat aslinya adalah daerah dingin. Ukurannya besar sehingga dimanfaatkan sebagai kelinci pedaging, sedangkan bulu lebatnya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan busana.
Image Source: krjogja.com

Cara Berkembangbiak


Kelinci merupakan hewan yang banyak dipelihara, entah itu sebagai hewan kesayangan ataupun hewan pedaging. Jika tertarik dengan gambar kelinci, Anda juga harus tahu cara perkembangbiakannya. Sebagai hewan mamalia, kelinci berkembangbiak dengan cara melahirkan.
Berikut ini merupakan data biologis perkembangbiakan kelinci:
  • Memiliki masa hidup 5 tahun hingga 10 tahun.
  • Memiliki masa produksi 1 tahun hingga 3 tahun.
  • Memiliki siklus birahi sekitar 2 minggu.
  • Memiliki rata-rata masa hamil 29 hari hingga 31 hari.
  • Memiliki rata-rata jumlah kelahiran 6 ekor hingga 8 ekor.
Itulah berbagai informasi mengenai kelinci yang bisa disampaikan untuk Anda yang membutuhkannya. Selain memiliki gambar kelinci yang imut dan menggemaskan, penggemar kelinci juga membutuhkan informasi tersebut jika ingin memelihara sebagai hewan kesayangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel